News Update :
Home » » Syarat dan Prosedur Pendaftaran STAN

Syarat dan Prosedur Pendaftaran STAN

Syarat dan Prosedur pendaftaran masuk STAN. Syarat dan tata cara pendaftaran USM STAN. Berikut ini adalah syarat pendaftaran yang harus dipenuhi calon peserta USM agar bisa mendaftar, selain itu terdapat juga prosedur atau tata cara pendaftarannya. 

Syarat dan prosedur pendaftaran USM STAN 2013/2014 banyak berbeda. Silahkan baca syarat dan prosedur terbaru disini. Informasi tambahan yang lebih rinci bisa kalian baca disini .  




Syarat Pendaftaran
  1. Berijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau yang sederajat untuk semua bidang keahlian/jurusan. 
  2. Nilai rata-rata pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan. 
  3. Nilai Bahasa Inggris pada ijazah minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) [bagi lulusan 2010 atau sebelumnya adalah nilai ujian tertulis (bukan praktik)]. 
  4. Bagi pendaftar yang menggunakan ijazah dari sekolah di luar negeri, ijazah yang bersangkutan harus disahkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Apabila nilai dalam ijazah tidak berupa angka, ijazah tersebut harus dilampiri surat keterangan dari sekolah yang bersangkutan tentang nilai rata-rata dalam angka dengan skala 10. 
  5. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah tidak kurang dari 17 tahun, dan tidak lebih dari 21 tahun sesuai pada tanggal yang ditetapkan panitia. Syarat ini bisa berubah sesuai ketentuan panitia. 
  6. Berbadan sehat, tidak cacat badan, dan bebas dari narkoba (narkotika dan obat terlarang). 
  7. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan. 
  8. Khusus untuk Program Diploma Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai, ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
    Berjenis kelamin laki-laki;

    Tinggi badan minimal 165 cm;

    Tidak buta warna;

    Bagi yang memiliki mata minus, tingkat minus mata yang diperbolehkan maksimal adalah minus 3.
     
  9. Menyetor biaya pendaftaran USM sebesar Rp150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah). Biaya Pendaftaran bisa berubah sesuai ketentuan panitia.
Prosedur Pendaftaran
Prosedur pendaftaran USM STAN bisa saja berubah, termasuk jadwal pendaftarannya. Untuk mendapatkan informasi tanggal pendaftaran tahun depan, silahkan hubungi pihak kampus. Secara lengkap, tahapan penerimaan STAN yaitu :
  1. Tahapan pendaftaran meliputi:
    - pengisian formulir pendaftaran online (e-registrasi);

    - pengiriman berkas pendaftaran;

    - penyetoran biaya pendaftaran setelah calon peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi; dan

    - pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU).
     
  2. Calon peserta hanya dapat melakukan pengisian formulir pendaftaran online (e-registrasi) melalui situs http://usm.stan.ac.id pada tanggal yang ditetapkan panitia. 
  3. Berkas yang harus dikirimkan oleh calon peserta:- hasil cetak formulir pendaftaran online yang telah diisi secara lengkap dan ditempel pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm;
    - satu lembar fotokopi ijazah atau ijazah sementara/SKL/SKHU (bagi lulusan yang pada saat pendaftaran belum memperoleh ijazah) yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang
    -satu lembar fotokopi rapor tahun terakhir (Kelas XII Semester Ganjil dan Semester Genap) yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang- Berkas sebagaimana butir 3 di atas dikirimkan dalam amplop tertutup via pos kilat khusus pada tanggal yang ditetapkan panitia (cap pos) kepada Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAN dengan alamat PO BOX STAN JKS 12000. 
  4. Pengumuman hasil seleksi administrasi dan jadwal pengambilan BPU bagi calon peserta ujian dapat dilihat melalui situs http://usm.stan.ac.id pada tanggal yang ditetapkan panitia. 
  5. Calon peserta yang lolos seleksi administrasi dapat melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah) ke rekening Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN pada Bank Mandiri nomor 128-00-0554888-5, dengan ketentuan sebagai berikut:
    - setoran dapat dilakukan di setiap bank umum;

    - periode penyetoran ditetapkan panitia (sebelum pengambilan BPU);

    - bukti setor harus atas nama calon peserta ujian;

    -panitia tidak menerima bukti setor kolektif;

    - bukti setor harus disahkan/divalidasi petugas bank (tidak melalui ATM, Phone Banking, Internet Banking, dan lain-lain);

    - uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apa pun.
     
  6. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta melakukan pengambilan sendiri BPU (tidak dapat diwakilkan) di lokasi ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebagaimana butir 5 dengan:
    - menunjukkan hasil cetak formulir pendaftaran online;

    - menyerahkan bukti setor bank yang asli;

    - menyerahkan pasfoto yang sama dengan yang ditempel pada formulir pendaftaran ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 lembar; dan

    - menunjukkan bukti diri asli yang berfoto (ijazah/KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar).
     
  7. Pendaftar yang tidak memenuhi ketentuan butir 1 s.d. 7 di atas tidak akan dilayani dan dianggap gugur. 
  8. Tempat pengambilan BPU sesuai dengan pilihan lokasi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI). 
  9. Panduan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada situs http://www.depkeu.go.id, http://bppk.depkeu.go.id, dan http://www.stan.ac.id.
Share this article :
Komentar :

160 comments:

  1. waktu liat syarat usia masuk STAN tahun 2011 itu gak boleh kurang dari 17 thn pada tgl 01 September 2011, apa itu juga berlaku buat tahun 2013 nanti ? tgl sma bulannya tetep segitu cuma tahunnya diganti jadi 2013 ? soalnya aku baru 17 thn pas tgl 31 Oktober 2013..
    dijawab ya !! :)

    ReplyDelete
  2. tanggalnya ditetapkan oleh panitia...
    itu tidak mutlak..
    bisa saja berubah..
    kalo untuk pendaftaran tahun 2011 batasnya ditetapkan 1 september..
    untuk pendaftaran 2013 bisa saja 1 oktober,, 1 november,, atau bisa juga sebelum itu...

    jadi tidak ada tanggal yang tetap untuk penentuan umur...

    kita berdoa saja,, semoga tanggal yang ditetapkan panitia setelah 31 oktober itu,, biar kamu bisa mendaftar.. amin

    ReplyDelete
  3. hmm, amin !! makasih jawabannya !! :)

    ReplyDelete
  4. iya.. semoga bisa membantu..

    ReplyDelete
  5. pendaftaran STAN 2013 Kapan mulai di buka?

    ReplyDelete
  6. @Sintia Nofriska : belum ada info resmi tentang tanggal pendaftarannya...

    tetapi jika berkaca pada tahun 2011 dan tahun sebelumnya,
    biasanya info pendaftaran rilis sekitar pertengahan agustus sampai awal september,,

    ReplyDelete
  7. terus update tentang stan ya kak. . Pendaftaran aku tunggu, makasih :)

    ReplyDelete
  8. @Anonim : insyaAllah,, kalo ada info terbaru,, sy pasti share sama kalian..
    semoga info yang saya bagikan bisa bermanfaat..

    ReplyDelete
  9. ikhsan rizkianto1/18/13, 8:26 PM

    bagamana klo lulusan sarjana S1. apakah bisa mendaftar STAN...??

    ReplyDelete
  10. @ikhsan rizkianto :
    pada syarat no. 5

    Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah tidak kurang dari 17 tahun, dan tidak lebih dari 21 tahun sesuai pada tanggal yang ditetapkan panitia. Syarat ini bisa berubah sesuai ketentuan panitia.

    dan biasanya lulusan S1 itu umurnya sudah lebih dari 21 tahun, sehingga tidak bisa ikut mendaftar..

    ReplyDelete
  11. trimakasih infonya gan bermanfaat banget!
    apa sampai sekarang belum ada pengumuman mengenai pendaftaran stan? Kira2 bakal dibuka bulan apa?

    ReplyDelete
  12. saya harap tidak ada batas minimal umur untuk tahun 2013 ini karena betapa kasihannya anak berprestasi yang mendapatkan kelas khusus percepatan belajar (akselerasi)yang tidak dapat mengikuti usm stan dan gugur pada tahap administrasi kak kalau ketemu sama rektor nya sampaikan aspirasi rakyat hehe :D

    ReplyDelete
  13. MAAF BARU BALAS, 3 MINGGU KEMARIN SAYA IKUT PRAJABATAN, HARAP MAKLUM, TERIMA KASIH

    @anonim :
    smpai sekrang belum ada informasi,,
    mungkin sekitar agustus..

    soal batas umur biasanya selalu ada,, karena syarat untuk jdi PNS kan juga ada minimal umur,,
    jadi disesuaikan,,,
    kalo emang umurnya belum sampai,, ya ditunggu aja sampai udah cukup, terus ikut mendaftar,,
    semoga bisa dimengerti,, terima kasih

    ReplyDelete
  14. Pendaftaran sampe skrg blom di buka?

    ReplyDelete
  15. Mau tanya kak, lulusan SMK NEGERI jurusan OTOMOTIF apa bisa masuk STAN ? TERIMAKASIH.

    ReplyDelete
  16. kak lulusan SMK NEGERI jurusan otomotif bisa apa nggak masuk STAN.
    Kan aku lulusan tahun ini , mendaftar pada tahun depan apa bisa yah kak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  17. @zhAie-dhA : sabar yah,, pendaftaran STAN memang selalu belakangan,, biasana sih sekitar akhir agustus atau awal september baru ada info pendaftaran..

    tetapi banyak rumor yang beredar,, mengatakan bahwa pendaftaran tahun akan buka pertengahan tahun,,, jadi ditunggu aja,,
    semga infonya cepat keluar,,, amin


    @Anonim : syarat pendaftaran no.1 mengatakan bahwa yang boleh mendaftar yaitu siswa yang "Berijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau yang sederajat untuk semua bidang keahlian/jurusan."

    jadi apapun jurusanmu, bisa daftar STAN koq..

    mendaftar tahun depan juga boleh,, asal umurmu tidak melewati batas yang ditentukan panitia. biasanya 21 tahun

    ReplyDelete
  18. ada gosip yang katanya yang lulus stan tuh biasanya yang udah ikut karantina n biayanya mahal...
    tu bener ga??
    q lulus tahun 2012,,
    brarti masih bisa daftar khan?

    ReplyDelete
  19. gosip itu salah besar,, gak ada karantina ataupun biaya mahal di STAN..
    iya,, lulusan tahun 2012 masih bisa daftar koq,
    umur kamu belum 21 kan?

    ReplyDelete
  20. semoga saya diterima di STAN !! aminn

    ReplyDelete
  21. @anonim.. amin,, yang penting banyak latihan soal yah,,
    kmu download aja soal2 yg ada di blog ini,, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  22. Bagaimana kalau nilai bhs Inggris sya tidak sesuai dgn syarat2 diatas...Nilaiku hanya rata 6..

    ReplyDelete
  23. @Andi Siti ruqayah :
    nilai bahasa inggris harus 7,, kalo dibawah itu, berarti gak bisa daftar...

    tapi gak tau deh untuk tahun ini,,
    mungkin saja standarnya diubah,,
    karena sistem kelulusan kalian lebih ketat dan berbeda dari tahun seblumnya..

    kita berdoa aja,, semoga standar tersebut diturunkan,
    agar kamu dan teman2 yang lain bisa mendaftar..
    amin

    ReplyDelete
  24. nilai ijazah b.inggrisnya itu di lihat nilai akhir ya? atau nilai un saja?

    ReplyDelete
  25. untuk tahun ini,, syarat khusus untuk bahasa inggris gak ada,,

    jadi cuma ini saja :
    Nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah atau ijazah sementara/SKL/SKHU (bagi lulusan tahun 2013 yang pada saat belum memperoleh ijazah) tidak kurang dari 7,00 dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan

    untuk syarat pendaftaran maupun informasi lainnya untuk tahun 2013-2014 bisa kamu lihat disini,,
    http://hiburdunia.blogspot.com/2013/06/usm-stan-tahun-20132014.html

    ingat yahh,, tanggal 7 sudah bisa mentransfer biaya pendaftaran,,
    dan tanggal 10 mulai registrasi online..

    ReplyDelete
  26. itu yang biaya registrasi...buat tahun 2013 juga sama?

    ReplyDelete
  27. milla.alim@gmail.com6/5/13, 1:25 PM

    kapan dapat mengisi formulir???

    ReplyDelete
  28. kak, nilai rata-rata ujian tulis itu mksdnya rata-rata nilai UN atau nilai UN + nilai sekolah ???

    ReplyDelete
  29. @Anonim : biaya registrasi untuk tahun 2013 adalah 150ribu,,
    untuk informasi lebih lengkap, silahkn lihat pengumuman pendaftaran untuk tahun 2013/2014
    Disini

    @milla.alim@gmail.com :
    pendaftaran online dimulai tanggal 10 juni,,
    untuk informasi lebih lengkap silahkan baca

    Disini

    @galuh rskypratiwi:
    iya betul sekali,,
    semua nilai ujian tertulis kamu,,
    baik itu ujian nasional maupun ujian sekolah.

    semua nilai mata pelajaran dijumlahkan kemudian dibagi dengan jumlah mata pelajaran,,
    kalo rata-ratanya diatas 7, kamu bisa daftar

    untuk informasi pendaftaran tahun 2013/2014
    bisa kamu baca
    Disini

    ReplyDelete
  30. maaf kak mw tnya nie,,,
    cara dftar online ny gmana yha kak ?

    ReplyDelete
  31. @anonim:

    nanti kamu buka aja usm.stan.ac.id pada tanggal 10 juni 2013..

    panduan pendaftaran ada disana koq nanti..
    sekrang masih belum bisa diakses,, karena belum buka pendaftaran onlinenya,,, jadi ditunggu aja yah...

    ReplyDelete
  32. kak nilai rata-rata ujian nasional aku gak smpe 7 tapi kalo d tambah sma nilai skolah lebih dari 7 masih bisa ikut tes kan kak ??

    ReplyDelete
  33. @galuh rskypratiwi:
    jadi, cara menghitungnya itu adalah

    semua nilai ujian tertulis yang tertera di ijazah, baik itu ujian nasional maupun ujian sekolah kamu jumlahkan kemudian hasilnya kamu bagi dengan jumlah mata pelajaran,,

    kalo rata-ratanya diatas 7, kamu bisa daftar

    kalo melihat kondisimu,,
    tentu saja kamu bisa mendaftar,,
    karena rata-rata seluruh mata pelajaran di atas 7

    semoga sukses proses pendaftarannya

    ReplyDelete
  34. ohh iyaiya makasih kak :)

    kak, berkas2 yg dikirim nanti apa aja ???

    ReplyDelete
  35. @galuh rskypratiwi: sekrang berkasnya gak dikirim,,,
    tapi dibawa langsung ke tempat verifikasi berkas yang telah ditentukan panitia..

    berkas2 yang dibawa itu ada di bagian Tata cara pendaftaran poin 5, kamu bisa baca disini

    ReplyDelete
  36. Kak mau nanya, kalo misalkan nilai rata rata UN nya kurang dr 7 gmana? Tp pas d satuin sama nilai US, nilainya d atas 7. Gimana tuh kak? Bingung bgt :(

    ReplyDelete
  37. @Anonim:
    untuk lebih jelas,, sebaiknya kamu baca saja disini,,
    penjelsan disana lebih rinci..

    ReplyDelete
  38. Min, spesialis beacukai, itu semi militer gak sih ? Serem jadi pengen ke situ :( apa pake kekerasan ??

    ReplyDelete
  39. jd,kak..law telat ampe skrg ru daftar administrasinya boleh gk..

    ReplyDelete
  40. kalau,nilai bhasa indonesia'a 5,70 gk ngaruh kan kak.,

    ReplyDelete
  41. @viktorinus triwardani:
    iya,, bea cukai memang semi militer,,
    tapi gak ada kekerasan,,
    disana yang dituntut disiplin yang tinggi..

    ReplyDelete
  42. @karminton:
    registrasi online kan masih sampai tanggal 20,, jadi kamu belum telat,,
    segera mendaftar yah..

    nilai bahasa indonesia segitu gak ngaruh koq,,
    yang penting rata2 keseluruhan mata pelajaran di atas 7

    ReplyDelete
  43. kak kalau tanggal 11 mentransfer pendaftaran nya gak papa..soal tgl 11 itu saya baru mulai pembayaran pendaftaran..
    satu lagi kak,,no ijazah nya kan gak ada,,SKHU dan ijazah lama lagi keluar..cuman ada SKHU sementara..No nya gak ada,,tu apa yg di tulis di kolom NO ijazah itu..soal nya pas ditulis no ijazah nya "0" lansung di simpan..itu keluar application error..gimana lagi ka?????????

    ReplyDelete
  44. Kak takut nanti gak bisa daftar gara2 no ijazah gak da..itu kan gak karna kami..karna di sekolah belum ada keluar ijazah n SKHU asli nya..
    gak tgl 11 pembayaran tu bisa lagi daftar ke STAN????
    kak ragu banget informasi itu....

    ReplyDelete
  45. @hanne aulia:
    batas untuk transfer biaya pendaftaran kan sampai tanggal 20 juni,, jadi gak masalah klo kmu kirim tanggal 11..

    kalo ijazah gak ada,,
    kamu pakai nomor SKHU smentara,,,

    tapi jika nomor SKHU juga tidak ada,,
    kmu masuk aja nomor peserta ujian,,
    atau nomor identitas pelajar.

    nanti kamu tunjukin juga kartu peserta ujian atau kartu pelajar untuk mencocokkan nomor yang kamu masukkan tersebut..

    ReplyDelete
  46. kak kartu pelajar nya gak di ambil dulu..gak papa pake no ujian waktu ujian nasional??
    tuk isi kotak No ijazah nya..

    ReplyDelete
  47. kak masih application error,,kalau di simpan gimana lagi kak???

    ReplyDelete
  48. kalo mau daftar secara online caranya gmana ya?

    ReplyDelete
  49. kak pas di kunci atau di simpan,,terus kluar application error kak...gimana lagi tu kak??????????

    ReplyDelete
  50. kak, fotonya boleh pke foto sekolah ??

    ReplyDelete
  51. kak, no pesreta itu no peserta UN ya kak ? menurut kakak masuki no peserta un aja atau NISN ?

    makasih sblmnya kak

    ReplyDelete
  52. @hanne Aulia:

    iya masukin aja nomor peserta ujianmu,,

    jadi meskipun udah masukin nomor peserta ujian,,
    registrasi tetap gagal yah?

    kmu cba lagi yah,,

    mungkin itu karena akses ke web tersebut sedang padat,,
    terima kasih



    @Anonim:
    download aja panduannya di

    disini




    @Anonim:
    penyebab munculnya application error tersebut,,
    disebabkan karena koneksi yang padat ke web usm.stan.ac.id

    dicoba lagi aja,,
    semoga berhasil
    amin




    @viktorinus triwardani :
    tentu saja ada ospek,,
    tujuan ospek kan untuk mengenalkan kampus beserta isinya kepada mahasiswa,,




    @galuh rskypratiwi:

    sebaiknya kamu fto lagi aja,, pake kemeja putih,,
    gak ada salahnya kan?

    tapi sebenarnya pake foto sekolah juga gak menyalahi aturan,,
    karena toh warnanya juga putih,,

    tapi saya sarankan kamu foto ulang aja,,
    heheh


    nomor pserta yang mana yang kamu maksud?

    kmu udah punya ijazah belum?
    kalo udah, kamu pakai nomor ijazah tersebut..

    ReplyDelete
  53. ijazahnya belum ada kak cuma ada skhu
    kata kk no ijazah itu boleh di ganti no peserta un atau nisn nah menurut kk yg sbaiknya yg mn ?

    ReplyDelete
  54. @galuh rskypratiwi :
    kalo kamu udah punya SKHU,,
    kamu harus pakai nomor SKHU tersebut,,

    tapi jika di SKHU juga tidak tercantum nomor suratnya,,
    yasudah,, kamu masukkan saja nomor peserta ujian nasional atau nomor kartu pelajar,,
    yang penting nanti kamu tunjukkan kartu peserta ujian nasional atau kartu pelajar tersebut saat verifikasi berkas...

    terima kasih,, semoga bisa dimengerti :)

    ReplyDelete
  55. terima kasih info2nya kak :)

    aku udah selesai kok dftrnya hhe

    ReplyDelete
  56. @galuh rskypratiwi :
    jadinya kamu pake apa?
    masukin nomor yang mana?

    ayo berbagi pengalaman,,
    hehehe

    ReplyDelete
  57. angkatan 2011 boleh daftar gag? lahirku 15 November 1992

    ReplyDelete
  58. @Anonim :

    yang boleh mendaftar adalah mereka yang lahir dari tanggal 1 September 1993 sampai dengan 30 September 1996

    infomasi lebih detail silahkan baca disini

    ReplyDelete
  59. Mau tanya min, untuk laki-laki fotonya boleh berambut gondrong?

    ReplyDelete
  60. aku pake no ujian nasional kak hhe tapi belum aku kunci kak

    kak, minta e-mailnya boleh ??

    ReplyDelete
  61. kak tgl lulus itu wkt hari kelulusan atau wktu d bagiin skhu ?

    ReplyDelete
  62. @Anonim:
    yang penting rambutnya rapih aja,,
    asal gak kayak preman,,
    hehehe


    @galuh rskypratiwi :
    koq belum dikunci,
    kenapa?
    nunggu batas akhir?

    heheheh

    ariefbulukumba@yahoo.co.id

    tanggal lulus itu tertera koq di ijazah..
    di SKHU juga kayaknya ada deh...

    ReplyDelete
  63. min jadi fotokopi ijazah dan fotokopi rapor itu dikirim via pos? Kalau dikirim sekarang masih sempet kan min?
    Min,ijazah kalau ga dilegalisir gimana?

    ReplyDelete
  64. @Nining Jumeida:
    fotokopi ijazah dan fotokopi rapor itu gak dikirim,,
    semua berkas pendaftaran nanti kamu bawa langsung saat verifikasi berkas...

    pengumuman jadwal verifikasi berkas nanti tanggal 23 juni..
    jadi waktumu masih banyak untuk melegalisir berkas..

    fotokopi ijazah itu harus dilegalisir

    ReplyDelete
  65. oh iya min, penyetoran biaya pendaftaran itu setelah calon peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi?

    ReplyDelete
  66. @Nining Jumeida :
    tahun ini bayar dulu baru registrasi online,,

    untuk syrat dan prosedur pendaftaran tahun 2013/2014,, kmu bisa baca
    disini

    ReplyDelete
  67. makasih banyak min infonya :)

    ReplyDelete
  68. hihiudah d kunci kak tinggal d print aja
    makasih byk kak buat info2nya :)

    ReplyDelete
  69. ada persyaratan perlu nilai rapot tidak? misalnya legalisir rapot

    ReplyDelete
  70. ya allah gk di bls

    ReplyDelete
  71. @Nining Jumeida:
    iya sama2 :)



    @galuh rskypratiwi :
    oh gitu,, yaudah,, asal jangan sampe lupa di print yah,,
    biasanya setelah jadwal registrasi online selesai,,
    website tersebut sudah tidak bisa diakses lagi..


    @Anonim :
    dipengumumannya memang tidak meminta syarat seperti itu,,
    tetapi tidak ada salahnya jika siapkan,,
    siapa tau akan berguna suatu saat nanti....



    maaf balasnya lama,, saya lagi sibuk,,
    harap dimaklumi,,
    terima kasih

    ReplyDelete
  72. kak pas d print kertasnya ke potong gak pp kan ?

    ReplyDelete
  73. kalo dari jurusan bahasa gimana min? bisa gak?

    ReplyDelete
  74. @galuh rskypratiwi : tidak apa2, memang otomatis tercetak dua halaman,,,,, kamu printnya pake kertas F4 kan?



    @Anonim: tidak masalah,,
    syarat pendaftarannya adalah lulusan SMA/sederajat,,
    jadi apapun jurusan,, baik itu IPA/ bahasa/ atau jurusan SMK,

    semuanya boleh mendaftar asal memenuhi syarat administrasi yang lainnya...

    ReplyDelete
  75. Kalau daftarnya besok, masih keburu gag kak ???

    ReplyDelete
  76. @ANonim :
    registrasi online,, kalo koneksinya lancar,,
    gak cukup sejam koq,,
    jadi sepertinya bisa lah,,

    pendaftaran juga masih buka sampai tanggal 20 juni jam 23:59

    ReplyDelete
  77. soalnya besok baru mau pergi ke banknya kak . Abis sbmptn . Rencana malamnya baru daftar .
    berkasnya apa'' aja kak yg mesti disiapin ???
    Ada yg mesti dikirim ke jkt gag ???

    ReplyDelete
  78. @Anonim :
    iya,,semoga aja sempet,,
    semangat yah,,
    dan semoga nanti saat registrasi online lancar,,
    berkas tidak dikirim,, tetapi kamu bawa secara langsung saat verifikasi berkas,, sesuai dengan jadwal yang akan ditentukan tanggal 23 nanti..


    @galuh rskypratiwi:
    kamu print lagi pake kertas F4/legal yah..

    ReplyDelete
  79. hanne aulia6/19/13, 4:40 PM

    kak berkas yg dikirim itu,,pakai surat ket.berbadan sehat dan tidak buta warna???
    kalau foto nya kan di wajib kan pakai kerudung???

    ReplyDelete
  80. @Hanne Aulia:
    tidak ada berkas yang dikirim, Semuanya dibawa langsung saat verifikasi berkas,,,

    tolong baca dengan detail syarat pendaftaran USM STAN tahun ini,,
    baca disini

    untuk lebih rinci bisa lihat disini

    foto tidak diwajibkan pakai kerudung,,,
    tetapi jika kamu pakai kerudung,
    warnanya harus putih,,
    terima kasih

    ReplyDelete
  81. Surat apa aja yang mesti diverifikasiin kak ???
    Nanti kalo daftar ftonya ditempel atau langsung dimasukin aja kak ???

    ReplyDelete
  82. min mau nanya kalo aku ngisi nilai ujian pake nilai us+un cuma 6 mapel aja gimana? masalahnya udah aku kunci datanya terus aku harus gimana ya min? tolong bales ya min penting banget :(

    ReplyDelete
  83. @Anonim : untuk kelengkapan berkas,,
    tolong baca dengan detail syarat pendaftaran USM STAN tahun ini,,baca disini

    untuk lebih rinci bisa lihat disini

    untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat, baca ini


    @Kinanti Alingga :
    kamu harus isi sesuai dengan yang tercantum di Ijazah/SKHU/SKL
    karena nanti akan diperiksa oleh petugas verifikasi,,

    kalo memang di SKHU kmu cuma ada 6 mapel,,
    itu gak jadi masalah..

    ReplyDelete
  84. sebenarnya ada 13 mapel ujian sekolah dan 6 mapel ujian nasional min tapi aku ngisinya malah yg nilai akhir ujian antara 6 mapel us+ 6 mapel un min terus gimana ya min? aku takutnya nggak lolos waktu verifikasi berkas :(

    ReplyDelete
  85. @Kinanti Alingga :

    itu berarti udah gak benar,, kamu udah menyalahi ketentuan,,

    sebaiknya kamu registrasi online lagi aja..
    masukkan sesuai dengan SKHU yang ada,,

    lihat contoh disini

    ReplyDelete
  86. Kak kalau pas daftar kita udah pilih lokasi ujian dipadang, trus pas dikunci berubah jadi jakarta . Gmn tu kak ???
    Bisa gag diubah ???

    ReplyDelete
  87. @Anonim : koq bisa berubah?
    kamu salah pilih kali?

    kalo emang mau diubah,,
    sebaiknya registrasi ulang lagi aja,,
    semoga aja bisa,,
    amin

    ReplyDelete
  88. Udah dicek berkali-kali td kak . Ke ubah sendiri .
    Klo registrasi ulang itu harus bayar pndaftaran lg kak ??? Atau buat e-mail baru aja ???

    ReplyDelete
  89. @Anonim:
    tidak perlu bayar lagi,,
    cukup buat email baru dan registrasi lagi...
    semoga berhasil

    ReplyDelete
  90. Berhasil kak . Tp sah kan kak ???

    ReplyDelete
  91. Hanne aulia6/20/13, 9:32 AM

    KAK kalau mengeprint nya selembar pakai kertas A4,,tp di perkecil kak..soal nya udah di print,,bisa gak kak?????????
    pakai surat ket. sehat juga kak berkas nya??????

    ReplyDelete
  92. @Anonim :
    InsyaAllah Sah,, berdoa aja,, semoga proses pendaftarannya lancar.. amin



    @Hanne Aulia:
    kamu print pake F4 yah,,,
    terpotong 2 gak masalah,, jangan diperkecil...
    ikuti aja default yang tersedia..

    gak pake surat sehat koq,,
    itu belum diminta,,
    paling nanti kalo udah mau tes kesehatan baru dimintain...

    ReplyDelete
  93. Aamiin . Semoga kak .
    Masalahnya kak aku masukin data yg sama . Trus 22nya udh aku print jg . Apa ntar gag disangkain pemalsuan data kak ???

    ReplyDelete
  94. @Anonim :
    aminn..
    itu tidak akan jadi masalah,,
    pemalsuan data itu kalo kamu malsuin SKHU/KTP dan berkas2 lain

    lagipula,, registrasi online belum menentukan kamu diterima jadi peserta atau tidak,,
    karena nanti kamu akan diverifikasi berkas,,

    kalo udah lolos verifikas dan terima BPU,, barulah resmi jadi peserta,,


    jadi tidak usah terlalu hawatir soal registrasi online.
    ini sama halnya mengisi formulir pendaftaran..

    ReplyDelete
  95. Hanne aulia6/20/13, 8:48 PM

    kak no ijazah nya kan,,boleh diganti dg no siswa/no pelajar..tp kak,saya g' punya kartu pelajar nya...saya udah daftar online kak,,pake no pelajar..bisa di tunjukin bukti nya pake' surat ket. berkelakuan baik??
    soal nya ada data no pelajar di situ isi nya...

    ReplyDelete
  96. @hanne Aulia:
    setelah mendapat konfirmasi dari panitia STAN,,
    ternyata, kalo gak punya nomor ijazah,,
    kolom registrasi pada nomor ijazah tersebut cukup diisi dengan tulisan SKHU saja,,
    itu artinya bahwa,, apapun yang kamu isikan tidak akan terlalu berpengaruh,,
    jadi tidak usah hawatirkan hal tersebut..

    kamu sudah punya SKCK?

    ReplyDelete
  97. Salam, mohon infonya admin,
    pada cetakan kartu bukti
    pendaftaran online saya, saya
    menyesal terdapat kesalahan
    nomor ktp, dan saya isi dgn
    nomor pada judul kartu keluarga saya, jadi apakah
    saya masih bisa ikut usm stan?

    ReplyDelete
  98. belum di urus lagi kak,,kan kalau udah punya KTP kan g' harus pakai SKCK.. wajib pakai SKCK tu kak??
    kalau wajib biar di urus lansung kak..

    ReplyDelete
  99. @Anonim:
    koq bisa salah?
    kamu gak teliti yah?
    semoga aja bisa,,
    tapi saya yakin masih bisa koq,,
    berdoa aja..

    di verifikasi berkas, syaratnya adalah punya BPO serta berkas lainnya lengkap,,
    kamu kan punya semua,, jadi sy yakin kamu bisa lolos,, amin
    berdoa aja yah,,



    @Hanne Aulia:
    oh iya,, kalo udah punya KTP, gak perlu buat SKCK lagi,,
    maaf yah,, kirain kamu gak punya KTP dan tanda pengenal lain..
    heheheh

    ReplyDelete
  100. Hanne Aulia6/22/13, 8:19 AM

    hehehe..
    syarat2 nya udah lengkap ma saya koq kak..tinggal print n nempel foto dg matrai Zza x kak..
    oh ya kak,,kan berkas nya di letak kan di amplop folio,,di kasih sama panitia..alamat panitia di padang di mana kak??
    dan KTP nya di foto copy kan kak??

    ReplyDelete
  101. Kak jadwal verifikasi berkas tu cuma 1 hari aja kak ???
    trus pakaian untuk kesana bebas atau hitam putih kak ???

    ReplyDelete
  102. @Hanne Aulia:
    okey,,
    tanggal 23 nanti akan diumumkan koq dimana tempat verifikasi berkasnya..
    kamu liat dipengumuman itu aja yah..
    kamu fotokopi aja,, buat jaga2..



    @Anonim:
    tidak dek, verifikasi berkas gak sehari,,
    bisa jadi 2 minggu atau lebih,,
    jadi tanggal 23 itu akan diumumkan jadwalnya,,
    nanti kamu akan lihat disana, dapat giliharan tanggal berapa, jam berapa dan dimana..

    pakaiannya sopan dan rapih aja dek,,
    tapi bersepatu..

    ReplyDelete
  103. Hanne aulia6/23/13, 9:51 AM

    kak gimana cara lihat verifikasi di web nya gimana kak??
    udah di lihat tp gak da kak...

    ReplyDelete
  104. @hanne aulia:
    jadwalnya bisa kamu lihat di stan.ac.id atau bbpk.depkeu.go.id
    sekrang memang belum ada pengumuman,,
    bisa aja nanti siang,
    nanti sore,
    atau mungkin baru nanti malam baru nongol,,
    jadi ditunggu aja yahh,

    ReplyDelete
  105. saya nanti lulusan 2015 udah siap siap dari sekarang T_T

    btw itu di Syarat dan prosedur masuk stan : Nilai rata-rata pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan.
    Nilai Bahasa Inggris pada ijazah minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) [bagi lulusan 2010 atau sebelumnya adalah nilai ujian tertulis (bukan praktik)]. itu Ijazah SMP & SMA apa SMA nya aja ?
    terus saya mau ambil jurusan bea cukai nih , itu fotokopi rapot Kelas XII semester 1&2 aja , jadi itu yg dilihat cuma nilai total Kelas XII semester 1&2 aja dong ? nilai kelas X-XI nya gak dilihat / digabung dan dirata rata sama nilai kelas XII nya ? tolong bales

    aldodenny@hotmail.com

    ReplyDelete
  106. @aldodenny@hotmail.com:
    1. Nilai rata-rata pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan.
    Nilai Bahasa Inggris pada ijazah minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) [bagi lulusan 2010 atau sebelumnya adalah nilai ujian tertulis (bukan praktik)]. itu Ijazah SMP & SMA apa SMA nya aja ?

    jawaban : Nilai pada Ijazah SMA aja

    2.itu fotokopi rapot Kelas XII semester 1&2 aja , jadi itu yg dilihat cuma nilai total Kelas XII semester 1&2 aja dong ? nilai kelas X-XI nya gak dilihat / digabung dan dirata rata sama nilai kelas XII nya ? tolong bales

    Jawaban, nilai kelas XII aja,, yaitu semester 1&2,,
    nilai kelas I dan II tidak perlu,,,


    ini syarat untuk penerimaan tahun 2011,,
    ada sedikit perbedaan untuk penerimaan tahun 2013,,
    kamu bisa lihat syaratnya disini
    http://hiburdunia.blogspot.com/2013/06/usm-stan-tahun-20132014.html

    syarat pendaftaran STAN tiap tahun bisa berubah,, oleh karena itu, diharapkan kamu lebih proaktif untuk mengupdate informasi,,
    kamu bisa dapatkan semua informasi tentang STAN di blog ini, termasuk soal2 masuknya,,

    semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih

    ReplyDelete
  107. kak saya sekarang kelas 3 SMA trus saya mau coan medaftar di STAN tapi saya lihat ada tes bahasa inggris kebetulan saya tidak suka bahasa inggris jadi kurang membaca dan kurang kosa kata. kalo tes bahasa inggris, tes yang seperti apa??? katanya kalo mata sudah minus,tidak bisa masuk sekolah kedinasan, sekarang saya sudah minus 2,5.. bagaiman tuh kak? tolong di jawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tesnya kayak tenses atau grammer.. ada reading juga..
      download aja soal yg ada di blog.. kmu bisa liat tipe soal bhs. Inggrisnya.

      enggak juga koq.. tmen sy ada yg minus 6. Tpi bs msuk STAN koq.. jgn hawatirin soal itu

      Delete
  108. Kak masuk stan tinggi badan untuk cewek minimal berapa? Brt badan harus idealkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @intan:
      gak ada standar tinggi badan koq buat cewek...
      Dan gak harus ideal..
      yang penting sehat

      Delete
  109. kak nilai b.inggris un saya kan 6,6 tapi kan saya lulusan 2013 nah kan nilai di ijazah dicampur sama us jadi 7,1 , lha itu masih bisa daftar nggak kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa koq..

      syarat untuk tahun lalu bisa kmu lihat di http://www.hiburdunia.com/2013/06/usm-stan-tahun-20132014.html

      Delete
  110. Ka, emang bener nanti kalo kita lolos masuk STAN, kita tinggal di asramanya? Before, thanks:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tafana komalasari:
      STAN tidak diasramakan..

      Delete
  111. Kak info pendftaran sm syarat2 ny stan 2014-2015 bsa dlihat di web mna? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Desi fitsa:
      belum ada info pendftaran..
      kmu bisa pantay web resminya di www.stan.ac.id

      Delete
  112. Kak mau tanya. Umurku 16 skrg. Nanti 17 agustis baru 17yo. Bisa gak daftar?

    ReplyDelete
  113. Kak kalo persyaratan tinggi itu berlaku buat semua jurusan di STAN atau buat kepabean aja?

    ReplyDelete
  114. Kak nilai un kimia ku 4,5 tpi rata rata nya semua 7 keatas bisa ga ya untuk tahin 2014

    ReplyDelete
  115. kalau prosedur masuk stan masih kaya yang kemarin kak?
    terus pendaftaran untuk tahun 2014 kapan kak?

    ReplyDelete
  116. syaratnyakan harus tidak cacat fisik tapi klo cacat bagaimnana
    hanya 2 jari yang cacat tapi tetap bisa menulis dll

    ReplyDelete
  117. Assalamualaikum
    nama saya wisnu
    Mau nanya nih
    Ijazah yg dikumpulkan sma aja kan???

    ReplyDelete
  118. Thanks sob Infonya, mampir dimari juga yach...
    www.tubeave.com

    ReplyDelete
  119. Kak, saya mau tanya, rumah saya di surabaya. Saya ingin masuk STAN setelah lulus nanti. Pendaftaran STAN tahun ajaran 2014/2015 kapan di buka, dan dimana tesnya? Mohon balasannya, terima kasih.

    ReplyDelete
  120. Ass setelah lihat pnduan dftar online usm stan disitu di tanya tentang berkacamata. Minus mempengaruhi ya kak?

    ReplyDelete
  121. itu yang 7,0 itu nili ujian nasionalnya atau nilai akhirnya?

    ReplyDelete
  122. kalau belum punya KTP gimana?

    ReplyDelete
  123. kak gimana nih kalu kemarin bayarnya lewat atm ?? masih bisa ikut tes ?

    ReplyDelete
  124. saya lahir 1996 jika masup tahun 2015 bisa tidak???
    sedang kak saya 1994 bisa masup juga tidak???

    ReplyDelete
  125. Semoga Qu bsa masuk STAN ...amien...

    ReplyDelete
  126. Semoga Qu bisa masuk STAN ...amien...

    ReplyDelete
  127. DOAKAN AKU YA SEMUA PEMBACA MUDAH-MUDAHAN AKU MASUK -STAN .....amien ya robbal alamin....

    ReplyDelete
  128. gimana kalau usianya belum 17 tahun, 4 bulan lgi bru 17 tahun?
    itu boleh gk daftar?

    ReplyDelete
  129. bulan desember bru usia 17 , itu gimana ya?

    ReplyDelete
  130. kalau nilai raport atau piagam saat menang lomba apa berpengaruh?

    ReplyDelete
  131. saya anak singaraja bali apakah jika saya nanti mengikuti usm apakah diselenggarakan di jakarta atau dimana? tolong bantu saya :)

    ReplyDelete
  132. Untuk yang mata min max nya cuma 3 gak boleh lebih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal gak milih bea cukai, mata min lebih dari tiga boleh koq

      Delete
  133. Untuk berat badan berpengaruh min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal gak milih jurusan bea cukai. berat badan gak berpengaruh koq

      Delete
  134. Kalau gigi saya kan nggak rata min. Apa bisa masuk kesana ?

    ReplyDelete
  135. pagi kak, mau nanya nih, pendaftaran stan tahun 2015 kapan di mulainya?
    pemilihan jurusan D I/DIII di tentukan/pilih sendiri dan pendaftaran online gimana ya kak?
    tolong di jawab, terima kasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tau.. kemungkinan juni atau juli.
      kita ngajuin 6 pilihan jurusan saat daftar.
      dan yg nentuin kita masuk mana adalah panitianya

      Delete
  136. mas gigi nggak rata sama tanggal satu bisa masuk kepabean nggak ?

    ReplyDelete
  137. Kk cara merata2kn nilainya,nilai yg mn ja tu kk

    ReplyDelete
  138. assalamualaikum...kak saya mau tanya.
    apakah ada peluang lulusan sma ipa untuk diterima di stan??kalo ada,apakah materi kuliah diajarkan dari dasarnya banget??
    untuk sistem pengerjaan tes,apakah pengerjaanya seperti SBMPTN (kalo salah -1) atau seperti UN? Tolong dijawab ya ka,terimakasih

    ReplyDelete
  139. kak mau tanya nih saya baru umur 16 tahun boleh gk daftar stan untuk tahun ini (2015)

    ReplyDelete
  140. Kak, kalo tamatan 2014 nilai UN b.inggris kurang dari 7,0 bisa nggk?

    ReplyDelete
  141. Maksudnya nilai rata2 minimal 7.00 itu untuk per mata pelajaran atau rata2 pas udah digabungin semua mata pelajaran?

    ReplyDelete
  142. mas nilai un saya sudah di jumlahin trus di bagi 6 mata pelajaran, nilainya cuma 65 itu bisa masuk gak ya?

    ReplyDelete
  143. Kak kalau lulusan SMK bisa masuk STAN gak? Terus ngambil jurusan apa biar bisa masuk? Bles ya Kak, makasih:) pntng bnget soalnya

    ReplyDelete
  144. Aku baru lulus SMP kak, lah targetnya masuk STAN. Sedangankan aku pengennya SMK, terus apa masih bisa masuk STAN? Jurusan apa? AKUTANSI kah? Makasih Kak, tolong bles secepatnya:)

    ReplyDelete
  145. kak saya mau bertanya, untuk STAN angkatan 2015 sudah dibuka apa belum pndftarannya? kalau sdah mlai kapan kak?

    ReplyDelete
  146. maaf kak mau tanya ? kalau misalnya tidak ada prestasi yang kita punya bisa tidak ya daftar stan dan nilai un yang besar harus mata pelajaran apa ya kak?
    terimakasih sebelumnya kak ..

    ReplyDelete
  147. Kak saya udh 17tahun , tapi belum punya ktp, apakah bisa daftra stan? karena di fomulir pendaftaranya itu ada nomor identitas, itu diisi nomor apa? apakah nomor nisn?
    terimakasih

    ReplyDelete
  148. Kak, mau nanya no identitas yg di ijazah itu yg mana ya? Apa ijazah sttb atau skhu? Tolong kak balas, soalnya tanggal 12 sudah tutup pemdaftaran, makasih kak

    ReplyDelete

 

Pengumuman

Pendaftaran Terbaru

Admin

My Photo
Alumni STAN lulus tahun 2011, Pin_BBm_"75753b8a" ID_Line_"muhammadarifahsan" Email_"muhammadarifahsan@yahoo.co.id"
Copyright © 2015. HiburDunia . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger