feed

Blog ini berisi informasi sekolah tinggi kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan, cerita atau pengalaman pribadi, serta informasi positif dan berguna lainnya

SIPENCANTAR STPI Tahun 2013/2014

Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencantar) Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Tahun Akademik 2013/2014. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia membuka penerimaan bagi putra-putri indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan dibidang penerbangan. Penerimaan mahasiswa baru yang sering disebut SIPENCANTAR tersebut dimulai dimulai tanggal 13 Februari s.d.20 Juni 2013. 





Syarat Pendaftaran
  1. Warga Negara Indonesia tidak lebih dari 23 tahun pada bulan Septermber 2013
  2. Belum pernah menikah dan sanggup tidak untuk menikah selama dalam pendidikan. 
  3. Sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba, tidak cacat tubuh, tidak berkacamata (tanpa alat bantu), tidak memakai kawat gigi dan tidak buta warna. 
  4. Memiliki tinggi badan minimum untuk Pria 160 cm, dan Wanita 155 cm. Khusus Penerbang : Pria 165 cm, dan Wanita 163 cm. 
  5. Sanggup mentaati dan mematuhi semua peraturan yang berlaku selama dalam pendidikan. 
  6. Sanggup ditempatkan atau ditugaskan dimana saja di seluruh Indonesia, dan tidak akan menuntut apabila tidak ada formasi penempatan setelah lulus pendidikan. 
  7. Peserta yang lulus seleksi akan diadakan Pemeriksaan Psikologi. 
  8. Peserta yang lulus seleksi diwajibkan membayar biaya Pendidikan. 
  9. Biaya seleksi dibebankan kepada peserta
  10. Khusus D.III Pertolongan Kecelakaan Penerbangan (PKP) : Jenis Kelamin Laki-laki
Jurusan yang dibuka
  1. D.III OPU (Operasi Pesawat Udara) 
  2. D.III TPU (Teknik Pesawat Udara) 
  3. D.III TNU (Teknik Navigasi Udara) 
  4. D.III PLLU (Pemanduan Lalu Lintas Udara) 
  5. D.III PA (Penerbangan Aeronautika) 
  6. D.III TMB (Teknik Mekanikal Bandara) 
  7. D.III KP (Komunikasi Penerbangan) 
  8. D.III TLB (Teknik Listrik Bandar Udara) 
  9. D.III PKP (Pertolongan Kecelakaan Penerbangan)
  • Nomer 1 – 7 persyaratannya : SMU/MAN IPA, SMK ; Tek.Mesin, Tek.Listrik, Tek. Elektronika, Tek.Otomotif, Penerbangan, Telekomunikasi 
  • Nomer 8 persyaratannya : SMU/MAN IPA, SMK ; Bidang Keteknikan, Penerbangan 
  • Nomer 9 persyaratannya : SMU/MAN IPA, SMK ; Tek.Mesin, Tek.Listrik, Tek. Elektronika, Tek.Otomotif

