News Update :
Home » , » Penerimaan Capra IPDN 2013/2014

Penerimaan Capra IPDN 2013/2014

Penerimaan Calon Praja (Capra) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tahun Akademik 2013/2014. Pendaftaran Peserta Seleksi Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri tahun akademik 2013 bertempat di Badan/ Kantor/Bagian Kepegawaian masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota.






A. Syarat Pendaftaran
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Usia pelamar/peserta seleksi per tanggal 1 Desember 2013:
  3. Pelamar umum berusia minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal berusia 21 (dua puluh satu) tahun;
  4. Pelamar PNS Tugas Belajar berusia maksimal 24 (dua puluh empat) tahun dengan masa kerja menjadi PNS minimal 2 (dua) tahun.
  5. Tahun Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) pendaftar, yaitu tahun 2011, 2012, dan 2013 bagi pelamar umum. 
  6. Syarat Usia sebagaimana dimaksud pada huruf b angka 1) dan syarat kelulusan tahun ijazah/STTB sebagaimana dimaksud pada huruf c, harus terpenuhi seluruhnya.
  7. Nilai rata-rata Ijazah/STTB SMA/MA minimal 7,00 (tujuh koma nol nol).
  8. Tinggi badan pelamar pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm. 
  9. Tidak bertato atau bekas tato dan bagi peserta seleksi pria tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat;
  10. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak sesuai dengan unsur pemeriksaan kesehatan;
  11. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian tingkat Kabupaten/Kota (Polres/Poltabes);
  12. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Rumah Sakit Umum Daerah/Pemerintah (RSUD/P)/Rumah Sakit TNI/Rumah Sakit Polri/Puskesmas Pemerintah setempat;
  13. Surat Pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan yang diketahui orang tua/wali dan disahkan Kepala Desa/Lurah setempat, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,-. (format surat pernyataan1);
  14. Surat Pernyataan bersedia mentaati Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau melanggar peraturan pendidikan dan diketahui oleh orang tua/wali, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,-. (format surat pernyataan2);
  15. Surat Pernyataan siap diberhentikan tanpa menuntut dimuka pengadilan melalui PTUN jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi maupun menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan dan pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila, berdampak hukum atau tidak, yang dinyatakan secara tertulis dan ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,-. (format surat pernyataan3);

B. KELENGKAPAN ADMINISTRASI PENDAFTARAN :

Pada saat mendaftar kepada Panitia, para Calon Peserta Tes diwajibkan menyampaikan kelengkapan administratif sebagai berikut :
  1. Fotocopy Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
  2. Pasphoto berwarna menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata dengan latar belakang warna merah berukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar, dan 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
  3. Menyerahkan berbagai surat pernyataan yang telah ditentukan;
  4. Syarat pendaftaran disusun rapi dan dimasukkan kedalam stofmap berwarna biru bagi pelamar pria dan stofmap berwarna merah bagi pelamar wanita.

C. WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN
  • Tempat Pendaftaran:
    Pendaftaran dilakukan oleh peserta seleksi CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014 pada Badan Kepegawaian Daerah atau sebutan lainnya di Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.
  • Waktu Pendaftaran:
    Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli 2013 s.d. tanggal 13 Juli 2013.

D. SYARAT-SYARAT MENJADI CALON PRAJA IPDN :
  1. Lulus Persayaratan Umum/Administratif; 
  2. Lulus Tes Psikologi ; 
  3. Lulus Tes Kesehatan yang dinyatakan oleh Tim Penguji Kesehatan Provinsi; 
  4. Lulus Tes Kesamaptaan yang dinyatakan oleh Tim Kesamaptaan Provinsi; 
  5. Lulus Tes Akademis yang terdiri dari: Pancasila; UUD 1945; Pengetahuan Umum (Sejarah, Kebijakan Pemerintah, Otonomi Daerah, Hukum, Pengetahuan Dalam dan Luar Negeri); Bahasa Indonesia; Bahasa Inggris; Matematika. 
  6. Lulus Tes Penentuan Akhir (PANTUKHIR);

E. TAHAPAN SELEKSI/MATERI UJIAN DAN WAKTU PELAKSANAAN UJIAN
Seleksi dilakukan melalui tahapan sebagai berikut :
  1. Tahapan Seleksi Penerimaan CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014 menggunakan SISTEM GUGUR, meliputi:
    • Seleksi Administrasi; 
    • Tes Kompetensi Dasar (TKD);
    • Tes Kesehatan;
    • Tes Kesamaptaan/Jasmani;
    • Tes Psikologi dengan penambahan sub item Tes Integritas dan Kejujuran;
    • Cek Ulang Kesehatan;
    • Cek Ulang Kesamaptaan/Jasmani; dan
    • Wawancara Penentuan Akhir (Pantukhir).

