feed

Blog ini berisi informasi sekolah tinggi kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan, cerita atau pengalaman pribadi, serta informasi positif dan berguna lainnya

USM STAN Tahun 2013/2014

Ujian Saringan Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun Akademik (STAN) 2013/2014. Pendaftaran STAN Tahun 2013/2014. Alhamdulillah, pengumuman resmi pendaftaran STAN 2013/2014 sudah muncul. Kabar tersebut menjadi angin segar untuk adik-adik SMA yang lulus tahun ini ataupun yang lulus tahun lalu. 


Panduan registrasi Online bisa kalian download DISINI


Tahun ini menjadi kesempatan emas kalian untuk masuk dan menjadi salah satu mahasiswa STAN, karena tahun ini STAN akan menerima 5.000 mahasiswa  yang terdiri dari Diploma I dan Diploma III.
Persiapkan diri kalian dengan matang, maksimalkan semua usaha dan upaya agar kalian bisa lulus. Banyak latihan soal sangat perlu kalian lakukan. Kalian bisa download kumpulan soal yang ada di blog ini sebagai bahan latihan untuk kalian. Informasi lebih lengkap terkait pengumuman tersebut bisa kalian download disini.

Program Pendidikan :

  • DI Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • DI Spesialisasi Pajak
  • DIII Spesialisasi Akuntansi
  • DIII Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • DIII Spesialisasi Pajak
  • DIII Spesialisasi Penilai
  • DIII Spesialisasi Kebendaharaan Negara
  • DIII Spesialisasi Pengurusan Piatang dan Lelag Negara

Syarat Pendaftaran :  

  1. Berijazah SLTA atau yang sederajat untuk semua bidang keahlian/jurusan
  2. Nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah atau ijazah sementara/SKL/SKHU (bagi lulusan tahun 2013 yang pada saat belum memperoleh ijazah) tidak kurang dari 7,00 dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan
  3. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum di ijazah tidak kurang dari 17 tahun pada tanggal 30 September 2013 dan tidak lebih dari 20 Tahun pada tanggal 1 September 2013  (yang boleh mendaftar adalah mereka yang lahir tanggal 1 September 1993 dan seterusnya)
  4. Berbadan sehar, tidak cacat badan, dan bebas dari narkoba
  5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan
  6. Khusus Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
    • Untuk Diploma I
      Laki-laki badan minimal 165 cm

      Perempuan minimal 155 cm
    • Untuk Diploma III
      berjenis kelamin laki-laki tinggi badan minimal 165 cm
       
    • tidak buta warna 
    • bagi yang memiliki minus, tingkat minus mata maksimal adalah minus 2 
  7. Menyetor Biaya pedaftaran USM sebesar Rp. 150.000


    Tata Cara Pendaftaran

    1. Tahapan pendaftaran meliputi:
      • Penyetoran biaya pendaftaran
      • Pengisian formulir pendaftaran online
      • Verifikasi berkas dan pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU)
    2. Calon peserta yang akan melakukan pengisian formulir pendaftaran online wajib melakukan penyetoran biaya pendaftaran terlebih dahulu melalui
      No rekening : 101-000-665-043-4
      Bank : Mandiri Cabang Bintaro
      Atas Nama : Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN Dana Kelolaan BLU
      dengan ketentuan :
      • periode penyetoran adalah tanggal 7 juni s.d. 20 juni 2013
      • setoran dapat dilakukan melalui bank umum
      • bukti setor harus diisi dengan nama lengkap (sesuai ijazah) calon peserta ujian
      • panitia tidak menerima bukti setor kolektif
      • bukti setor harus disahkan/divalidasi petugas bank
      • penyetoran biaya pendaftaran dinyatakan sah apabila dilakukan pada rekening yang tertera di atas
      • sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan diatas, dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali

    3. Pengisian formulir pendaftaran online melalui situs http://usm.stan.ac.id, pada tanggal 10 s.d. 20 Juni 2013
    4. Pengumuman jadwal verifikasi berkas dan pengambilan BPU badi calon peserta ujian dapat dilihat melalui situs  http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.stan.ac.id pada tanggal 23 Juni 2013
    5. Calon peserta melakukan verifikasi berkas dan pengambilan sendiri BPU di lokasi ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan ketentuan:
      • calon peserta datang sendiri/tidak dapat diwakilkan
      • menyerahkan hasil cetak Bukti Pendaftaran Online (BPO) yang telah diisi secara lengkap dan ditempel pasfoto studio berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm (berlatar belakang merah dan mengenakan kemeja putih)
      • menyerahkan satu lembar fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi oleh kepala sekolah 
      • menyerahkan bukti setor bank yang asli
      • menyerahkan pasfoto yang sama dengan yang ditempel pada hasil cetak BPO ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 lembar
      • menunjukkan bukti diri asli yang berfoto (ijazah/KTP/SIM/Paspor/SKCK) yang masih berlaku
      • calon peserta tidak dapat mengajukan perubahan lokasi verifikasi berkas, pengambilan BPU, dan pelaksanaan Ujian.
    6. Pendaftar yang tidak memenuhi ketentuan butir 1 s.d. 5 di atas tidak akan dilayani dan dianggap gugur
    7. Tempat verifikasi berkas dan pengambilan BPU sebagaimana terlampir pada pengumuman
    8. Panduan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, http://www.stan.ac.id

    Panduan registrasi Online bisa kalian download DISINI


    Pelaksanaan Ujian

    1. Ujian akan dilaksanakan dengan sistem gugur yang terdiri atas:
    2. Tes tertulis dilaksanakan secara serentak di seluruh lokasi ujian mulai jam 08:30 WIB/09:30 WITA/10:30 WIT
    3. Pada saat ujian peserta harus membawa:
      • BPU, 
      • Ijazah atau kartu identitas diri asli yang berfoto (KTP/SIM/Paspor/SKCK) yang masih berlaku
      • pensil 2B, penghapus, pulpen, dan perlengkapan ujian yang diperlukan
    4. Peserta ujian yang tidak hadir dan/atau tidak mampu menempuh ujian dengan alasan apapun pada waktu, hari, tanggal, dan tempat yang telah ditentukan dinyatakan gugur

    Pengumuman Hasil Ujian

    1. Hasil ujian akan diumumkan sebagai berikut:
      • tes tertulis tanggal 2 agustus 2013
      • tes kesehatan-kebugaran dan wawancara tanggal 5 September 2013
    2. Pengumuman hasil tes dapat dilihat di tempat pengambilan BPU atau pada situs http://kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.stan.ac.id 
    3. Lama pendidikan untuk program pendidikan Diploma I adalah 2 semester sedangkan Diploma III adalah 6 semester. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada tiap akhir semester akan dikeluarkan dari pendidikan (Drop Out)
    4. Pendidikan program diploma I keuangan dan program diploma III keuangan diselenggarakan di kampus STAN, pusat pendidikan dan pelatihan keuangan, dan/atau balai diklat keuangan di seluruh Indonesia
    5. Mahasiswa tidak dipungut biaya kuliah selama mengikuti pendidikan
    6. Lulusan program diploma I dan diploma III keuangan STAN akan diangkat menjadi CPNS di lingkungan kementerian keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia pada tahun yang bersangkutan dan lulus tes yang dipersyaratkan untuk menjadi CPNS berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Lain-lain 

    1. Semua biaya (transaksi bank, transportasi, pemondokan, dan lain-lain) yang dikeluarkan dalam rangka mendaftarkan diri dan mengikuti ujian menjadi tanggungan peserta
    2. Dalam proses penerimaan mahasiswa ini, tidak diadakan surat-menyurat dan tidak ada dispensasi dalam bentuk apapun 
    3. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan diluar tanggung jawab panitia 
    4. Keputusan panitia penerimaan mahasiswa baru tidak dapat diganggu gugat 
    5. Apabila peserta ujian memberikan keterangan atau data yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun sudah menjadi mahasiswa, kementerian keuangan berhak membatalkan kelulusan USM dan/atau mengeluarkan yang bersangkutan dari pendidikan 
    6. Apabila terdapat informasi yang dianggap kurang jelas atau terdapat masalah yang terkait dengan proses pendaftaran, calon peserta dapat menghubungi panitia pelaksana pusat USM STAN melalui e-mail: usm@stan.ac.id, dan twitter : @usmstan pada hari dan jam kerja

    Panduan registrasi Online bisa kalian download DISINI

    231 Komentar Pada "USM STAN Tahun 2013/2014"

    «Oldest   ‹Older   1 – 200 of 231   Newer›   Newest»
    1. Para siswa yang ingin masuk STAN pasti akan terbantukan dengan informasi semacam ini sobat

      Ini dibuka per tanggal bsk atau tanggal 7. Thanks

      @Ferry Nurse:
      amin, semoga bisa membantu,,
      terima kasih

      @al hidayatullah:
      Pengisian formulir pendaftaran online melalui situs http://usm.stan.ac.id, mulai tanggal 10 s.d. 20 Juni 2013

      tanggal 7 juni itu udah bisa mentransfer biaya pendaftaran,,

      tapi registrasi onlinenya nanti tanggal 10
      terima kasih

      Anonymous says:

      untuk biaya penyetoran, apakah hanya bisa di bank mandiri, atau yg lain juga bisa seperti bri, bni, dll?

      @anonim :
      setoran dapat dilakukan melalui bank umum

      jadi kamu bisa mentransfer lewat bank apa saja,,,

      tapi kalo memang bisa lewat bank mandiri,,,
      sebaiknya pakai mandiri saja..