Persyaratan Administrasi
  1. Pas Photo terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar berwarna latar belakang merah
  2. Foto copy STTB, Nilai UN, dan Akte Kelahiran 
  3. Surat Keterangan belum menikah dari kelurahan/desa 
  4. Bagi yang masih duduk di Kelas lll SLTA, dengan membawa Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta UN 
  5. Membawa bukti pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- (Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah) yang telah disetorkan
Tata Cara Pendaftaran
  1. Peserta mengisi Form Pendaftaran pada website http://sipencatar.stpicurug.ac.id
  2. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- (Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah)
    • dengan cara Setor Tunai ke PT. Bank BNI Tbk 
    • Nomor Rekening 0019697465 
    • atas nama Bendahara Penerimaan SPPL Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia
    • dengan mencantumkan Nama Lengkap pendaftar dan Jurusan yang Dipilih.
    • (Simpan baik-baik bukti pembayaran jangan sampai hilang sebelum proses tahapan seleksi selesai).  
  3. Melakukan konfirmasi Pembayaran dengan meng-upload bukti pembayaran pada website http://sipencatar.stpicurug.ac.id/login
  4. Peserta mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi setelah ada proses Verifikasi pembayaran oleh Panitia Sipencatar,
  5. Lokasi pendaftaran dan tempat tes sebagai berikut :
    • STPI Curug . Jl. Raya PLP/ STPI Gurug, Tangerang Tlp.(021)598220+5Ert.527 
    • DishubkominfoProv.KalimantanTengahJl.S.ParmanNo.l PalangkarayaTlp.(0536)3221090 
    • Dishubkominfo Prov. Sular,’resi Tengah Jl. R.A Kartini No.35 Palu Tlp. (0451) 422196, Fax. (0451)423039 
    • Dinas Perhubungan Prov. Sulawesi Utara Jl. RE Martadinata No. 35, Manado Tlp. (0431) 867052 
    • Dinas Perhubungan Prov. Nusa Tenggara TimurJl. Palapa No. 17 Kupang Tlp.(0380) 833691,831321 
    • Dishubkominfo Prov. Nusa Tenggara Barat Jl. Langko No. 49 Kota Mataram Telp. (0370) 633735, 637484 
    • Dishubkominfo Prov. Sumatera Barat Jl. Raden Saleh, No. 12 Padang Telp. (0751) 40332 
    • Dinas Perhubungan Prov. Maluku Jl. Paftimura No.21, Ambon, Maluku Telp. (0911) 352852 
    • Dishubkominfo Prov. Papua Barat, Manokwari.
Jenis dan Tahap Seleksi
  1. Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi; 
  2. Seleksi Potensi Akademik; 
  3. Seleksi Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotest dan Wawancara dilaksanakan di masing-masing lokasi pendaftaran berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan; 
  4. Kelulusan ditentukan 2 (dua) tahap yaitu Hasil Seleksi Potensi Akademik dan Pantukhir.

Lain-Lain
  1. Pendaftaran dimulai tanggal 13 Februari s.d.20 Juni 2013; 
  2. Seleksi Akademik dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2013; Harap membawa SKHUN
  3. Tidak diadakan surat menyurat antara peserta seleksi dengan Panitia Seleksi Penerimaan Calon Taruna Diklat Perhubungan; 
  4. Hasil seleksi potensi akademik, dan pantukhirakan diumumkan di tempat pendaftaran; 
  5. Program Studi STTD Bekasi dan PKTJ Tegal dapat menerima peserta berstatus PNS/BUMN yang mendapat tugas belajar dari lnstansinya dengan usia maksimum 27 tahun pada bulan Agustus 2013; 
  6. Uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali bila sudah disetorkan; 
  7. Bagi Pendaftaryang berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi pendaftaran dilakukan di masing-masing sekolah yang dituju.

    Jadwal terbaru SIPENCANTAR STPI


86 Komentar Pada "SIPENCANTAR STPI Tahun 2013/2014"

  1. Anonymous says:

    yang alamat untuk lokasi provinsi sumatra utara ada ?

    Ikutan menyimak informasi-informasinya yah??
    salam kenal dulu :)

    MAAF BARU BALAS, 3 MINGGU KEMARIN SAYA IKUT PRAJABATAN, HARAP MAKLUM, TERIMA KASIH

    @Anonim : yang ada cuma itu,, jadi jika kmu tertarik mendaftar, silahkan ke lokasi terdekat,,, atau jika ingin lebih jelas,,
    kmu coba cek ke web resminya,, atau telpon ke kampus,,
    atau kmu jg bisa tanya ke dinas Perhubungan kanwil sumut untuk minta petunjuk,, terima kasih,,
    semoga bisa membantu

    yogi zz says:

    OPU jurusan penerbang(pilot) bukan bang ?

    Anonymous says:

    owh y ma'af bener g y klo tinggi'y 155 cm bs daftar ???

    @yogi zz :
    iya,, itu untuk penerbang (pilot)

    @Anonim :
    Syaratnya itu, Memiliki tinggi badan minimum untuk Pria 160 cm, dan Wanita 155 cm. Khusus Penerbang : Pria 165 cm, dan Wanita 163 cm..

    jika kurang dari itu, berarti tidak bleh mendaftar,
    terima kasih

    Bang mau nanya,kalo PNB-ST ada syarat umur min. gak? kalo belum cukup gimana?saya tamatnya nanti baru 17 tahun soalnya...Terima kasih seblumnya..