  2. Materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) untuk mengukur kecerdasan majemuk (multiple intelligences) CPNS Calon Praja IPDN, disiapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang terdiri dari:
    a. Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
    b. Tes Intelegensi Umum (TIU); dan
    c. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
  3. Seleksi Administrasi oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri); 
  4. Tes Psikologi oleh Lembaga Psikologi yang ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri dilaksanakan di Ibu Kota Provinsi (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri); 
  5. Tes Kesehatan dan Kesamaptaan dilaksanakan di Ibu Kota Provinsi (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri); 
  6. Tes Akademis oleh Kementerian Dalam Negeri dilaksanakan di Ibu Kota Provinsi (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri) dengan 
  7. Penentuan Akhir dilaksanakan oleh Panitia Penentuan Akhir yang ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang Jawa Barat (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri). 
  8. Penyampaian Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Kelulusan dan diterima menjadi Calon Praja IPDN di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang Jawa Barat (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri).

F. LAIN-LAIN
  1. Persyaratan umum/administratif selain Angka Romawi II di atas, dipenuhi setelah Peserta dinyatakan Lulus Tes Akademis; 
  2. Kelengkapan persyaratan administratif yang harus diserahkan oleh peserta pada saat mendaftarkan diri kepada Panitia Kabupaten/Kota dibuat dalam rangkap 3 (tiga), disusun rapi dan dimasukkan kedalam stofmap berwarna biru; 
  3. Bagi peserta seleksi Calon Praja IPDN yang pada tahun 2013 masih berada di kelas XII SMA/MA, dan dikemudian hari ternyata yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus SMA/MA dan/atau nilai rata-rata STTB SMA/MA tidak memenuhi syarat (ditentukan setelah ada pengumuman resmi dari Kementrian Dalam Negeri) maka dinyatakan GUGUR walaupun yang bersangkutan telah dinyatakan lulus seleksi sebagai Calon Praja IPDN. 
  4. Tes Kehamilan dan Tes Narkoba akan dilakukan pada saat penentuan akhir di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang Jawa Barat; 
  5. Biaya seleksi untuk setiap tahapan tes dibebankan kepada peserta seleksi. 
  6. Seleksi penerimaan Calon Praja IPDN menggunakan sistem gugur yaitu para peserta dapat mengikuti tahap seleksi berikutnya apabila dinyatakan lulus/memenuhi syarat pada tahap sebelumnya. 
  7. Pelamar yang dinyatakan tidak lulus tes, maka seluruh kelengkapan administrasi pendaftaran yang diserahkan tidak dikembalikan. 
  8. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014 berhak mengikuti Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (Diploma IV) dan siap ditempatkan di Kampus IPDN Pusat atau Kampus IPDN Daerah
  9. Apabila terdapat pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan untuk dapat diterima menjadi CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014 dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut. 
  10. Setiap tahapan dalam Seleksi Penerimaan CPNS Calon Praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014, dibawah pengawasan Komisi Pemberantasan Korupsi. 
  11. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada website Kementerian Dalam Negeri (www.kemendagri.go.id). 
Share this article :
Komentar :

91 comments:

  1. assalamu alaikum wr wb
    maaf sebelumnya saya dengar" info bahwa untuk bisa menembus IPDN harus menyediakan uang banyak karena jarang sekali yang bisa lulus murni. mohon penjelasannya dengan tegas dan dapat dipertanggungjawabkan!!!

    ReplyDelete
  2. me the next praja !
    aamiin .. :)

    ReplyDelete
  3. kk,,kalau orang gendut bisa gak ikut tes tu?
    Dan orang gendut ada gak yang dah di kampus tu?

    ReplyDelete
  4. @SUPRIADI ADI: sy tidak tahu banyak soal itu,, tapi kamu coba baca thread temen2 di kaskus,, banyak yang bahas soal itu..

    ini linknya
    http://archive.kaskus.co.id/thread/5860695/140

    @Dirga Y. Manggala : amin,, semoga sukses kawan

    @www.ariskesib.blogspot.com :
    aq juga gak tau yah,,,
    soalnya sy belum pernah berkunjung ke kampusnya..

    disyaratnya sih emang gak ditentuin berat badan,,, yang ada hanya tinggi badan saja..

    tetapi di rentetan tesnya ada tes kesehatan dan kesamptaan,,
    nahh,, dalam tes tersebut biasanya menuntut peserta harus memiliki berat badan yang ideal,,

    kurang lebih seperti,, jadi kalo mau lebih jelas,, kamu coba hubungi pihak kampus atau mahasiswa yang ada disana..

    Jl. Raya Jatinangor km 20, Sumedang, Jawa Barat.
    Telp. (022) 7798252 - 7798253
    Faks. (022) 7798256

    ReplyDelete
  5. Slam damai! Dalam pers administrasi Apakah hrus menyertakan ijazah/rapot sd/smp? Trus adakah contoh blangko surat pernyataan? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat pernyataan langsung diberi di BKD saat mendftar.

      Delete
  6. @Anonim : Ijazah/raport SD/SMP gak diminta koq,, jadi gak usah dilampirin,,, cukup ijazah SMA saja...

    biasanya Surat pernyataan tidak ditentukan formatnya secara khusus,,, jadi peserta membuat surat dengan format pada umumnya,,,

    tapi kita tunggu saja pendaftaran dimulai,, kali aja panitia tahun ini menyiapkan format khusus,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok terimakasih salam damai!

      Delete
  7. koq gx ada link untuk daftar online nya sieh????
    :/

    ReplyDelete
  8. apakah smk bisa iku kak ? Tolong dibalas ya ??

    ReplyDelete
  9. @Anonim: pendaftarannya emang gak online,, jadi kamu langsung saja ke lokasi pendaftaran yaitu di Badan/ Kantor/Bagian Kepegawaian masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota.. deket kan. terima kasih

    @yandi:
    yahh,, kalo ngeliat syaratnya sih gak boleh,,

    ReplyDelete
  10. @Muhamad Aried Nurpazriansyah: kalo mau direpost, silahkan aja,, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  11. kaka
    kalau tes nya apa ajah, dan mohon jelaskan satu persatu biar kami mengerti dan kami akan mempersiapkan semua nya buat tes..

    ReplyDelete
  12. kak, ada yang bilang phtonya htam putih ... yang bener yang mana ya ?

    ReplyDelete
  13. kok di web resminya ipdn nggak ada post tentang penerimaan praja baru ya, sebenarnya yang benar itu yang mana, di web lain malah, ipdn membuka pendaftaran setiap 6 bulan sekali. syarat yang di sertakan disini juga ada beberapa yang berbeda dengan yang di post di web yang lain, kaya photo, katanya harus background merah, eh di web yang lain ada yang bilang hitam putih.
    mohon penjelasannya min.

    ReplyDelete
  14. Tadi saya kepegawaian daerah tp katanya blu bka pndftaranny, gmna dunk, katanya trakhr dftar 17 mei 13

    ReplyDelete
  15. itu yang pertama kali di serahkan ke pemda yang persyaratan romawi I apa romawi II?? terima kasiih

    ReplyDelete
  16. bang jelas kapan buka pendaftarannya, bulan juni ya, soalnya saya uda ke BKD KAB katanya blm ada informasi

    ReplyDelete
  17. @Fauzy Syahrir Alawy :
    tesnya terdiri dari
    1. Seleksi Administrasi
    2. Tes Psikologi
    3. Tes Kesehatan dan Kesamaptaan
    4. Tes Akademis dengan Materi Seleksi IPDN tahun 2013 sebagai berikut :
    Pancasila
    UUD 1945
    Pengetahuan Umum (Sejarah, Kebijakan Pemerintah, Otonomi Daerah, Hukum,
    Pengetahuan Dalam dan Luar Negeri)
    Bahasa Indonesia
    Bahasa Inggris;
    Matematika.