      Makasih banyak atas infonya!
      :bow:
      abisnya di website resminya ga ada tanda2, jadi ane slalu buka hiburdunia.
      (apa ane aja yg ga ketemu infonya)
      Makasih!!!!

      Anonymous says:

      berarti harus ke teller nya dong, soalnya kan harus ada validasi dari petugas bank, begitukah?

      budi says:

      ko ga ada seleksi administrasi seperti biasanya?

      kita registrasi online dlu apa bayar penyetoran dulu??

      oh iya,, saya kan lahir tanggal 3 januari 1993..
      apakah masih bisa mengikuti USM?

      @Adara Qzuryu : iya sama2,, semoga membantu

      @anonim :
      betul sekali,, pembayaran memang harus lewat teller,,
      gak boleh lewat ATM atau yang lainnya..

      @budi : tetap ada seleksi administrasi,, tapi sistemnya yang berbeda,,
      tahun ini cukup di verifikasi aja,,

      jadi peserta datang langsung ke tempat yang telah ditentukan dengan membawa berkas yang diminta,,
      kalo sudah lengkap,, akan diberikan BPU..

      silahkan baca tata cara pendaftaran di atas yang poin 5..

      @emsus oxcel:
      kalian transfer biaya pendaftaran terlebih dahulu,, setelah itu baru melakukan registrasi online..

      umur kamu sekrang berapa,?
      asal pada tanggal 1 september, umur kamu belum 20 tahun,, kamu masih bisa daftar koq..

      Anonymous says:

      kalau tinggi saya 160, brani daftar gk ya?

      @Anonim:
      yang pake ukuran tinggi badan cuma jurusan Kepabeanan dan cukai,,

      kalo jurusan lain mah gak mempermasalahkan soal tinggi,,
      jadi daftar aja yah..

      gak ada salahnya mencoba...

      Anonymous says:

      haha , salah baca tadi
      makasi info'a

      @anonim :
      sipp,, sama2,,
      semoga bisa membantu,,
      dan semoga proses pendaftarannya lancar,,
      amin

      Anonymous says:

      Apakah STAN sudah tidak ada TID seperti PTK lkatan dinas lain?

      Anonymous says:

      amin (y)

      @Anonim :
      sudah sejak beberapa tahun yang lalu,,
      kalo gak salah mulai tahun 2006, stan sudah tidak mendapat TID..
      tetapi biaya pendidikan masih ditanggung pemerintah (gratis)

      reyhan says:

      nilai ijazah rata2 min. 7.0 itu mksd ny nilai un saja apa nilai us jg atau nilai akhr?

      @reyhan:
      7,00 itu adalah rata-rata semua nilai ujian tertulis yang tertera di ijazah,,
      baik itu ujian nasional maupun ujian sekolah.

      semua nilai mata pelajaran dijumlahkan kemudian dibagi dengan jumlah mata pelajaran yang tercantum di ijazah,,

      kalo rata-ratanya diatas 7,00 berarti kamu memenuhi syrat untuk mendaftar

      ib says:

      neh kn tentng keuangn psti a ank ips yg lbih mngrti gtu kn.
      sdngkn IP hrus 2,4 skian gtu. lw gk d DO.
      trus gmna lw ank ipa yg dftr..??

      thank's

      pembayrn a kn melalui no rekening.
      tuh no a pas kn lngsung.k bank tujuan..

      thank's

      @ib:
      iya benar sekali,,, seharusnya memang anak IPS yang lebih mengerti,,,

      tapi kenyataannya,, setelah melakukan survey,, hampir 80% mahasiswa STAN itu berasal dari jurusan IPA, termasuk saya sendiri.

      di STAN kan kita belajar,, kita diajari oleh dosen yang handal sampai sedetail2nya,,
      jadi saya rasa IP 2,4 bisa koq dicapai asal kita mau belajar dan rajin untuk berlatih,,

      jadi jangan takut,, sy yakin anak IPA itu mudah untuk menyesuaikan diri.

      @fini anggraeni :
      Pembayarannya melalui teller bank, bukan lewat ATM/yang lainnya,, bank tempat membayar tidak harus lewat mandiri,,, tapi sy sarankan pakai mandiri saja.

      uang pendaftarannya di transfer ke nomor rekening panitia yang ada di atas..
      nanti sebelum ditransfer,, petugas teller pasti ngecek, nomor rekeningnya udah benar atau belum,,
      kalo sudah benar, mereka akan mengirim dan memvalidasi bukti trasfer kalian,,

      jika ada yang masih belum jelas,, silahkan ditanyakan lagi,,
      terima kasih

      tes b.inggrs tuh..
      speaking..?? atw keak mna..???

      @fini anggraeni:
      tesnya tertulis aja,,
      gak ada speaking ataupun listening...

      jdi yg tes b.inggrs tuh gk speaking..
      jdi tes a tertulis..??
      ujian a gmna ya..?? tmpat a kta pilih sndri.

      faizal says:

      jurusan mana saja yg menerima banyak kuota, dan mana saja yg sedikit menerima..? Kalo bisa dengan jumlah pastinya..hehe

      rama says:

      tes wawancara bagaimana kak ?
      Apakah tes tentang pelajaran ataukah yg lainnya ?
      Mata saya minus 3 apakah saya bisa daftar ?

      kalo pengumuman jadwal verifikasi berkas sama pengambilan BPU itu tanggal 23 juni 2013. kira-kira jadwalnya sekitar tanggal berapa ya?

      Galau saya mas :( nilai saya kurang sedikit, rata2 saya 6,9 apakah bisa d genjot :( saya dari perbatasan mas, sering ikut tryout nyaa :( terimakasih mas :)

      Anonymous says:

      biasanya tahun2 sebelumnya ada nilai matem sama b.ing. Hrus lebih dari 7.0. Skarang ga ada?

      tes kesehatannya itu kayak yang seleksi akpol nggak?

      @fini anggraeni :
      betul sekali,,
      tesnya itu tertulis aja,,
      (pilihan ganda)

      iya,, nanti saat kamu registrasi online,,
      akan ada pilihan lokasi tes,,
      kamu tinggal pilih aja

      @faizal:
      kalo jumlah pastinya saya tidak tahu,,
      karena yang menentukan adalah panitia,,

      tapi jika dilihat dari jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun...
      yang paling banyak itu
      1. Jurusan Akuntansi
      2. Pajak
      3. Bea Cukai
      4. Perbendaharaan
      5. Penilai
      6. Lelang negara

      @rama :
      kalo jurusan selain bea cukai,,
      kamu bisa daftar koq..

      informasi tentang tes wawancara kamu baca disini

      @Ariyan Abdillah : jadwal apanya yang kamu tanyakan,, maaf sy kurang paham pertanyaan kamu..

      @viktorinus triwardani :
      coba hitung lagi,, caranya

      nilai ujian tertulis semua mata pelajaran yang tertera di ijazah (ujian sekolah & ujian nasional) kamu jumlahkan,,,
      kemudian hasilnya kamu bagi dengan total mata pelajaran,,

      kalo hasilnya/rata-ratanya diatas 7,00 berarti kamu bisa mendaftar...

      tapi kalo memang jumlahnya masih 6,9,
      maaf sekali, berarti kamu gak memnuhi persyaratan,,

      sy sarankan, coba tanyakan langsung ke panitia,,

      @Anonim :
      iya betul sekali,, tahun ini yang diperhitungkan hanya nilai rata-rata ujian tertulis semua mata pelajaran..

      @angga Dini :
      tes kesehatannya gak separah akpol koq,,
      di STAN itu lebih sederhana atau lebih simple,,

      kamu bisa baca disini

      maksudnya kan tertera tuh jadwal pengambilan BPU baru bisa dilihat tanggal 23 juni 2013, nah kira-kira buat yg daerah jakarta kebagian tanggal berapa ya? apakah kira-kira 1 atau 2 hari setelah 23 juni itu atau seminggu misalnya. secara kalo dilihat dari peraturannya apabila tidak sesuai jadwal tidak akan dilayani. begitu min :(

      Anonymous says:

      Tgl 23 juni kita kan ngeliat di website apakah kita lolos verifikasi, kemudian pengambilan BPU ke lokasinya tanggal brp ya ?

      Ada contact person panitia ga mas ? :)

      saat ini umur saya sudah 20 tahun ka.. :(
      masih ada harapan atau tidak ka??
      saya benar-benar berharap sekali, saya lulusan SMK tahun kemarin, dikarenakan tahun kemarin STAN ga buka pendaftaran jadi harapan saya ke pending, dan tahun ini buka lagi tapi umur sya sudah 20 tahun, masih ada harapan tidak??
      tolong balasannya. trimakasih.....

      Anonymous says:

      pemilihan tempat kuliah ditentukan atau tergantung pilihan kita ka ?
      Kalo ambil d3 bisakah dibalai diklat daerah sendiri ?

      Anonymous says:

      pemilihan tempat kuliah ditentukan atau tergantung pilihan kita ka ?
      Kalo ambil d3 bisakah dibalai diklat daerah sendiri ?