    Anonymous says:

    buat jurusan IPS ngga ada?

    @Muhammad Fahreza : membaca dari syratnya, kemungkinan besar gak ada.. jadi gak usah hawatir,, STPI memang jarang membuat aturan mengenai batasan minimal umur peserta,,, jd sy rasa kmu bisa daftar meskipun belum 17 tahun..

    @anonim : betul sekali,, untuk jurusan IPS belum ada,,

    Anonymous says:

    mau nanya nih..
    yang pendaftar online persyaratan administrsinya di serahkan kapan ya??
    terima kasih

    @Anonim :
    Peserta datang sendiri ke Lokasi Pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan atau dapat diakses ke Website lnstitusi Diklat Perhubungan masing-masing

    Jadi pendaftarannya tidak lewat online,,, formulirnya saja yang bisa di download terus diisi kemudian dibawa ke lokasi pendaftaran, paling lambat 31 mei 2013...

    terima kasih

    sarah says:

    kalau yang belum pengumuman lulusan SMA, gimana cara mendaftar ke STPI Curug ya, mohon petunjuk cara mendaftarkan

    @zarah : Bagi yang masih duduk di Kelas lll SLTA, bisa membawa Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta UN...

    kak mau tanya kalau kaki cantengan masih bisa masuk ndak kak...??

    @Marcello sanjaya :
    maaf,, kalo hal detail seperti itu sy kurang tahu,,

    tapi sekedar sharing aja
    saat tes kesehatan biasanya yang dicek itu

    1.Cek mata
    2.Cek fisik : diwajibkan bugil lalu berbaris bersama kemudian akan di cek pake stetoskop, cek hidung, cek telinga, cek tinggi/ berat badan, cek bentuk punggung, dicek tanda lahir, dan dicek anusmaksudnya ambeyen ato enggak selama ±20menit
    3 Cek tekanan darah
    dan masih banyak lagi cek kesehatan yg lain.

    kalo menurutku sih,, kaki centangan gak apa2,,
    tapi semua itu tergantung panitia,, mereka yang menentukan,,
    semoga bisa membantu,, terima kasih

    Izin bertanya, untuk TLB 2013 informasi lebih jelas harus ke kampus STPI kah??

    @Ratih Rahmatika:
    Untuk informasi lebih jelas tentang TLB 2013 memang bisa kamu dapat di kampus STPI,,

    mohon maaf atas keterbatasan informasi yang saya miliki...
    mohn dimaklumi...
    terima kasih

    bang, di form pendaftaran online nya kan ada nilai UAN dan no ijazah, tapi kita belum pengumuman kelulusan, jdi gimana itu daftarnya bang?? Trims :)

    @Yeyen Noviana : pendaftaran kan masih sampai 31 mei,,, kalian pasti sudah punya ijazah koq sebelum tanggal itu,,
    jadi ditunggu aja yah,,
    terima kasih

    Yaaah, jadi musti nunggu lulus dulu nih bang?? Yaaaaah, lama dong :( oh ya bang, ada contoh2 soal tpa nya kaga?? :)

    @Yeyen Noviana:
    kalo emang kalian udah dapat ijazah sebelum 31 mei,, sy sarankan kmu daftarnya setelah mendapat ijazah aja,, biar lebih aman.

    tapi klo emang kamu mau daftar sekarang,,, mungkin bisa,,
    karena di syarat yang nomer 6 itu tertulis Bagi yang masih duduk di Kelas lll SLTA, dengan membawa Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta UN

    Nah, coba kamu masukkan nomor surat keterangan itu saja,,
    semoga aja berhasil.... amin

    kak pnb-st itu sama dengan OPU ndak kak..??

    kak pnb-st itu sama dengan OPU ndak kak..??

    Trus nilai UAN nya kosongin aja ya??