    5. Penentuan Akhir (Pantukhir)

    @latifa aini :
    kalo memang begitu,, kamu siapin aja dua-duanya,, foto yang berlatar merah dan foto hitam putih,,, nanti pas kamu daftar tinggal kasih aja yang diminta panitia...

    @Mukti :
    pengumuman IPDN emang jarang di sebarluaskan lewat web mereka,,, biasanya hanya lewat pemda setempat atau pengumuman di kampus IPDN,,
    pendaftaran setiap 6 bulan sekali,, sya rasa itu keliru,, semua sekolah kedinasan hanya buka sekali tiap tahunnya...
    masalh fto, kmu siapin aja dua2nya,,
    perbedaan ini bisa terjadi,, penyebabnya karena informasi resmi dari IPDN susah untuk didapatkan..

    @shinta Adetya:
    bagus,,, bertanya langsung ke bagian kepegawaian daerah memang paling benar...
    kalo memang pendaftaran belum buka, berarti kamu masih punya waktu untuk melakukan persiapan..

    tapi ada kemungkinan terburuk, jangan2 jumlah pendaftarnya dibatasi sehingga PEMDA merahasiakan pendaftaran.
    tapi kita gak usah berfikir negatif,,
    jalan terbaik sekrang adalah,, kamu coba telepon langsung ke panitia pusat untuk mengkonfirmasi hal ini..

    Telp.(022) 7798252, 7798253


    @khoridatur rohmah:
    syaratnya kamu siapin semua dulu aja,, terus bawa semuanya dengan lengkap ke PEMDA,, nanti tanya saja yang dibutuhkan yang mana... mereka pasti memberikan pengarahan koq..

    @Arief Maulana :
    bagus,,, bertanya langsung ke bagian kepegawaian daerah memang paling benar...
    kalo memang pendaftaran belum buka, berarti kamu masih punya waktu untuk melakukan persiapan..

    tapi ada kemungkinan terburuk, jangan2 jumlah pendaftarnya dibatasi sehingga PEMDA merahasiakan pendaftaran.
    tapi kita gak usah berfikir negatif,,
    jalan terbaik sekrang adalah,, kamu coba telepon langsung ke panitia pusat untuk mengkonfirmasi hal ini..

    Telp.(022) 7798252, 7798253

    ReplyDelete
  18. Akh..semua sama, setali tiga uang...tanya d BKD setempat katanya blm ada pendaftaran,,,e setelah d konfirmasi lg katanya sudah tutup...Negeri ini memang aneh,,,pantas aja lulusannya juga aneh2

    ReplyDelete
  19. @Anonim: kamu konfirmasi lg kemana?
    pihak BKD?
    kalo iya,, berarti dugaanku benar,,
    pendaftaran mereka rahasiakan,
    agar jumlah pendaftar sedikit,,
    hal ini yang tidak benar,,
    benar2 tidak adil dan tidak terbuka..

    apa saja kata mereka?

    ReplyDelete
  20. kok di BKD kotaku belum ada pendaftaran yaa sampe skrang ? yg benar yg mana siihh
    udah bolak balik tapi gak ada kepastian.. huft.

    ReplyDelete
  21. Assifa Wildan5/30/13, 7:52 AM

    PMB IPDN kapan yah.???? ko gak ada kepastian tanggal dan kapan,, udah ke BKD teteeeeppp aja bilang belum ada,, Kalo di rahasiakan gimana yg pada minat IPDN bisa masuk,, gak adil ah,, :)

    ReplyDelete
  22. @Anonim dan Assifa Wildan :
    jika benar banyak yang belum buka pendaftaran,,
    berarti informasi yang saya dapat ini salah,,,

    trima kasih telah berbagi informasi,,
    sy akan coba cari info terbaru,,,
    tolong bantu juga yah mencari informasi...

    tetep semangat yah,,
    semoga para pegawai BKD bisa berbuat adil dan membuka pendaftaran untuk umum...

    terima kasih

    ReplyDelete
  23. Assifa Wildan5/30/13, 10:53 PM

    Iya bener kak,, g adil kalo dirahasiakan kaya gitu, kasian yang bener" niat mau daftar. Makasih yah kak.
    Kami tunggu info terkini, aktual, dan terpercaya hehe :)

    emmmm,, lha d kampus IPDN sendiri udah ramai pendaftar.?

