feed

Blog ini berisi informasi sekolah tinggi kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan, cerita atau pengalaman pribadi, serta informasi positif dan berguna lainnya

Tes Kesehatan, Kebugaran, dan Wawancara STAN Tahun 2013

Jumlah Peserta yang mengkikuti Tes Kesehatan, Kebugaran, dan Wawancara USM STAN tahun 2013. Jumlah Peserta yang lulus Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris. Berdasarkan pengumuman nomor PENG-6/SJ/2013 tentang Peserta yang Dinyatakan Lulus untuk Mengikuti Tes Kesehatan-Kebugaran dan Wawancara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.
Total peserta yang dinyatakan lulus dalam pengumuman tersebut adalah 7.117 orang dengan rincian sebagaimana gambar disamping. Jika dibandingkan dengan rumor jumlah mahasiswa yang akan diterima tahun ini yaitu sekitar 6000 orang. Peluang peserta yang lulus tes TPA untuk jadi mahasiswa STAN lumayan besar yaitu sekitar 84%. Tapi kalian jangan besar kepala dulu, karena beberapa tes dibawah ini bisa saja menjatuhkan kalian. Jumlah yang kemungkinan akan gugur pada tahapan tes selanjutnya adalah 1.117 (asumsi 6.000 yang diterima), Jadi kalian tetap harus fokus mengikuti tahapan tes tersebut.

Tes Kesehatan STAN 2013

setelah melewati seleksi tahap kedua setelah verifikasi berkas, peserta harus mengikuti tes kesehatan. Tes Kesehatan, yaitu pemeriksaan dilakukan oleh Dokter/Tim Kesehatan. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang di tes pada tahapan tersebut.
  • Cek tinggi badan dan berat badan
  • Cek tekanan darah
  • Cek Mata, buta warna atau tidak
  • Cek gigi, perut, dan telinga
  • Reflex
Tapi yang paling harus kalian perhatikan adalah kesehatan saat tes. Jangan sampai kalian demam, pilek, pusing dan lain-lain. Jaga kesehatan kalian, banyak istirahat dan makan makanan yang bergizi. Pastikan juga kalian tidak mederita penyakit yang kronis, dan memungkinkan kalian susah dalam menjalani pendidikan.

 

Tes Kebugaran STAN 2013

Setelah melakukan tes kesehatan, peserta harus menjalani tes kebugaran. Tes Kebugaran, yaitu lari 12 menit dan shuttle run (lari cepat membentuk angka 8). Usahakan kalian mampu berlari sejauh mungkin dalam kurung waktu 12 menit tersebut. Biasanya peserta disuruh berlari mengitari lapangan. Oleh karena itu, mulailah latihan berlari agar nanti kalian siap mengikuti tes ini. shuttle run juga demikian, latihan yang banyak agar daya tahan tubuh kalian kuat. Penilai punya poin penilaian masing-masing, tidak hanya seberapa jauh yang bisa kalian capai, mungkin saja mereka punya poin tambahan untuk kegigihan dan semangat kalian.


Tes wawancara STAN 2013

Jika Peserta telah melewati kedua tahapan tes diatas. Tes terakhir yang harus dilalui yaitu tes wawancara. Berdasarkan pengalaman salah satu mahasiswa D1 Pajak STAN 2011. Tes yang diberikan cukup sederhana, peserta dihadapkan langsung dengan penguji lalu diberi pertanyaan secara lisan.
Bentuk pertanyaannya macam-macam, hanya penguji yang tahu detailnya. Tapi untuk teman saya yang D1 tadi, Pertanyaan yang diajukan kepadanya hanya seputar kepribadian dan kegiatan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah.


Tambahan pengalaman dari http://fatahillahecho.blogspot.com/2013/06/usm-stan-2013-tes-kesehatan-dan.html

35 Komentar Pada "Tes Kesehatan, Kebugaran, dan Wawancara STAN Tahun 2013"

  1. nes says:

    untuk gigi yg bolong" gimana mas

    Kalo gigi bolong,, saya rasa tidak masalah...

    Anonymous says:

    Kalau cek gigi apa aja mas yg diperiksa? Apa cuma diliat biasa atau mendetail?


    mas saya baca diartikel lain bahwa ada tes assesmentnya juga? apakah itu maksudnya sama dengan tes wawancara?

    Kabarnya kuota 5.300 brarti yg gugur 2000an :(

    @anonim:
    Klo detailnya sy kurang tahu... tujuan periksa gigi jg sy kurang paham...
    lagipula periksa kesehatan gigi tidak begitu jd prioritas.. dan belum tentu tahu ini dilakukan lagi...
    klo mnurut kmu ada masalah dengan gigi, sebaiknya periksakan ke dokter trlebih dahulu sebelum okut tes ksehtan

    @muhammad ismail:
    iya. Sama..
    tes assesment itu bahasa keren dari tes wawancara..

    @Dyan Melisa:
    iya.. yg bakal diterima memang antara 5000- 6000 orang..

    jika benar 5.300, kmungkinan besar yang akan gugur sekitar 1800 an..

    oleh karna itu kalian harus serius dan tetep fokus pda tahapan ini

    mas mau tanya, kalo lari 12 menit itu ada batasan minimal dapat berapa putaran ?

    Anonymous says:

    mas mau tanya hal" apa yg dapat membuat poin minus pada tes wawancara

    Anonymous says:

    mas kalo tinggi sama berat badan gak ideal bakal mempengaruhin banget ya?

    @younan:
    Btasan minimal sih gak ada... tp pnguji pasti punya standar trsendiri..
    Smakin jauh bisa kmu capai, itu jauh lebih baik.
    tp usahakan bisa mencapai 5 putaran dengan usaha yg gigih.. bukan malas2n atau asal lari

    @anonim
    Klo pastinya sy jg kurang tahu.. soalnya itu pnilaian individu si pewawancara...

    tp umumnya, grogi, gak tenang, trburu dalm mnjawab, gak fokus, jwaban gak relevan, omongannya gak lancar.. itu bisa mngurangi poin.

    @anonim:
    tubuh gak ideal tidak trlalu masalh untuk masuk STAN.
    yg trpenting adalh sehat dan bugar aja..

    Anonymous says:

    mas punya tips & trik supaya lancar dalm menjawab tes wawancara

    Anonymous says:

    soalnya sy sifatnya agak grogian, trus suara sy bassnya kegedean jadi agak kurang jelas gitu

    Klo kmu grogian, blajarlh dari skrg untuk ngontrol diri... banyak2 latihan bicara yg baik... mulai dari depn cermin atau dpan kluargamu

    nes says:

    bentuk tes wawancara stan apa kurang lebihnya seperti yg ada di bukunya mas

    Kurang lebih seperti itu...
    tp bagaimanapun, metode atau bentuk tes bisa saja berubah.. baca litertur yg banyak tentang tekhnik wawancara..

    sy jg udah nambahin postingn tentng wawancara.. kmu bisa searching di blog ink

    mas...tes kebugaran cuman lari aja,ga ada shit up dan push up untuk beacukai

    mas mau tanya,kalo minusnya 5an masalah gak ya??

    min kalo minus 5an itu pengaruh gak ya?? makasih :)

    @gindo: klo ngeliat seleksi tahun sebelumnya sih emang gitu...
    peserta disuruh lari doang, gak ada sit up atau push up...

    @yuda: klo kmu gak milih bea cukai.. minus segitu gak masalah koq

    Anonymous says:

    berapa jarak minimal untk lari 12 menit, trus katanya pertanyaan wawancara ada seperti "Bagaimana sikap anda apabila meliaht org melanggar norma, ex:korupsi

    @anonim:
    jarak minimal sy kurang tahu,, penilai punya stadar tersediri untuk tiap peserta,,
    standar untuk perempuan dan laki-laki berbeda..
    kalo laki-laki, usahakan kamu mampu minimal 5 kali putaran lapangan...
    luas lapangannya saya tidak tahu,,
    tapi kita ambil standar lapangan sepakbola..

    detail pertanyaan untuk wawancara saya kurang paham,,
    tapi pertanyaan tentang korupsi yang kamu contohkan itu bisa aja muncul,,
    jadi persiapkan jawabannmu yah..

    Anonymous says:

    tes tahap 2 ini sistem gugur kyk tes thap 1 atau sistem seleksi dari minat per jurusan?

    tes tahap 2 ini tetap sistem gugur.. jadi kalian harus fokus dan mempersiapkan diri untuk tes tersebut

    Anonymous says:

    Maaf mas, masnya tau tanggal pengumuman TES Kesehatan & Wawancaranya Kapan gak?

    Anonymous says:

    sy kemain angka 8 gk bisa, gmana nih?? trus wktu wawancara jawabanku kebanyakan pendek" soalya si pewawancara menyelak kalau aku mau njawab?

    Anonymous says:

    Kemarin aku juga kayak gitu pas wawancara, tapi untuk kesemaptaan nilaiku bagus
    Kalo untuk bea cukai bisa tidak?

    zdfssdf says:

    min, kamaren pas aku tes lari 12 menit... aku larinya cuma dapet 3 puteran, pdhal 1 meter lgi bisa 4 puteran .. trus pas lari aku juga sempet berenti minum abis dadaku sesek bgt(panitianya sih nyaranin untuk minum jika capek)
    kira2 aku bisa lolos gak min??
    takut bgt nih.... T_T


    apa orang yang punya riwayat asma bisa lolos tes kesehatan usm stan ?


    apa orang yang punya riwayat asma bisa lolos tes kesehatan usm stan ?

    Anonymous says:

    mas.. saya buta warna,, parsial. bisa daftar STAN? katanya cuma Bea Cukai yang gak boleh buta warna

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

FOLLOW VIA EMAIL

FOLLOWER

Admin Muhammad Arif Ahsan | Bulukumba | powered by Blogger