      Thanks atas infonya :D

      @Kekey Zakaria & @anonim:
      iya,, kamu betul sekali,,
      23 juni akan diumumkan jadwalnya,,

      pengambilan BPU itu akan dibagi menjadi beberapa gelombang..
      kemungkinan tanggal 24 juni udah dimulai,,

      jadwal pengambilan BPU dari 24 juni - seminggu sebelum ujian TPA dilaksanakan,,
      ini cuma berdasarkan pengalaman tahun2 sebelumnya,,
      dan semua itu bisa saja berubah..

      kesimpulannya adalah tiap calon peserta ujian akan ditentukan jadwal pengambilan BPUnya,,
      tanggal berapa, dari jam berapa sampai jam berapa juga ditentukan,,

      @viktorinus triwardani:
      kontak person panitia saya tidak punya,,
      kalo telpon kampus

      (021) 7361654-7361658

      kamu cba telpon kesitu aja

      @emsus oxcel:
      masalah umur ini saya juga belum bisa pastikan,,
      karena kata2 "tidak lebih dari 20 tahun bisa memiliki banyak arti"

      1. pada tanggal 1 september, umur kamu belum atau pas 20 tahun
      2. pada tanggal tersebut kamu tidak lebih/masih 20 tahun, tidak lebih dalam artian belum cukup 21 tahun

      tapi menurut saya, yang dimaksud panitia adalah poin kedua.

      saya yakin banget karena,
      biasanya dari tahun ke tahun, syarat maksimal umur itu adalah 21 tahun,

      tapi untuk lebih jelasnya kamu coba tanyakan ke panitia aja,
      atau coba telepon ke kampus di (021) 7361654-7361658

      @Anonim :
      kalo DIII tempat kuliahnya pasti di jakarta,
      untuk bea cukai di rawamangun,, sedangkan yang lainnya di Bintaro

      kalo DI tempat kuliahnya bisa di jakarta atau di balai diklat yang ada di daerah,
      dan yang menentukan tempat kuliah untuk DI adalah panitia,
      tapi biasanya tempat kuliah tersebut diberikan sesuai tempat pendaftaran atau yang dekat dari homebase.

      @Astronomi-xp :
      iya,, sip..
      sama2...

      Anonymous says:

      mas tlg dong telponin stan tanyain bener2 ttg batas usia , tanyain deh kalau lahir 31 agustus 93 masih bisa daftar gak? tlg ya, soalnya kalimatnya ambigu banget. tlg ya please.. saya ahmad lulusan sma2011

      Anonymous says:

      diskriminasi banget stan, kan banyak anak sma 2011 yg udah nunggu 2 tahun dibuka d3 eh gak bisa ikut skrg

      irma noverawati says:

      kk nilai rata2 UN saya 6.91667

      nilai rata2 Ujian Tertulis saya 88.25


      kira2 bleh dftr gak ?

      Anonymous says:

      tolong syp aja bilangin ketua stan biar ngasih dispensasi batas umur buat lulusan sma 2011

      @all :
      ternyata kata ini "tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 sept 2013" benar2 ambigu,,

      setelah saya survey, ke teman2 alumni STAN,,

      ada 2 versi jawaban yang saya dapat,,

      1. batas kelahiran yang boleh daftar adalah 1 september 1993 (pas 20 tahun)

      2. kelahiran 1 oktober 1992 masih bisa mendaftar, karena umurnya masih 20 tahun (walau lebih 11 bulan/belum 21 tahun)

      semoga cepat ada kejelasan,,

      sabar yah teman2..

      @anonim :
      iya,, saya dan teman2 alumni/mahasiswa STAN sedang mencoba mengklarifikasi terkait batasan umur tersebut..
      ditunggu yah..
      jangan berkecil hati dulu,,
      kata2 tersebut memang agak ambigu dan merugikan lulusan 2011

      @Anonim :
      diskriminatif yang kamu maksud masalah batasan umur yah??
      iya,, saya juga berpendat seperti itu,,
      saat ini saya dan teman2 sedang berusaha mengklarifikasi terkait batasan umur,,
      semoga cepat ada kejelasan,,,

      tetep semangat yah lulusan 2011..
      jangan berkecil hati dulu..

      @irma noverawati :
      cara menghitungnya itu adalah semua nilai ujian tertulis yang tertera di ijazah, baik itu ujian nasional maupun ujian sekolah kamu jumlahkan kemudian hasilnya kamu bagi dengan jumlah mata pelajaran,, kalo rata-ratanya diatas 7, kamu bisa daftar kalo melihat kondisimu,, tentu saja kamu bisa mendaftar,, karena rata-rata seluruh mata pelajaran di atas 7,00

      @anonim:
      iya,, mari kita sama2 berusaha untuk itu,,,
      saya dan teman2 alumni/mahasiswa STAN sedang berusaha mengklarifikasi hal tersebut

      tetap semangat yah lulusan 2011

      Anonymous says:

      iya.. makasih ya tnyata masih ada yg peduli sm angkatan 2011, alhamdulilah semoga dapet kejelasan langsung dr stan ttg bts usia detailnya. dan paling ga pengennya semua angkatan 2011 bisa mendaftar, tanpa terhalangi bts usia. udah 2 tahun nunggu masa akhirnya pas d3 dibuka malah gak bisa daftar. tp makasih buat yg msh peduli sm kita, mahasiswa stan dan alumni yg udah mau bantu

      Anonymous says:

      Jadi sistem pendaftaran STAN itu sama kayak SBMPTN ya? Harus setor biaya pendaftaran baru bisa registrasi?

      Anonymous says:

      Apa soal TPA USM STAN meliputi matematika dasar atau enggak?

      @Anonim: aminn,, okey sipp,,
      tunggu kabar yah,, semoga sebelum tanggal 10 udah ada kepastian,,

      @anonim :
      iya betul sekali,, untuk tahun ini memang seperti itu,,
      kalian harus membayar lebih dahulu baru melakukan registrasi online..

      @anonim:
      soalnya kebanyakan memang matematika dasar,, seperti deret, aritmatika, logika, dll

      sebagai bahan latihan,, kmu download aja contoh soal yang ada di blog ini..

      irma noverawati says:

      ohh ,, iya kk .
      Mksih ,


      kk,,
      saya kn org Palembang
      kira2 saya hrus transfer ke rekening yg diatas ya kk ? Atau bgaimana ?

      @irma noverawati :
      iya,, kmu transfer dulu biaya pendaftran ke rekening yang tercantum di atas.. harus lewat teller,, gak bleh lewat ATM, karena yang terpenting adalah validasi dan tanda tangan teller.. transfer boleh lewat bank apa saja,, tapi saya sarankan pakai bank mandiri saja.

      simpan baik2 bukti pembayaran,,

      kemudian mulai tanggl 10 kamu sudah boleh melakukan registrasi online melalui, usm.stan.ac.id..

      selanjutnya kmu aja syarat dan prosedur di atas baik2..
      kalo ada yng kurang jelas,, silahkan tanyakn lagi

      irma noverawati says:

      jadi,, utk seluruh wilayah indonesia
      transfernya k'rekening yg di atas ya kk ?

      @irma noverawati : betul sekali,,
      semuanya harus transfer ke rekening yang itu...

      Anonymous says:

      ayo kk semangat bwt cari tahu batasan umur utk pendaftran usm stan (9^-^)9.
      Dari thun kmren udah mempersiapkan diri ternyata nggak buka, eh pas thun ini buka tapi syarat batasan umurny ambigu.

      Irma Noverawati says:


      kk apakah beda pnempatan kerjanya antara DI sama DIII ?

      Lulusan DI lgsung di terima krja kn kk ? Atau hrus lulusan DIII ?

      Tolong, jelasin ya kk
      :)

      @semuanya :

      Alhamdulillah sudah mendapat kejelasan, walau kabar ini mungkin sedikit mengecewakan,, tapi inilah keputusan Panitia...

      "tidak lebih dari 20 Tahun pada tanggal 1 September 2013"

      maksudnya adalah, yang boleh mendaftar STAN yaitu mereka yang mempunya umur kurang atau sama dengan 20 tahun,,

      tidak lebih walau hanya satu hari,,,

      jadi yang boleh mendaftar adalah mereka yang lahir setelah tanggal 2 September 1993..

      terima kasih,,
      semoga bisa dimengerti,,
      dan semoga bisa diterima dengan lapang dada,

      "Masa Depan Tidak hanya di STAN, jika kalian berusaha dan tetep semangat mengejar cita-cita, percayalah kesuksesan itu pasti akan kalian raih"

      @Anonim : iya,, saya sudah mendapatkan kejelasannya,,
      semoga dapat dimengerti,, dan diterima degan lapang dada,,

      tetap semangat yah kawan..

      @Irma Noverawati :

      semuanya sama dek,,
      DI ataupun DIII pasti akan ditempatkan kerja,,

      soal ditempatkan dimana, sekretariat jenderal kemenkeu yang menentukan..

      #ralat

      "yang boleh mendaftar adalah mereka yang lahir tanggal 1 september 1993 dan seterusnya"

      Anonymous says:

      setelah menyetor uang pendaftaran apakah kita dapat password?
      Karena saya baca info lain jika melakukan registrasi online memasukkan username dan password

      @anonim :
      tidak,, setelah menyetor uang,, kamu cuma dapat bukti penyetoran yang di validasi bank..

      nanti saat kamu mau registrasi online,,
      kamu harus daftar akun dulu,,

      kalo istilah di facebook,,
      kamu harus sign up dulu..

      Anonymous says:

      caranya kak ?
      Ada panduannya nanti ?

      @anonim :

      aq sih niatnya mau buatin kalian panduan/tutorial..

      tapi aq butuh data seseorang untuk dimasukin biar bisa lanjut sampai tahap akhir,,

      karena sekrang sy lagi ada diklat, jadi niat itu gak bisa..

      saya sih berharap ada teman-teman yang mau berbagi,,

      pas daftar dia menprint screen semua tahapan yang dia lalui,,
      terus hasilnya bisa kita share ke teman2 yang belum daftar..

      kalo kamu mau berbagi,, saya sangat berterima kasih

      Irma Noverawati says:

      ohh,, gitu ya kk ..


      Kk kalo yg jdi CPNS itu dari lulusan DI atau DIII ? Atau kedua nya ?

      @Irma Noverawati:

      kedua-duanya pasti akan menjadi CPNS...

      Irma Noverawati says:

      ok,, thanks y kk info nya


      btw kk jurusan apa di STAN ?

      @Irma Noverawati : saya sudah selesai,, dan sekrang sudah bekerja di salah satu kantr dibawah naungan DJP..

      dulu waktu kuliah di STAN,,
      sy Spesialisasi Adm. Perpajakan (DIII Perpajakan)

      Irma Noverawati says:

      weishh,, keren

      di bwh naungan Direktorat Jendral Pajak ya kk


      saya pngen bnget bkrja di DJP
      pngen bnget msuk STAN jrusan Perpajakan ..


      Kira2 sulit gak kk jrusan prpajakn ?

      @Irma Noverawati : iya, alamdulillah diberi kesempatan mengabdi lewat DJP...

      klo gitu,, kamu maksimalkan penerimaan STAN tahun ini,,
      banyak latihan soal,, siapkan strategi yang mantap,,
      pokoknya serius lah ikuti USM ini,,,

      biar kamu bisa keterima di STAN.. aminn


      tidak ada yang sulit kalo kita mau belajar,,

      kalo kamu serius belajar,, yakin aja pasti bisa koq,,
      perpajakan itu banyakan hafal undang2,,, heheh

      Assalamualaikum Wr. Wb.
      ka, kan saya baru dapet SKHUN sementara.
      disana ada seluruh nilai, nilai rata-rata tu pengggabungan Ujian Nasional dan Ujian sekolah kan ?yang UN 60% dan US 40% ?
      harus lebih dari 70 ?apa itu ?atau nilai UN aja ?
      Makasih

      nih ka nilai UN doang 60 sekian nilai US 86 sekian.
      kalau Nilai Akhir 71, itu tuh yang UN 60% sama US 40%.
      kalau yang buat STAN gmn ka ? 60%UN + 40% US apa langsung dijumlah terus di bagi 2 ?

      Irma Noverawati says:

      ok,, kk
      mksh atas sarannya
      saya akn berusaha smaksimal mngkin ..

      Amiin, kk . Do'ain ajja :)
      Smg saya diterima di Stan th 2013 ini .
      Amiin ya rabbal alamin

      Mnghapal undang2 brarti brhubungn dg pasal2 donk kk .

      Irma Noverawati says:

      @reza aldi :
      prtanyaan kmu sama dg prtnyaan saya .

      Kata kk arief itu
      nilai UN + dg Nilai Tertulis Sekolah yg ada di ijazah sementara .

      Trus di bagi 2 .

      Setau saya kalo yg pkeg 60% dari UN n 40% dari US .. Itu tu utk msuk SNMPTN undangan ..
      Selain itu utk mnentukn kelulusan .

      Kak,maksudnya semu nilai ujian tulis itu,nilai mapel yg diUN-kan + yg tidak di UN-kan kak? Mohon pencerahannya kak...

      @Reza Aldi P :

      iya betul kata Irma Noverawati...

      nilai UN dan Nilai Tertulis Sekolah yg ada di ijazah sementara, kamu jumlahkan...

      terus hasilnya kamu bagi 2...

      kalo hasilnya 7,00 berarti kamu bisa daftar..

      nilai UN kmu kan 60 terus Nilai US 86,

      kamu tinggal rata-ratakan (60+86)/2 = 73

      kalo 73, kamu pasti bisa daftar,,

      semoga dapat dimengerti,, terima kasih

      @Irma Noverawati :
      aminn ya Rabbal Alamin,
      semoga lulus,, InsyaAllah,,

      iya,,, emang banyak pasal-pasalnya,,
      tapi tidak harus hafal semua, cukup dimengerti aja,,

      terima kasih udah add facebook aq,,

      @Novi Hartanti :
      iya, maksudnya memang seprti itu...

      biasanya di ijazah kan dibagi 2 kolom,,
      ada yang tertulis dan ada yang praktek..

      terus dibagi lagi,, ada yang UN dan ada yang ujian sekolah (tidak di UN kan),,

      nahh,,, yang kamu jumlahkan itu, nilai ujian tertulis mata pelajaran yang di UN kan + yang tidak di UN kan (ujian sekolah)..

      terus hasilnya kamu bagi dengan total mata pelajaran,, kalo di atas 7,00 berarti bisa daftar..


      simplenya kamu baca aja balasan komentar untuk Reza Aldi P yang ada di atas

      Oh gitu kak. Soalnya di fb sm twitter pendapatnya beda-beda kak. Disini jadi dapet pencerahan deh hehehe. Makasih kak.

      Irma Noverawati says:

      gitu ya kk,,

      ok.. Ok ,,
      sama2 kk


      fto nya hrus pkeg baju kemeja putih ..
      Nah kalo yg brjilbab hrus pkeg jilbab wrna ap kk? Atau bebas wrn?

      @Novi Hartanti :
      okey,, sama2,, semoga bermanfaat..

      untuk lebih jelas dan lebih mencerahkan lagi,, saya sudah buat tulisan,, kamu bisa baca disni

      @Irma Noverawati:
      jilbab menyesuaikan aja...
      sebaiknya pakai warna yang netral,, putih atau hitam jauh lebih baik...

      Udah kak :)
      oiya kak,saya pernah baca di web,tapi lupa alamatnya. Disitu mengatakan bahwa transfer uang pendaftarannya mulai tgl 7-10 Juni. Tapi pas saya dapet selebaran kertas dari pos satpam di kampus STAN Bintaro sektor 5, batas akhir penyetorannya tgl 20 Juni. Yg bener yg mana kak?

      Anonymous says:

      Kak mau nanya, persyaratan berkas seperti ijazah, skhun,dsb yang diperluin buat daftar STAN itu dikirim lewat Pos kilat khusus, atau dibawa pas mau verifikasi berkas doang?

      @Novi Hartanti:
      koq bisa ada yang bilang sampai tanggal 10,, menyesatkan banget tuh..

      yang benar itu sampai tanggal 20 juni, lagi pula pendaftaran online juga sampai tanggal 20 koq..

      di pengumumannya kan jelas, coba baca tata cara pendaftaran nomor dua yang bagian pertama..

      "periode penyetoran adalah tanggal 7 juni s.d. 20 juni 2013"

      @anonim:

      Berkas pendaftaran tidak dikirim, tetapi dibawa langsung saat melakukan verifikasi berkas pada tanggal dan jam yang telah ditentukan. untuk informasi lebih rinci kamu bisa baca disni

      Anonymous says:

      Mau nanya dong ka, kalau DIII penilai itu gimana ya?
      Kalau DIII perpajakan itu kan udh jelas mengenai pajak. Kasih gambaran dong kak ttg penilai, sekalian yang tentang kebendaharaan negara juga ya kak. Thanks :)

      @Anonim :

      DIII penilai.
      kerjanya di KPP (Kantor Pelayanan Pajak), tentunya tentang pajak juga tapi yang bagian PBB (Pajak Bumi & Bangunan),, jadi tugas mereka adalah menilai harga tanah dan bangunan.. Merekalah yang menghitung pajak PBB yang harus dibayar oleh masyarakat.

      kalo di kampus, belajarnya juga seputar begituan, ditambah pengetahuan pajak yang lain serta ilmu umum lainnya

      DIII Perebendaharaan.
      kerjanya di KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara), jadi bisa dibilang mereka inilah bendahara negara. mereka yang membayar pencairan dana dari setiap instansi. Tugas mereka adalah membagi2 uang.. hehehehe


      kalo di kampus, belajarnya juga seputar begituan, bagaiaman prses pencairan,, syarat2, danlain2. mereka juga belajar ilmu pengetahuan umum yang lain

      Anonymous says:

      Makasih kak. Nice info

      Udah dibaca kok kak :)
      cuma mau mastiin aja gitu. Makasih kak :)

      maaf kk,,
      saya msih kurng pham dgn pnilaian pda nilai UN dan tertuls..

      nilai UN + dgn nilai yg tdk d UN kn ntr d bgi semua mta pljarn msal a jmlah a 19.
      jdi kta ngi 19 tuh,,
      msal a jumlah nlai UN yg 6 mapel 42,35 + dgn nlai yg tdk d UN kn 13 mapel jumlah mua a 1117..
      d jmlh kn dan dbgi 19.
      hsil 61.01

      sdangkn pnjlsan k3 kdpa reza aldi, un+nlai skolh d bgi 2..
      sdng kn pnjlsn k3 k novi hartanti d bgi sprti yg saya jls kn tdi d bgi 19 sesuai mapel..

      tuh bgaimna ya kk sbnr a??
      d bgi 2 / 19??

      maaf membingungkn k3,, pi saya msih bngung dgn info yg saya dpt dri blog/artikel k3..

      thanks...

      atw jumlah NILAI RATA2 yg tdk d ujian kn + dgn NILAI RATA2 UN, bru d bgi 2 ,, gtu??

      @Anonim : okey,, sipp sama,, semoga membantu

      @Novi Hartanti :
      oke deh kalo gitu,,
      klo masih ada yang belum jelas, selahkan ditanyakan lagi,

      btw, trima kasih udah add facebook ku

      @fini anggraeni:

      coba kamu baca postingan yang disini,,
      mungkin lewat gambar,,
      kamu akan lebih mengerti..

      terima kasih

      Iya sip. Jgn bosen-bosen kak hehe.
      Oke, samasama kak.

      Kak,untuk pas foto yg pake jilbab,jilbabnya di masukin kedalem kemeja kak biar kerah nya keliatan?? Dikeluarin aja gapapa kan kak?

      thanks ya kk..
      smga saya bsa msuk STAN walaupun ragu dgn nlai saya..

      lw nnya gi gpp kn kk??

      oh ya kak..
      jursan ttng SPESIALISASI PENILAI..
      itu ttng pa ya kk??

      Anonymous says:

      Kak, man yang paling menentukan diantara tes tertulis (TPA & TBI), tes kebugaran, dan tes wawancara? Apa untuk TPA dan TBI persyaratan kelulusannya tetap 1/3 jawaban harus benar dari jumlah soal yang ada?

      Kak, kalau orang yang punya penyakit buta warna mau masuk stan bisa gak? soalnya yang saya tau kan hanya prodi Bea Cukai yg tidak memperbolehkan buta warna? mohon pencerahannya ya gan :)
      terus kalau prodi DIII Penilai itu tentang apa ya? Tks.

      Anonymous says:

      Ngisi bayar pendaftarannya kayak gimana kak? Pas di Berita Untuk Penerima nulisnya apa?

      Wah lagimana untuk terusan, berkas2 yangdikirim tersebut ..?

      Anonymous says:

      Saya sudah sampai tahap pengisian biodata diri, tapi kok saya bingung cara ngisi kolom yang harus berisi nilai UN dan UAS ya kak?

      @anonim: saya belom daftar nih,tapi udah transfer. Ngeliat postingan org2 yg lagi daftar kayanya susah banget deh-_-

      @ALL:
      mohon maaf saya baru ada waktu untuk menjawab pertanyaan teman2..
      tadi saya ada ujian penting,, jadi harap maklum

      @Novi Hartanti :
      iya sama2,, semoga bisa membantu,,
      InsyaAllah gak bosen,, ini udah menjadi kebutuhanku untuk membantu,,
      heheh

      Untuk foto gak ada masalah,,
      dimasukin kerah juga gak boleh,,
      dikeluarin juga boleh,,

      yang terpenting menggunakan kemeja putih..
      terima kasih

      @fini anggraeni:
      iya sama2,, smoga bisa membantu..
      nanya lagi silahkan,,,
      jangan sungkan,,

      amin,, maksimalkan aja latihan soalnya,,
      sukses yah buat kamu..

      DIII penilai.
      kerjanya di KPP (Kantor Pelayanan Pajak), tentunya tentang pajak juga tapi yang bagian PBB (Pajak Bumi & Bangunan),, jadi tugas mereka adalah menilai harga tanah dan bangunan.. Merekalah yang menghitung pajak PBB yang harus dibayar oleh masyarakat.

      kalo di kampus, belajarnya juga seputar begituan, ditambah pengetahuan pajak yang lain serta ilmu umum lainnya

      @anonim :
      semuanya menentukan,,, dan disetiap tes kalian bisa saja gugur,,
      tetapi,, jika kalian udah lulus TPA dan TBI,,
      peluang untuk masuk STAN lebih besar,

      iya,, tentu saja masih menggunakan nilai mati,,
      yaitu i/3 dari jumlah soal,,

      maksimalkan latihan soal,,
      dan gunakan strategi yang mantap,,

      sukses terus yah...

      @Rivaldy Putra :
      untuk jurusan selain bea cukai,,
      gak apa2 koq kalo buta warna..

      ada koq beberapa teman aq yang buta warna..

      DIII penilai.
      kerjanya di KPP (Kantor Pelayanan Pajak), tentunya tentang pajak juga tapi yang bagian PBB (Pajak Bumi & Bangunan),, jadi tugas mereka adalah menilai harga tanah dan bangunan.. Merekalah yang menghitung pajak PBB yang harus dibayar oleh masyarakat.

      kalo di kampus, belajarnya juga seputar begituan, ditambah pengetahuan pajak yang lain serta ilmu umum lainnya

      @@Anonim :
      maksud kamu gmana?
      berita untuk penerima yang mana yang kamu maksud?

      jadi,, saat kamu mau bayar,,
      kamu ke teller,,
      terus ngisi slip setoran,,

      masukkan nomor rekening tujuan,, dalam hal ini no rekening yang ada di atas,,

      terus tulis nama lengkap kamu di bagian pengirim..

      silahkan tanyakan lagi jika masih kurang jelas,,



      @Pengumuman Penerimaan Mahasiswa STAN tahun 2013/2014:

      maksud kamu gmana?
      sy agak kurang paham..

      jadi berkasnya itu gak dikirim,,
      tetapi dibawa langsung saat verifikasi berkas,,
      pada tanggal dan jam yang telah ditentukan..

      @Anonim :
      saya belum belum lihat formatnya seperti apa,,
      jadi saya gak bisa memberikan penjelasan lebih detail..

      atau cba kmu print screen,,
      trus nanti kirim ke email aq,,
      biar nanti aq coba beri penjelasan,,

      emailnya,,
      ariefbulukumba@yahoo.co.id



      @Novi Hartanti :
      iya,, santai aja dulu,, tapi jangan sampai ketinggalan pendaftaran yah..

      semoga aja gak ada yang ksulitan dalam mendaftar,,
      semga smua prosesnya lancar,,
      aminn

      tetep semangat yah teman2...

      Waduh kak gak pegel balesnya? Hehehe.
      Aamiin Yaa Rabb.
      Btw,inbox saya bisa dibales gak kak?
      Makasih banyak buat info & supportnya kak..

      @Novi Hartanti :
      pegel sih,,, tapi gak apa2.. udah biasa kayak gini,,
      udah jadi kayak tanggung jawab yang harus dipenuhi,, heheheh

      iya,, aq udah balas,, maaf yah baru liat,,
      sippp..
      sukses terus buat kamu

      Anonymous says:

      Mau nanya nih kak, saya lulusan tahun 2013 di registrasi onlinenya ditanya nomor ijazah. Padahal buat kami yang lulusan tahun 2013, yang keluar itu baru surat keterangan lulus (SKHUN). Trs itu nomor ijazahnya dikosongin atau gimana ya kak?

      Anonymous says:

      Satu lagi pertanyaannya ketinggalan kak (heheha)
      Di form registrasi onlinenya itu ada dibuat pilihan sampai 6. Itu keenamnya mesti diisi sesuai dengan pilhan pertama - pilihan keenam kita atau gimana ya kak?
      Thanks before.

      Irma Noverawati says:

      ok,,


      kk, kalo Spesialisasi Pajak
      antara DI dg DIII. Apa perbedaannya? Tmpt krjanya beda jg gak ?

      kak, saya mau nyak, saya kan sudah daftar dan tinggal cetak tanda bukti pendaftaran onlinenya, kok error ya kk baru saya klik cetak kartu, itu kenapa kk ?
      mohon bantuannya ya kk, terima kasih :)

      Irma Noverawati says:

      kk,, kira2

      selain di jkrta
      kampus STAN .ada dmna ajja ya kk ?


      Di Sumatera ada gak ?
      Khususnya di Palembang ?


      Mhon di cari ya kk

      Anonymous says:

      kak emang iya ya kalo ada mahasiswa/i yang di DO terus nanti ada sejumlah nominal uang yg harus dibayar mahasiswa/i itu ke pihak stan? Ya kayak ganti rugi gitu mungkin. Makasih kak.

      Kak, kalau foto.a berdasi bisa gak ??

      @anonim :

      untuk lulusan 2013 yang belum mempunyai ijazah,,

      kalian bisa masukkan nomor SKHUN kalin,,
      jika di SKHUN juga tidak ada nomor,
      terpaksa kalian kosongin saja..

      tapi bagaimana kalo kamu emailkan contoh SKHUN,
      biar sya bisa liat dan bisa memberi saran lebih meyakinkan...

      iya,, kalo tahun sekrang memang diberi 6 pilihan,,
      ya isi sesuai dengan urutan pilihan kamu,,

      mulai dari yang kmu prioritaskan sampai urutan ke enam..


      @Irma Noverawati :

      tempat kerja mereka sama..

      yang membedakan adalah

      1. lama pendidikan.. kalo DI hanya 2 semester,, sedangkan DIII 6 semester
      2. Pangkat setelah diangkat,, Kalo DI hanya 2A, sedangkan DIII pangkatnya 2C,,
      3. Gaji pokok mereka pasti berbeda,, tapi tidak terlalu jauh,,
      4. untuk promosi jabatan,, peluang yang DIII lebih cepat..

      @Anggi Pramiswari :

      ya ampun, koq bisa seperti itu,,
      hal inilah yang paling saya hawatirkan,,

      harusnya kamu pastikan koneksi lancar,,,

      tapi kalo sudah seperti ini,, aq juga kurang tahu,,
      bagaimana kalo cba masuk lagi ke akunmu,,
      dan cetak ulang,,,

      kalo memang masih tidak bisa seperti itu,,
      coba cek emailmu,,

      kalo gak bisa lagi,,
      coba hubungi pihak panitia,, terima kasih

      @Irma Noverawati:

      tempatnya itu di balai diklat yang ada di seluruh indonesia..

      kamu download aja pengumumannya,,
      dan lihat aja di lokasi tes,,
      cari yang balai diklat keuangan (BDK)

      kalo di sumatra, ada 2, yaitu di medan dan di palembang

      @Anonim:

      kalo di DO tidak perlu membayar dek...

      kecuali setelah lulus dan wisuda dan mahasiswa tersebut ingin keluar dari ikatan dinas,,
      atau memilih untuk bekerja di luar kementerian keuangan,,
      dia harus bayar sejumlah uang untuk mengganti biaya pendidikan selama di STAN,,
      kurang lebih 30 juta rupiah

      @Nurul Hakim :
      pakai dasi sih gak apa2,,
      tapi saya saranin pakai sesuai yang disyaratkan saja..
      yaitu cukup pakai kemeja putih.

      Anonymous says:

      kaka saya mau tanya...
      saya kan baru dapat dari sekolah surat keterangan kelulusan disana kan baru ada nilai dari hasil mata pelajaran yg di un'kan,,, untuk nilai sekolah yg tidak di un'kan blm ada.... itu bagaimana cara penghitungannya..??
      ini hasil nilai saya.. UN = 44,40 NS=52,33 itu NS'nya belum mencakup semua pelajaran... baru hasil NS yg di un"kan

      kak, klo misalnya daftar ulang pakai email baru bisa tidak ? tapi bayarnya harus ulang lagi ya ? -_-

      Min yg ketika mau transfer it yg berita untuk penerima ditulis apa ya min ? Makasih sebelumnya

      Satu lagi min kalo fotonya it pake pakaian sekolah boleh gak min ? Kan seragam putih juga ?

      Anonymous says:

      maaf, boleh gak minus kacamatanya lebih dari 3?
      mohon jawabannya.

      kk , ad yg blg kalo pkai SKHU. nmpr ijazah nya d isi nomor ujian nasional/ bsa pke nomor induk siswa. apa iya?

      dan, d SKHU SYA hanya ada nilai UN dan nilai UAS. tp mapel UAS ny hnya 6. blm mncakup smua pljrn. gimana kk?

      Kak,saya ngeprint pake kertas A4 dan F4 sama-sama kepotong jadi 2 kak. Itu gapapa?? Gapapa kali yaa--"

      @Anonim :
      koq belum ada semua ?
      emang apa kata kepala sekolah mu?

      apa cuma itu saja yang nanti muncul di ijazah?

      kalo cuma itu saja,,
      gak ada tambahan,,

      kamu jumlahin aja semua ujian tertulis,,
      terus kamu bagi dengan total mata pelajaran yang tercantum disana..

      @Anngi prmiswari:

      kamu coba aja,
      kali aja bisa,,

      gak usah bayar lagi,,
      pake itu aja,,
      ..


      kamu udah coba belum?
      Gmana hasilnya?
      maaf yah balasnya lama,,
      sy juga lagi sibuk..

      @muhammad Rinaldi:
      Tulis nama lengkapmu sesuai dengan ijazah..

      kalo menurutku pakai seragam sekolah sih gak masalah..
      yang penting putih,,

      @Anonim:
      yang dibatasi minus itu cuma untuk jurusan bea cukai,,

      selain itu,,
      tidak masalah jika minusnya lebih dari 3.

      @nita zious:

      kalo di SKHU kamu ada nomor,,
      pakai nomor SKHU aja,,

      tapi kalo SKHU mu tidak punya nomor surat,,

      kamu pakai nomor ujian nasional/pakai nomor induk siswa juga tidak apa2,
      jika kamu bisa buktikan dengan menunjukkan,, kartu peserta ujian nasional,,atau kartu pelajar saat verifikasi berkas nanti

      yang ada di SKHU itu, apakah sudah semuanya,,
      apakah itu sesuai dengan ijazah nanti?

      kalo memang formatnya sudah seperti itu dan akan sama dengan ijazah asli,,

      kamu jumlahin aja semua nilai ujian tertulisnya,,
      terus kami bagi dengan total mata pelajaran yang tercantum disana..

      semoga bisa dimengerti.

      @Novi Hartanti :
      itu gak masalah, yang penting hasil print BPO bisa terbaca dengan jelas... semua komponennya lengkap,,
      baik itu nama,, nomor registrasi,, dan lain2

      Anonymous says:

      no.ijazahnya kalau tidak ada lebih baik di kosongin atau bagaimana min?

      @Anonim :

      kalo ijazah gak ada,,
      kamu pakai nomor SKHU smentara,,,

      tapi jika nomor SKHU juga tidak ada,,
      kmu masukin aja nomor peserta ujian,,
      atau nomor identitas pelajar.

      nanti kamu tunjukin juga kartu peserta ujian atau kartu pelajar tersebut saat verifikasi berkas,, tujuannya untuk mencocokkan nomor yang kamu masukkan itu..

      Iya lengkap kak. Tapi yg kepisah cuma tanda tangannya aja. Gapapa?

      @Novi Hartanti:
      Iya,, itu gak apa2,,,

      yang penting nanti digabungin..
      di steples aja biar jadi satu

      Kaka maaf, saya kan ijazah sama skhun.a blum juga keluar. Nanti kalau ngisi nomor ijazah itu bagaimana saat e-registrasi?? mohon penjelasan.a kak, makasih..

      kk. sya kok ga bsa nyetak BPO ya. stiap d klik cetak BPO, PSTI 'application error' gt ktanya. gmn donk? :(

      Anonymous says:

      Siapa pun yang udah daftar, bisa minta tolong share tahap pendaftarannya gak? Saya masih diam ditempat dengan nomer ijazah dan cara ngisi nilainya

      Anonymous says:

      Kak saya punya buku Siap Ujian Saringan Masuk STAN 2011 terbitan dari IMAN education, apa soal yang ada di buku ini sejenis dengan apa yang diujikan saat TPA dan TBI nanti?

      Anonymous says:

      Kak saya punya mata minus , tapi saya gak berkacamata, nanti di pengisiannya gimana? Apa nanti jadi permasalahan?

      Anonymous says:

      Kak mau nanya, nilai ujian tertulis itu mata pelajaran selain un kan? Misalkan Jumlah mata pelajaran ada 13 sementara yang punya nilai ujian tertulis cuma 12, itu dibagi 13 atau 12 kak?

      @Nurul Hakim: tulis aja di kolom no.Ijazah "SKHU". Nanti kamu minta skhu sementara dari sekolah kamu. Source: @usmstan

      kk tlng blasan nya. smpai sekrang sya tdak bsa mmbuka BPO untuk d cetak

      Anonymous says:

      nomor identitas itu maksudnya NIK yg ada di ktp ya min?

      Irma Noverawati says:

      kk, di SKHU smntara saya
      tdk ada nmr SKHU .
      Yg tertera nmr Ujian dan NISN

      so, pakai nmr yg mna ya kk ?

      Anonymous says:

      Kak saya bayar di bank bni, katanya untuk penerima a.n. Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN Dana Kelolaan BLU. Tidak cukup dalam karakternya karena kebanyakan, jadi hanya a.n. Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN. Tapi nomor rekeningnya bner kok, ga apa2 kan?

      @Nurul Hakim :
      kmu masukin aja SKHU,,
      kalo gak ada nomornya,, masukin aja nomor peserta ujian nasionalmu..

      nanti kamu minta SKHU ke kepala sekolah paling lambat sebelum tanggal registrasi onlinemu..



      @nita zious:
      hal seperti itu memang sering terjadi,,
      disebabkan karena akses ke web tersebut padat,,
      dicoba terus yah,,
      tetep semangat..



      @Anonim:
      iya,, saya juga berharap kepada teman2 yang sudah berhasil medaftar..
      agar mau berbagi pengalaman dan menceritakan tahap demi tahap..
      terima kasih


      @Anonim:
      iya,, soal STAN kurang lebih seperti itu..
      kamu pelajari aja,,
      yang terpenting kamu banyak latihan soal..


      @Anonim:
      kalo kamu pake soft lens,,
      masukin aja berkacamata,,

      tetapi jika kamu tidak berkacamata dan juga tidak pake soft lens..
      saat registrasi
      pilih yang tidak berkacamata..



      @Anonim :
      betul sekali,,untuk KTP,, nomor identitasnya adalah NIK tersebut.
      tetapi identitas tidak harus KTP,,

      kamu bisa pake, ijazah, SIM, paspor, dan lain2





      @irma Noverawati:

      format SKHU koq beda2 yah,,
      kemarin ada teman kita yang mengirim SKHUnya ke emailku,,

      dibawah tulisan SKHU ada koq nomornya..

      tapi kalo memang tidak ada,,
      masukin aja nomor peserta ujian, tetapi nanti saat registrasi,, kartu ujian kamu bawa yah..

      atau kamu juga masukin nomor kartu pelajar,,



      @anonim:
      kenapa gak pake mandiri aja,,

      tapi gak apa2 koq,, itu gak masalah..

      yang penting nomor rekeningnya benar,,

      jangan lupa cantumin nama lengkap sesuai ijazah yah..

      Anonymous says:

      kalo mandiri kejauhan kak dari tmpat saya.. Ya sudah kalo tidak masalah, terima kasih kak, sangat membantu.

      SKHU juga blum ada kak.. Pakai SKL juga bisa kan ??
      Trus nilainya dari rapot semester 6, US dan UN kak.. Itu bisa ga ??
      Oh iya SKL itu singkatan dari Surat Keterangan Lulus kan kak ??

      @Anonim: iya gak masalah,,,
      sipp,, sama2,, semoga bisa membantu..



      @Nurul Hakim:

      kmu lulusan SMA atau SMK,
      koq lama banget baru dapat SKHU,
      SKHU kan bisa dibuat sendiri oleh kepala seklah,,

      Pakai SKL sih bisa,,
      tapi nilai yang tercantum disana harus sesuai atau sama dengan yang tercantum di Ijazah nanti,,,

      kalo nilainya gak sama,,
      tentu saja gak bisa dong,, apalagi pakai nilai raport semester 6,,

      sebaiknya kmu tanyakan dulu ke sekolah,,
      kapan mereka bisa mengeluarkan SKHU,,

      iya,, SKL itu memang Surat Keterangan Lulus

      Irma Noverawati says:

      kk ,,
      saya gak ada KTP ,paspor, ataupun ijazah


      trus gmna mmilihnya kk ?

      Anonymous says:

      kak,yang di maksud dengan bukti setor kolektif tu gi mna?

      @irma noverawati:
      kmu buat KTP aja yah,,
      buatnya gak lama koq,
      kamu pasti masih sempat mendaftar,,
      semoga lancar proses pendaftaranmu,
      aminn



      @anonim:
      jadi maksud bukti setor kolektif adalah,,
      dalam satu bukti setor terdiri dari pembayaran beberapa orang..

      misal, kamu dan teman2mu ada 10 orang,, tiap orang kan bayar 150rb,
      jadi totalnya 1.500.000..

      tetapi yang menyetor ke bank satu orang aja,, dengan total pembayaran dalam satu slip penyetoran 1.500.000 tadi..


      nah,, pembayaran kolektif seperti itu tidak diperbolehkan,,

      satu slip pembayaran untuk satu orang,, atau untuk satu nama..

      mudah2n bisa dimengerti

      udah bisa kak, saya daftar ulang lagi
      makasih kk bantuannya :)

      rieska says:

      gimana ya kalau nomor ijazahnya belum keluar ??

      @anggi Pramiswari:

      Wahhh,, syukurlah kalo gitu,,
      berarti kalo ada masalah,
      bisa registrasi ulang yah??

      oke deh,, sama2... sukses yah,,
      semoga lancar prosesnya..

      jangan lupa banyak latihan soal biar bisa lulus,,
      semangat


      @rieska:
      maksud kamu ijazahnya yang belum keluar?
      udah dapet SKHU belum?
      kalo udah, pake nomor SKHU aja,,

      tapi klo belum, coba tanyakan ke kepala sekolahmu, kira2 kapan bisa mendapatkannya?

      atau kalo di SKHUnya gak ada nomor..
      yasudah,, kamu masukkan saja nomor peserta ujian nasional atau nomor kartu pelajar,,
      yang penting nanti kamu tunjukkan kartu tersebut saat verifikasi berkas...

      terima kasih,, semoga bisa dimengerti :)

      Irma Noverawati says:

      ok,, siip kk

      Anonymous says:

      mau tanya soal no ijasah sama nilai ujian sekolah kan masih belum turun ,terus bagamana ?

      iya kk bisa reg. ulang :)
      iya, terima kasih
      kk bener gak klo stan lebih memberi prioritas mencari maba laki" drpd perempuan ?

      @Anonim:
      koq lama amat,,
      minta SKHU dulu aja,,
      bilang ke sekolahmu kalo SKHU tersebut mau digunakan buat daftar STAN..

      kalo gak ada SKHU, SKL juga boleh,, yang penting tercantum nilai ujian nasional dan ujian sekolah,,
      tapi klo nilai ujian seklah juga belum turun,,
      ya kamu harus tetep nunggu..



      @Anggi Pramiswari :
      oh gitu,, sipp terima kasih
      sebenarnya gak memprioritaskan juga,,

      aq gak tau pasti penyebab kenapa laki-laki lebih banyak yang diterima..

      tapi selama ini,, banyak yang bilang, alasannya karena penempatan lulusan STAN itu dari Sabang sampai merauke,,
      dan semuanya jauh..

      jadi kasian juga kalo perempuan asli jawa ditempatkan di papua..

      alasan yang aq tahu sih seperti itu..

      oh gitu ya kk,
      berarti smpe saat ini juga kebanyakan laki" yg diterima ya ?
      klo boleh tau perbandingannya kira" brp ya kk ?

      Anonymous says:

      Pencetakan BPO itu boleh lebih dari tanggal 20 atau enggak kak? Nomer registrasi itu bukti kalo kita udah tercatat sebagai pendaftar kan kak? Terima kasih sebelumnya

      Anonymous says:

      kak kalo di skhun kan nilai usnya hanya nilai yang di un kan, sementara kalo diijazah nilai usnya mencakup seluruh mata pelajaran, seperti agama, pkn, dll. Nah tapi ijazah aku belom turun-turun, kalo pake nilai yang diskhun aja boleh ga kak? Jadi nilai us yang tidak diunkan tidak dimasukin, mohon bantuannya kak. Terimakasih.

      ka..verifikasinya kn tgl 23..aq dri NTT..tpi mw k semarang dan tesnya dsana..
      tpi aq dah trlnjur beli tiket tgl 27 k smrang..

      jdi bsa gk verifikasiny tgl.27¿
      thx k

      sheen says:

      ka, kalo jurusan DIII Spesialisasi Akuntansi itu kerjanya kaya gmana ya,,
      thnxs..

      Kakak, saya daftarnya pakai SKL dan yang tertera disitu hanya 4 Mata Pelajaran. Bahasa Indonesia, Inggris, Matematika dan Produktif Kejuruan.. Di SKL sudah tertera nilai UN dan US untuk 4 mata pelajaran itu..
      Itu bisa gak kak ??

      Ijazah dan SKHUN belum keluar kak, karena kedua.a dibuat oleh dinas. Sekolah hanya bisa membuat SKL saja..
      Saya lulusan SMK kak..

      @Anggi Pramiswari :
      iya,, dari tahun ke tahun memang seperti itu,,

      dalam satu kelas biasanya terdiri dari 35 orang,,
      perempuannya hanya 3-5 rang saja..

      jadi perbandingannya sangat kecil..



      @Anonim:
      jangan,, sebaiknya kamu cetak BPO paling lambat tanggal 20 juni,,
      untuk mengantasipasi hal yang tidak diinginkan,,

      iya,, nomor registrasi itu hanya sebagai bukti kalo kamu sudah registrasi online,,
      nahh,, BPO itu akan kamu ganti dengan BPU (bukti peserta ujian)..
      bukti sah sebagai pendaftar adalah jika kalian telah mempunyai BPU




      @Anonim:
      Silahkan dalam pengisian nilai tulis dimasukkan total nilai mata pelajaran dan jumlah mata pelajaran yang
      tertera/tercantum di SKHUN anda, tidak masalah berbeda jumlah mata pelajarannya.

      jadi kamu pakai total nilai yang tertera di SKHU aja..



      @Listy Blue :
      tanggal 23 itu baru pengumuman jadwall..
      nanti saat itu kamu akan tahu tanggal berapa dapat giliran untuk verifikasi..
      berdoa aja semoga kamu dapat jadwal setelah tanggal 27,,

      yang menentukan jadwal adalah panitia,, dan keputusannya tidak bisa diganggu gugat,,
      apabila kamu tidak datang saat verifikasi berkas sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan,,
      kamu akan dianggap mengundurkan diri..




      @sheen:
      DIII Akuntansi,,,
      lulusan DIII akuntansi akan disebar keseluruh instansi kementerian keungan,, termasuk BPK,, dan BPKP juga..

      Ilmu akuntansi termasuk umum dan dibutuhkan oleh setiap instansi,,
      mereka bisa masuk DJP,, DJBC,, DJPB, DJKN, dan lain-lain




      @Nurul Hakim:
      pakai SKL boleh,
      dipengumuman FAQ STAN kamu bisa download di stan.ac.id..

      Silahkan dalam pengisian nilai tulis dimasukkan total nilai mata pelajaran dan jumlah mata pelajaran yang
      tertera/tercantum di SKHUN (termasuk SKL) anda, tidak masalah berbeda jumlah mata pelajarannya.

      jadi menurutku sih gak masalah,,,

      tapi sebaiknya tanyakan langsung ke panitia..
      kamu download aja FAQ tersebut

      Anonymous says:

      mau nanya, kalau tes kesehatan dan wawancara kan hanya ada di beberapa wilayah indonesia, bukan seperti tes tertulis, nah itu untuk tes kesehatan yang diluar daerah apakah biaya transportasinya diakomodir oleh pemerintah atau kita yang bayar sendiri ? thanks.

      @ Kak Arief Ahsan

      Kak, aku kan kemaren baru selesai ujian kenaikan kelas, nah sekolah akan menyegrakan pembagian jurusan.

      Kalo aku sih pengennya ke ips kak, rata2 ips ku pas semester 1 itu 89,5 sedangkan ipa 78,5.

      Ortu saya pengennya kalo aku ke ipa
      Padahal aku udah prospek banget ke ips. Setelah aku baca "80% mahasiswa stan itu berasal dr ipa, kalo aku ke ippps, kemungkinannya kecil ya kak untuk masuk STAN? :(

      Anonymous says:

      Kak ini tinggal print aja kan BPOnya? Ukuran kertasnya apa ya?Ada yang bilang jenis F4?

      Anonymous says:

      kak saya salah ngisi tanggal kelulusan. Seharusnya tanggal 24-05-2013 saya malah ngisinya 24-06-2013, sementara pendaftarannya sudah saya kunci. Itu bermasalah ga ya kak? Dan kalo mau memperbaikinya sebaiknya lapor ke mana kak? Makasih

      @Anonim :
      Semua biaya yang dikeluarkan selama pendaftaran,, sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.

      sebelum diterima menjadi mahasiswa,,
      biaya yang dikeluarkan, menjadi tanggung jawab peserta sendiri..





      @Fakhran Rahmat Al Hadi :

      tidak seperti itu juga dek,
      saya juga tidak bisa memastikan bahwa hampir 80% mahasiswa STAN adalah lulusan IPA,,
      itu hanya survey pribadi saya terhadap beberapa teman,,
      dan hasilnya seperti itu..

      untuk masuk ke STAN tidak harus lulusan IPA/ IPS,,
      semuanya boleh mendaftar,
      asal memenuhi persyaratan,,
      salah satu syarat utamanya adalah lulus TPA dan tes bahasa inggris,,

      dimanapun jurusan kamu nanti,, asal kamu bisa lulus tes tersebut dan tes lainnya,, tentu saja kamu bisa jadi mahasiswa STAN..

      jadi silahkan pilihan jurusan sesuai dengan kemampuan dan minta kamu,,
      terima kasih




      @Anonim :
      kalo sudah selesai,, ya tinggal di print aja,,
      ukurannya pake F4 yah,,
      nanti akan menjadi 2 halaman,,
      jadi kalo terpotong, gak usah hawatir..




      @Anonim :
      saya tidak bisa memastikan bermasalah atau tidaknya,,
      karena saya bukan panitia,,

      seharusnya, data yang kamu input sama dengan isi data yang akan kamu setorkan nanti,,


      untuk lebih amannya, sebaiknya kamu registrasi ulang saja,,
      agar sesuatu yang tidak kita inginkan tidak terjadi,..
      terima kasih

      Anonymous says:

      Kak, nilai tertulisnya hanya ada 12, sedangkan jumlah mata pelajarannya ada 13, saya harus membagi dengan 12 atau 13 kak?

      Anonymous says:

      kak, aku lulusan tahun 2012. Jika nilai UNAS ku Bhs indo 9,00; Bhs inggris 6,80; Matematika 9,75; Fisika 9,25; Kimia 9.75; Biologi 9,25.
      itu bisa masuk persyaratan kagak mas?
      kan nilai bhsa inggris ku di bawah 7, pengaruh kagak?
      trimakasih

      @Anonim :
      kmu harus pake 12 dong,,
      kalo kamu pake 13, rata2 nilai gak akan memenuhi syarat..



      @ANonim :
      untuk syarat tahun ini,,
      yang diperhitungkan hanya rata-rata seluruh mata pelajaran yaitu diatas 7,,

      tidak masalah jika nilai bahasa inggrismu dibawah 7..
      itu tidak akan berpengaruh, yang terpenting rata-rata seluruh mata pelajaranmu di atas 7,00

      Anonymous says:

      assalamu'alaikum ka' nmr panitia stan nya ada gak ? soalnya di pendaftaranx hrus ada krtu identitas gitu seperti ktp, sim, ataupun ijazah ,, padahal saya blum punya krtu identitas , ktp saya tidak ada , sdh diurus sih tpi ktpnya jsdi skitar 4 bulan gitu, trus saya jga gak punya sim , klo mau pke ijazah , ijazahku blum kluar ,, ka' bagi contact personnya yah..

      Anonymous says:

      kak kalo registrasi ulang berarti saya harus bayar lagi ke bank? Atau daftar lagi aja tanpa membayar ulang? Makasih ya kak.

      kak saya mau tanya. saya ngambil lokasi test tertulis di pekan baru. seandai nya saya sampai di test kesehatan apakah bisa saya pindah lokasi ?

      @Anonim :
      saya tidak punya nomor panitia USM STAN,
      tapi coba nomor ini,,, semoga nyambung .(021) 7361654-7361658..
      kamu juga bisa menghubungi lewat email di usm@stan.ac.id,, atau bertanya lewat twitter di @usmstan..

      jika gak ada, maka gunakan tanda pengenal lain yang masih berlaku, jika belum mempunyai identitas yang masih berlaku silahkan
      mengurus SKCK.

      silahkan cari jawaban pertanyaanmu didisini

      @Anonim: kamu cukup registrasi online lagi aja,,
      tidak perlu membayar lagi ke bank,, terima kasih


      @Sonyagraceeveline Sianipar: lokasi tes kesehatan akan ditentukan kemudian oleh panitia,,
      jadi nanti tunggu aja pengumumannya,,

      pengumuman jadwal dan tempatnya tidak bisa diganggu gugat,,
      apalagi minta untuk diubah,,

      terima kasih

      hanne aulia says:

      kak kan ada berkasnya di kirim ke pos..tu gak pakai surat ket. kesehatan dari dokter dan surat tidak buta warna???

      hanne aulia says:

      kak kalau di print 1 lembar gak papa? tp di perkecil kak

      @Hanne Aulia:
      berkas apa yang dikirim?
      setahu saya tidak ada berkas yang dikirim,,
      kamu dapat info dari mana?

      berkas pendaftar harus kamu bawa langsung saat verifikasi berkas,, sesuai dengan jadwal yang akan ditentukan pada 23 juni nanti,,
      jadi kamu tidak perlu mengirim apa2..


      sebenarnya gak apa2 kamu print jadi 1 lembar,,
      yang penting semua kontennya lengkap,,

      jangan lupa print pake F4 yah

      Kak itu hrus pkk kertas A4 ya kak, soale ak kmrin print klwr 2 lmbar kak, lmbar terakhir ada ttd sama buat tmpat materai itu kak ? Gpp kan kak ? N'ferivikasi akhir tgl 23 kn kan ?

      @Meriensya Candra Nariezky:
      Kmu harus printnya pake F4...
      iya,, memang otomatis akan menjadi 2 halaman/lembar..
      itu gak masalah, normalnya memang seperti itu,,


      tanggal 23 itu adalah pengumuman jadwal,,
      jadi pada tanggal tersebut kamu akan lihat kapan, pada jam berapa, dan dimana kamu harus melakukan verifikasi..

      kamu harus datang sendiri kesana dengan membawa serta berkas2 yang diminta..
      jangan lupa bawa BPO dan bukti pembayarn bank,,

      smoga bisa dimengerti...

      Anonymous says:

      min stelah saya membaca FAQ usm stan disitu tertulis jika no.skhu/ijazah tidak ada cukup dituliskan skhu tapi saya terlanjur menuliskan no.nisn
      jadi bagaimana?

      @Anonim: menurut saya itu gak masalah,,
      karena poin tersebut tidak terlalu penting,,

      tetapi jika kamu mau registrasi ulang dan mengganti dengan SKHU,,
      itu jg gak apa2,,

      lebih jelasnya coba kamu tanyakan ke pihak panitia..
      terima kasih

      kk untuk verifikasi data nanti kan pengumumannya tgl 23 juni. itu berapa lama ia kk buka nya ? karena saya pulang dari surabaya baru tanggal 1 juli ini. sedangkan saya mengambil lokasi ujian itu di riau, pekan baru kk. mohon infonya ia kk . terima kasih banyak kk sebelumnya .

      kk terakir memprint bpo nya kapan ia kk ? mohon balasan nya kk.

      @Sonyagraceeveline Sianipar:
      iya,, pengumuman jadwal verifikasi tgl 23..
      pengumumannya bisa di download koq,,
      InsyaAllah kalo saya dapat,, nanti saya akan share ke teman2,,

      dalam pengumuman tersebut,,
      tercantum jadwal kapan kamu harus datang melakukan verifikasi...
      lokasi, hari, tanggal, jam semuanya akan diumumkan disana...

      jadwal verifikasi mulai tanggal 24 dan saya perkirakan sampai beberapa hari sebelum ujian TPA dan TBI..


      berdoa aja kamu dapat jadwal verifikasinya setelah tanggal 1 juli tersebut,, amin

      tapi jika kamu mendapat jadwal yang awal2, atau sebelum tanggal 1 juli,,

      mau tidak mau kamu harus ke tempat verifikasi sesuai jadwal,,
      karena kalo kamu datang selain pada tanggal tersebut,,
      kamu tidak akan dilayani..

      ini gimana ya? usia saya 20 tahun (3 februari) dan sampai september masih 20 tahun. tetapi form pendaftaran hanya mentok september untuk tahun 93. tolong pencerahannya. dan hari ini ternyata hari terakhir. mungkin ada nomor yang bisa dihubungi untuk pihak stan.

      @sukmantara :
      kamu lahir tanggal berapa...
      yang boleh mendaftar adalah mereka yang lahir 1 september 1993 - 30 september 1996..

      kalo sekrang kamu udah 20 tahun 4 bulan,,
      tentu saja sudah tidak bisa mendaftar,,
      karena batasan umurnya adalah tidak lebih 20 tahun pada 1 september 2013...
      meskipun umurnya 20 tahun lewat 1 hari,,
      tetap sudah tidak bisa mendaftar..

      semoga bisa dimengerti,, terima kasih

      Kaka, waktu daftar online saya masukin nama kota asal sekolah salah.Seharusnya bogor tapi malah bandung.Itu gimana ya ka ??
      Tapi di lembar BPO kota asal sekolah tidak diperiksa, hanya nama sekolah, nomor ijazah dan nilai.. Tolong jawaban.a kak..Makaih banyak..

      @Nurul Hakim:
      kmu yang salah input atau sistemnya yang menyebabkan seperti itu..

      kalo menurutku sih gak masalah..
      yang dicek kan nilai dan kelengkapan berkasnya...

      jadi gak usah hawatirin,,
      meskipun mau kamu ubah,,
      kan udah gak bisa akses lagi,,

      atau gmana kalovkamu coba lagi...

    «Oldest ‹Older   1 – 200 of 231   Newer› Newest»

    Post a Comment

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    FOLLOW VIA EMAIL

    FOLLOWER

    Admin Muhammad Arif Ahsan | Bulukumba | powered by Blogger