    ReplyDelete
  24. Pakpahan

    setiap tahap dibayar oleh peserta ya? Mahal nga?
    Kuharap penerimaan tidak ada namanya rasis !!

    ReplyDelete
  25. @Assifa Wildan:
    Iya sy akan brusaha,,
    sjauh ini blum ada yg mau memberikan info resmi trkait pndftaran..

    @pakpahan:
    semua biaya pndaftaran ditanggung peserta,,
    gak mahal koq..

    wadduhhh,,, aq baru denger ada gituan..
    setahu sy gak ada rasisme koq..
    dapat info dari mana,, kq bisa brkesimpuln seprti itu?

    ReplyDelete
  26. Maaf mw tanya kak.. info remsi pendaftaran ipdnnya kpan ya? Makasih kak.

    ReplyDelete
  27. @Anonim: sy juga masih nyari2,,,
    sampe sekrang sy belum nemu info resmi terkait pendaftaran IPDN..
    kita sama2 tunggu aja yah....

    ReplyDelete
  28. Ini indonesia, yg namanya agama sering jadi permasalahan

    ReplyDelete
  29. @Pakpahan:
    iya ini memang indonesia,,
    dan indonesia memang beragam..

    saya rasa, itu gak akan jadi permasalahan,,
    percaya dan positif thinking aja,,

    panitia pasti berlaku adil,,
    karena saya yakin mereka juga pasti beraneka ragam agama, ras,, suku,, bahasa dan lain2nya..

    jadi mari kita positif thinking dan lebih fokus pada persiapanmu untuk masuk ke sana..
    terima kasij

    ReplyDelete
  30. saya datang ke bkd kata'a blm ada konfirmasi dari kemendagri, dan saya sudah datangi ke kantor walikota, ternyata mendapat jawaban yang sama, tapi di sini sudah ada dan sudah tutup pendaftarannya, info yang benar yang mana????????
    tolong kasih info lebih jelasnya....
    terima kasih...

    ReplyDelete
  31. @anonim:
    terima kasih karena memberikan tambahan informasi,,
    sebagian besar teman2 yang melakukan konfirmasi ke BKD juga berkata demikian...

    berarti informasi yang saya dapatkan kemarin ini kurang tepat,,

    jadi kita tunggu saja informasi selanjutnya,,

    saya juga mohon bantuan kalian,,
    jika kalian mendapatkan informasi yang lebih jelas,,
    mohon di share ke teman2 yang lain,, terima kasih

    ReplyDelete
  32. kirakira bulan brapa ya pendaftaran resminya ?

    ReplyDelete
  33. @Anonim:
    sy juga belum mendapat informasi,,
    saya tidak bisa maksimal mencari informasi karena sedang ikut diklat,

    ditunggu aja yah,,,

    ReplyDelete
  34. Syarat umur 21 tahun itu pertanggal berapa mas?
    Terus nilai nem rata rata min berapa.....
    nem saya 7.11 ngepres soalnya informasi donk mumpung belum terlampau jauh saya mendaftarnya?

    ReplyDelete
  35. apakah sudah ada informasi terbaru,terkait PMB ipdn ? soalnya di bkd kotaku belum ada... mohon informasinya,

    ReplyDelete
  36. Banyak tanya sih orang" ini, liat aja pembukaannya ada apa gak, ya kalau gak ada thun depan pembukaannya,

    ReplyDelete
  37. Kata.y d undur hingga p'tngahan juni tpi ini udah tgl 16 dan blum ada info resmi.y gimana dong???

    ReplyDelete
  38. IPDN. . .terima lulus SMK atau tidak nii. . .GAN?

    ReplyDelete
  39. ksian amat yak smk ga bsa ikud ga adil nih where the queen of justice,,,,

    ReplyDelete
  40. @Edo Obinaru dan
    huzaifah al-huzaifi :

    iya lulusan SMK tidak bisa medaftar,,,

    ReplyDelete
  41. Klo blm ad ijazah kluar,bsa ngk Surat keterangan lulus???

    ReplyDelete
  42. ass..
    kalo lulusan smk bisa ikut gak

    ReplyDelete
  43. kakak, saya pengen banget masuk IPDN...
    skrg saya baru tamat SMA, yang jadi masalah STTB dg IJAZAH belum keluar dan pihak sekolah tidak bisa mempercepat mengeluarkannya karna orang pusat belum memberi tahu nilainya... apa bisa diganti dengan SKHU sementara dan nilai rapor sebagai pengganti kak..?????
    please answer secepatnya kak.. :-)

    ReplyDelete
  44. @All:

    menurut syarat yang dibuat oleh IPDN,
    lulusan SMK tidak diperkenankan untuk mendaftar..

    kalo belum punya STTB atau IJAZAH,,
    seharusnya bisa menggunakan SKHU ataupun SKL,,
    karena kedua hal tersebut termasuk pengganti ijazah yang Sah...


    tapi untuk info lebih jelas dan akurat,, sebaiknya kamu datang ke tempat pendaftaran yang ada di kotamu,,
    tanyakan hal tersebut,, terima kasih

    ReplyDelete
  45. Ma'af, Juka telah memasukkan berkas pendaftaran, bagaimana kita bisa mendapat info berikutnya, misalnya pengumuman lolos seleksi administrasi, nomor test atau jadwal test, dll, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanyakan ke BKD atau tempat kmu mendaftar dulu...
      soalnya IPDN belum mempublish apa2 trkait seleksi atau tahapannya..

      Delete
  46. HMMMMP., Harus latihan dan belajar banyak" persiapkan diri lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anonim:
      iya.. banyak latihan yah.. smoga berhasil

      Delete
  47. Biaya masuk ipdn itu brapa?
    mohon infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anonim:
      Pendftaran kan di tiap daerh masing2.. dan bisa saja biayanya beda2.. IPDN juga tidak mencntumkan biaya pendftaran secara spesifik.. jdi sebaiknya kamu tanyakan ke BKD daerahmu.

      Delete
  48. Raden Bella Khaerina Septiani1/5/14, 11:11 AM

    semoga saya bisa bergabung untuk capra XXV 2014/2015, Aamiin Ya Robbal Allamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Raden Bella Khaerina Septiani..
      insyaAllah.. Amin ya robbal alamin

      Delete
  49. yakin di bawah pengawasan KPK. dilapangan kenyataannya berbeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo boleh tau, kenyataan di lapangannya gimana bro?
      mohon diperjelas. Trima kasih

      Delete
  50. Kak mau tanya apakah di setiap daerah itu dibatasi siswanya?
    Dan di ipdn itu ada uang sakunya gg kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo soal pembatasan perdaerah sy kurng tahu.. iya IPDN dapet uang saku

      Delete
  51. doain lulus UN & IPDN ya kaak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonim:
      amin... goodluck..
      semangat yah

      Delete
  52. kak udah ada ifo untuk tahu 2014/2015 blm??

    ReplyDelete
  53. Kak saya mau nanya kalo orang asli jawa tapi mau daftar di kalimantan itu bisa enggak kak? Kesempatannya berapa persen kaka
    Makasih

    ReplyDelete
  54. saya juga capra xxv , kalau dari arahan dari praja ... katanya tidak boleh , karna pendaftar harus berdomisili di daerah aslinya. lebih lengkapnya kunjungi http://www.ayuuuuuos.blogspot.com atau silahkan tanya di grub twitter Capra IPDN XXV @IPDNXXV . Terima kasih

    ReplyDelete
  55. bismillah, yaAllah ya tuhan kami lagi maha pengasih dan penyayang, permudahkan lah segala urusan hamba untuk dapat melanjutkan ke pendidikan IPDN ammin O:)

    ReplyDelete
  56. kalo mau daftar online wibsite ipdn apa ya

    ReplyDelete
  57. kalo mau daftar online wibsite ipdn apa ya

    ReplyDelete
  58. assalamualaikum
    pendaftaran capra IPDN tahun 2014 kapan ya? pendaftarannya bayar berapa? tes akademiknya mencakup apa saja? mohon informasinya
    terima kasih. wassalam

    ReplyDelete
  59. Terimakasih Infonya, kira kira untuk 2014 kapan ya?