    @yusi satriyo:
    tahun lalu STPI buka jurusan

    D.II Penerbang Sayap Tetap (PNB-ST)

    D.II Penerbang Sayap Putar (PNB-SP)

    dan kemungkinan kedua jurusan itu digabung,,
    dan tahun ini dibukalah jurusan Operasi Pesawat Udara (OPU)

    @Yeyen Noviana : iya yen,, kosongin aja,,
    nanti kalo kmu sudah sampai di tempat pendaftaran,, kamu tanya langsung saja kepada panitia dan minta petunjuk,,

    kalo menurut saya sih gak apa2,, karena yang kamu punya baru surat keterangan...

    selamat berjuang,,
    semoga bisa membantu

    Oke oke, terimakasih infonya bang :)

    @Yeyen Noviana : sippp,,, sama2,,, semoga membantu,, terima kasih

    To admin : Makasih infonya mas :) insyaAllah kalo begitu saya akan ikut tahun depan.. :)) kalo gk bisa daftar,wah nyesal saya masuk aksel :)...mkasih infonya mas :) salam sukses! :)

    @Muhammad Fahreza : sipp, sama2, sukses juga buat kamu,, amin

    Anonymous says:

    bang aku berkacamata tapi aku mau banget masuk sana,kalo pake lensa boleh ga?

    @Anonim : fungsi kaca mata sama lensa sih pada dasarnya sama,, jadi tetap saja gak boleh,,
    tapi kalo mau lebih jelas,, bilang panitia,, kali aja mereka menolerir minus matamu...

    smoga berhasil,, amin

    Anonymous says:

    kenapa tidak ada seleksi dilakukan di kota medan?

    mas, tempat pendaftaran di Jawa Tengah dimana?
    saya berdomisili di Klaten.

    bismillah.. .

    Anonymous says:

    Salam, mas trus gmna ni ? Sya pngn bnget jdi pilot pswat komersil tp d stpi blum bka jurusan itu ! Sya pkir opu dgn pnb st itu bda ! Gmn ni jd bingung ! Mohon pnjlasannya ya !

    @anonim : sy juga kurang tau kalo itu,,
    panitia yang menentukan,,
    jadi kamu daftar langsung di kampus STPI
    STPI Curug . Jl. Raya PLP/ STPI Gurug, Tangerang Tlp.(021)598220+5Ert.527

    tapi coba deh kamu jalan2 ke DishubkominfoProv.sumatera utara.. tanya2 orang disana,

    @Agung AmpuhSynester:
    untuk yang dipulau jawa,, silahkan mendaftar langsung ke kampus STPI curug,,

    tapi coba deh kamu jalan2 ke DishubkominfoProv.jawa tengah.. tanya2 orang disana,

    @Anonim:
    wadduuuhh,, saya juga ikut bingung,,
    semua keputusan ada ditangan kamu,,

    sy sarankan,, kamu daftar aja STPI yang OPU,,
    terus kalo udah lulus,, coba2 daftar ke maskapai lokal,,
    semoga aja kamu keterima,,
    peluang kamu besar koq,, soalnya kamu kalo sudah lulus STPI sudah mengerti banyak tentang penerbangan,, dan tentunya sudah siap kerja,,

    Rizal says:

    saya mau tnya dari SMA dan SMK jurusan apa saja agar saya bisa masuk jurusan penerbang sayap tetap [PNB-ST] di stpi,
    Baik Sma maupun Smk mohon jawabanya .
    apakah dri smk penerbangan dan smk tek.otomotif/TKJ bisa masuk ?

    @Rizal: Sekarang PNB-ST digabung ke jurusan OPU (Operasi Pesawat Udara)dan persyaratannya untuk masuk jurusan tersebut adalah
    1. lulusan SMU/MAN IPA,
    2. SMK : jurusan Tek.Mesin, Tek.Listrik, Tek. Elektronika, Tek.Otomotif, Penerbangan, maupun Telekomunikasi ..

    SMK jurusan penerbang dan otomotif bisa masuk jurusan OPU di STPI...

    terima kasih

    Anonymous says:

    Bg admin.. Saya mw dftar jur penerbang (OPU). tinggi saya 174 tapi brbadan kurus.. Kira2 bisa keterima gg yaa?? Trus klo muka berjerawat menentukan lulus/tidak gag?? Trimakasih..

    Anonymous says:

    beneran nggak ada jurusan penerbangnya tahun ini -_- oooh oooh, cari tempat lain deh :o

    Anonymous says:

    maaf mau nanya, OPU bukanya jurusan tersendiri? terpisah dari PNB? karena sudah jelas tugas dari PNB dan OPU beda, jauh malahan? sebenernya gimana ini?

    Anonymous says:

    kalo di stpi apakah yg dikejar cuman jur.penerbang ny aj...?
    bgmana kalo jur.komunikasi penerbang ny, apkah siap kerja juga?
    uang kuliahnya brapa biasanya utk jur. itw..?

    Anonymous says:

    mau tanya,status STPI kedinasan tu gimana ?
    biaya kuliahnya gratis apa masih bayar ?

    Revindo Darma Djambak says:

    mau tanya ni bg admin, untuk pendaftaran STPI tahun 2013 ini apakah kita mendaftar ketempatnya langsung atau online juga bisa? Saya masih bingung dengan tatacara pendaftarannya, mohon bantuannya. Trims

    Rizal says:

    Aapa iya sekaang jurusan pnb-st digabung dengan OPU .
    mohon jawabanya ?

    bang saya mau tanya\
    kalau ijazahnya \Smk |Perikananan tapi bagian tehnik mesinnya apa bisa masuk \STPI

    Eden says:

    Maaf k, saya mau tanya.
    Di website pndftaran kn tertulis Bersubsidi (Pemerintah). Trus apakah taruna nya masih dikenakan biaya pendidikan?
    Kalau masih, biaya pendidikan jurusan OPU sama TNU sama atau beda?
    Terimakasih

    Mau tanya mas, biaya pendidikian sampe lulus perkiraan brapa ya? Tank

    kak mau tanya,jurusan penerbangan apa diganti jadi OPU(OPERSAI PESAWAT UDARA) ??
    jadi, kalau mau ambil penerbangan apa ngambil jurusan OPU?

    satu lagi kak, bekas jahitan di kepala apa bisa masuk di STPI dan apa tergolong cacat tubuh???
    terima kasih.

    @Anonim,,, dari tinggi sih udah lolos,,
    jadi coba daftar dulu aja,,
    gak ada salahnya kan mencoba

    @Anonim,, sepertinya OPU itu penerbang,,

    @anonim...
    okey kawan,, sy mohon bantuan untuk menjelaskan sedikit tentang perbedaannya..
    fungsi dan tugasnya apa saja..
    biar sy dan teman2 pembaca yang lain tahu dan bisa membedakan,,
    mari saling berbagi informasi,, terima kasih

    @anonim..
    gak gitu juga,, bukan penerbangnya aja yang dikejar,,
    jurusan lain juga banyak pendaftar dan bagus2 koq jurusan tersebut..

    @anonim...
    STPI itu sekolaha kedinasan yang berada di bawah naungan kementerian perhubungan..
    tapi tidak ikatan dinas,,
    dan juga tidak menanggung biaya pendidikan,,
    jadi mahasiswanya tetap bayar..

    @revindo darma:
    Peserta datang sendiri ke Lokasi Pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan atau dapat diakses ke Website lnstitusi Diklat Perhubungan masing-masing;

    @rizal : katanya sih begitu,,, tapi sy jg kurang bisa memastikan,,
    gimana kalo kmu coba konfirmasi ke panitia,, mhon bantuannya yah,,
    jika kmu dapat info,, tolong share ke teman2,, terima kasih

    @lucky agung:
    menurutku sih bisa,,,
    coba aja daftar

    @eden: sy kurang paham soal subsidi apa yang mereka maksud itu,,
    setahu sy biaya pendidikan taruna tidak ditanggung,,
    alias tidak gratis..

    biaya pendidikan mereka relatif sama,, paling bedanya gak terlalu signifikan..

    @teguh pramono:
    kalo total biaya sy kurang tahu,, soalnya kan tiap tahun berubah,,
    tapi biaya pendidikan STPI lumayan tinggi...

    @aliqa arayu:
    katanya sih gitu,, tapi aq jg gak berani memastikan,,
    gmana klo kmu telpon pihak panitia aja,, mohon bantuan yah,
    nanti kalo dapat info, jngn sungkan untk berbagi..

    jika tidak terlalu jelas,, sy rasa itu bukan cacat tubuh,,

    kak, tanya saya mau tanya
    pada form pendaftaran online ada kolom yang diisi nomor ijazah
    nah ijazah saya belum keluar ,saya kosongkan malah tidak bisa mendaftar.
    bagaimana itu kak?
    panitia disana susah dihubungi.

    @aliqa arayu:
    coba kamu masukkan nomor surat keterangan dari kepala sekolah,,,
    ada koq beberapa teman yang berhasil,,
    semga kmu juga berhasil,, terima kasih

    Anonymous says:

    biaya pendidikannya berapa??

    This comment has been removed by the author.
    Anonymous says:

    assalamualaikum admin ...
    izin nanya ni
    misalkan saya udah ngambil program kejuruan PLLU,,,,trus rencanannya mau change ke OPU yang katanya menjurus ke pilot,itu bisa nggak,,,,????
    sekian terimakasih

    @Anonim : Biaya pendidikannya memang mahal,, maklumlah, mereka kan calon pilot... ada yang bilang, totalnya kira 60 sampai ratusan juta rupiah..

    @muhammad Fahreza:
    maksud kamu medical exam sendiri itu gimana?
    saya kurang paham,,
    kalo mau lebih jelas terkait hal tersebut,,
    coba hubungi
    telp. (021) 5982204 - 5982205 ext. 527 atau email : sipencatar@stpicurug.ac.id
    terima kasih

    @Anonim:
    saya belum tahu tentang boleh atau tidaknya pindah jurusan,,

    tp gimana kalo kamu daftar online lagi dengan jurusan yang baru bisa gak?
    coba dulu yah

    Anonymous says:

    IPS bener-bener gak bisa yaa? makasih

    @anonim :
    iya kurang lebih seperti itu..
    kalo melihat dari syaratnya, jurusan IPS tidak bisa mendaftar..
    maaf sekali

    Anonymous says:

    min, stpi curug ini katanya sekolah ikatan dinas, tapi biaya kuliahnya enggak gratis ya? apa benar?-_-

    min, ane mau nanya nih ? kalo mau jadi penerbang sayap tetap, ambil jurusan apa di STPI ? thank's..

    Biaya pendidikan di STPI Curug brapa bang ?? . . .

    Anonymous says:

    saya Alex

    wahh saya kira OPU itu bukan penerbang, saya bingung, saya kira dulu pendaftaran penerbang itu dipisah.
    sekarang pendaftaranya sudah tutup, dan saya baru baca postingan abang di blog ini, sedih banget men
    tiap tahun apakah hanya dibuka 1 gelombang bang? tidak ada gelombang ke-2 ?

    Anonymous says:

    saya Alex melanjuti postingan saya diatas

    di web stpi curug jurusan penerbang itu dibagi menjadi 3 progam study :
    1. penerbang sayap tetap
    2. penerbang sayap putar
    3. flight operation officer / OPU (operasi pesawat udara)

    tapi sekarang apakah opu itu penerbang juga, saya tidak tahu, ada yang sudah telpon panitia?


    @ADMIN : Mas,.,kalo pas tes kesehatan ituu,.,maf kata anu kita di periksa nggak,.,.,. ? terus tahun ini yg buka cuma jurusan untuk penerbang kan ?

    Sandy says:

    mas bro admin
    ane mau tanya kalo jurusan SMK TKJ bisa pilih salah satu jurusan di atas gak?

    Mas, semua biaya pendidikan di STPI ini di tanggung pemerintah atau biaya sendiri ya ?
    mohon jawaban nya, terima kasih.

    @anonim:
    Stpi curug adalah sekolah kedinasan, tapi tidak ikatan dinas...
    iya betul sekali, biaya kuliah ditanggung mahasiswa alias bayar/tidak gratis..

    @barep alcatraz:
    ambil jurusan penerbang sayap tetap tentunya..
    Untuk seleksi tahun lalu atau tahun akademik 2013/2014....
    pendaftaran STPI dibagi dua... yang pertama untuk jurusan selain penerbang... seperti yg trcantum pada poatingan ini...

    beberapa minggu setelah pengumuman untuk jurusan selain penerbang, penerimaan STPI tahap 2, yaitu khusus untuk jururusan PENERBANG dibuka..
    penerimaannya jg dibagi dua gelombang..

    Jadi pendaftaran untuk jurusan penerbang agak belakangan baru dibuka... sepertinya tahun depan akan seperti itu lagi..

    @vinsent kamaru:
    biaya kuliah sekitar 45 juta untuk program diploma II..

    biaya itu adalah total sampai wisuda

    @alex:
    Iya kmu benar,OPU memang bukan jurusan penerbang...

    Pendafataran untuk jurusan penerbang memang dipisah.,
    pendaftaran untuk tahun 2013/2014, penerimaan untuk jursan Penerbang baru dibuka bebrapa minggu setelah pengumuman hasil penerimaan untuk jursan selain penerbang..

    Untuk jurusan penerbang dibuka dua gelombang.. semoga kmu daftar dan tidak terlambat...

    iya, di Web resmi memang seperti itu, dibuku yg sy buat jg mengatakan demikian...

    terima kasih atas koreksinya,
    Semoga bermanfaat

    @richardy affan sojuan siregar,
    klo soal itu sy jg kurang tahu, krna sy tidak pernah mengiktui tes keshatan di STPI,
    Tahun 2013 semua jurusan buka koq,
    tpi jurusan penerbang bukanya belakangan

    @sandy: Nomer 1 – 7 persyaratannya : SMU/MAN IPA, SMK ; Tek.Mesin, Tek.Listrik, Tek. Elektronika, Tek.Otomotif, Penerbangan, Telekomunikasi Nomer 8 persyaratannya : SMU/MAN IPA, SMK ; Bidang Keteknikan, Penerbangan Nomer 9 persyaratannya : SMU/MAN IPA, SMK ; Tek.Mesin, Tek.Listrik, Tek. Elektronika, Tek.Otomotif


    Dari pernyataan trsebut, sepertinya TKJ gak ada dan blum boleh daftr, smoga aja tahun depan bisa. Amin

    @brilianto maranditya:
    semua biaya pendidikan ditanggung mahasiswa... mereka semua bayar/tidak gratis..

    Atau bisa juga disebut biaya sendiri

    Kalo lulusan smk telkom bisa masuk stpi ? Tetapi jurusan smk telkom nya adalah teknik informatika

    Kalo lulusan smk telkom bisa masuk stpi ? Tetapi jurusan smk telkom nya adalah teknik informatika

    Kalo lulusan smk telkom bisa masuk stpi ? Tetapi jurusan smk telkom nya adalah teknik informatika

    om pendaftaran buat yg lulus tahun 2014 kapan nih , apakah sudah etinggalan ?

    om pedaftaran yg unutk 2014/2015 udah kelewat ya :'(

    @devi hartina:
    klo untuk tahun lalu SMK telkom blum boleh.. tpi gak tau deh kalo thun depan.. smoga aja panitia mau nerima.. amin

    @miftachul huda:
    belum koq . Untk penerimaan 2014.. nanti awal februari baru ada info.. ditunggu aja yah

    Anonymous says:

    Jdi kak utk tahun2013/2014 ny itu klo mw ambil jurusan pilot itu jurusan opu ny y?
    Bgian daerah riau tdk d cntumkn tubtmpt pndftrannya jd kmn?
    Ap lgsung ke stpi ny gt?

    Pendaftaran jurusan penerbang terpisah, dia dibuka belakangan, kalo mau jdi pilot, ambil jurusan penerbang syap tetap atau jurusan penerbang lain..

    jika riau tidak ada, maka pilih lokasi terdekat

    kk tanya,
    what majored if I want a career in the Operations Officer of the flight?

    kak , klo mau ambil jurusan PLLU tpi punya bekas patah tulang di tangan (terlihat bengkok) apa masih bisa ?

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Admin Muhammad Arif Ahsan | Bulukumba | powered by Blogger