    ReplyDelete
  60. Assalamualaikum kaka mau nanya kalo Madrasah Aliyah (MAN) bisa masuk IPDN ???

    Sekarang saya baru menginjak kelas 10.. :)

    Di tunggu infonya ka :D

    ReplyDelete
  61. putri oktaviani3/19/14, 10:09 PM

    Kak mau nanya ni, aku lulusan SMA SUMBAR 2013 boleh gk daftar tahun ini di BKD pekan baru?
    Mohon penjelasan nya kak..

    ReplyDelete
  62. putri oktaviani3/19/14, 10:09 PM

    Kak mau nanya ni, aku lulusan SMA SUMBAR 2013 boleh gk daftar tahun ini di BKD pekan baru?
    Mohon penjelasan nya kak..

    ReplyDelete
  63. Pendaftaran ipdn thn 2014-2015 kpan yahh gan

    ReplyDelete
  64. bulan 6 bro pndaftaranny

    ReplyDelete
  65. kalau tahun 2013 dulu sih mulainya lambat.. bulan juli baru buka pendaftaran.. semoga tahun ini juga lambat supaya persiapan bisa lebih matang :)

    ReplyDelete
  66. saya mau tanya, kapan dibuka pendaftaran penerimaan capra IPDN 2014/2015
    dan dimana di adakan pendaftaran dan seleksi misalnya saya sekarang di kota Medan?
    terima kasih

    ReplyDelete
  67. untuk syarat gigi boleh tidak min gigi yg tidak rata ? mnjadi masalah tidak

    ReplyDelete
  68. tanya dong kak, itu syarat yang nmr 10. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak sesuai dengan unsur pemeriksaan kesehatan;,, mksdnya tidak mata min/plus gitu ya kak?

    ReplyDelete
  69. kak utk ukuran tinggi badan perempuan memang harus 155cm ya ? kalo kurang sedikit gimana?

    ReplyDelete
  70. Aku bantu jawab ya, untuk syarat nmr 10 itu setau aku saat tesnya yg gak boleh pake. Untuk mata min max -1

    ReplyDelete
  71. Asskum gan...
    surat pernyataan ket. blm menikah, pengembalian biyaya dan ket. pelanggaran itu tulis tangan atau di ketik....
    thanks

    ReplyDelete
  72. Kapan pendaftaran untuk tahun 2014/2015 ? dimana tempat pendaftaran dan seleksi untuk kota Surabaya ?

    ReplyDelete
  73. terus untuk pendaftaranya harus bayar brapa juta yah...

    ReplyDelete
  74. bisa dilihat kok biaya masuknya disini gan untuk sarjana dan pascasarjana

    ReplyDelete
  75. pendaftaran ipdn 2014 kapan di bukak atmin..,?

    ReplyDelete
  76. ipung widiana dj7/16/14, 1:38 PM

    Kapan pendaftaran ipdn 2014 dibuka udah bulan juli ni???

    ReplyDelete
  77. tahun 2014/2015 pembukaan nya kapan ya ?

    ReplyDelete
  78. Assalamu'alaikum ka..
    Ka mau tanya ni,ka BKD itu kantor walikota bukan sih ka?kalo bukan kantor walikota,berarti BKD itu apa yah ka??dii daerah jakarta timur ka..

    ReplyDelete
  79. katanya sih pendaftaran akan dilaksanakan pada akhir bulan agustus mari kita tunggu yah gan

    ReplyDelete
  80. bro, nilaiku 69.34 (un + us dirata2) kira2 bisa ga ya bro? thx

    ReplyDelete

 

Pengumuman

Pendaftaran Terbaru

Admin

My Photo
Alumni STAN lulus tahun 2011, Pegawai DJP, Pin_BBm_"75753b8a" ID_Line_"muhammadarifahsan" Email_"muhammadarifahsan@yahoo.co.id"
Copyright © 2015. HiburDunia . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger