feed

Blog ini berisi informasi sekolah tinggi kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan, cerita atau pengalaman pribadi, serta informasi positif dan berguna lainnya

Peluang lulus USM STAN 2013/2014

Presentase peluang lulus USM STAN 2013/2014. Persaingan untuk menjadi mahasiswa STAN memang berat. Hal tersebut terlihat dari jumlah pendaftar dan jumlah calon mahasiswa yang diterima sangat jauh berbeda. grafik dibawah ini menunjukkan perbedaan tersebut.






Peluang lulus terbesar yaitu pada tahun 2005 yang mencapai 3,56 % dan yang terkecil pada tahun 2007 yaitu sekitar 1,36%. Pada tahun 2007 tersebut juga merupakan rekor pendaftar terbesar untuk masuk perkuliahan, rekor tersebut tercatat pada rekor MURI. Jumlah pendaftar pada tahun tersebut adalah 125.770.

Berhubung karena tahun ini tidak ada pendaftaran, Rekor tahun 2007 tersebut bisa saja dipecahkan tahun depan, yaitu untuk tahun ajaran 2013/2014. Perkiraan rata-rata pendaftar stan 10 tahun terakhir  adalah 96.384. Jika siswa yang lulus tahun ini ikut mendaftar tahun depan, diperkirakan jumlah pendaftar tahun depan bisa mencapai 190.000 lebih.

Oleh karena jumlah mahasiswa yang diterima STAN relatif sama. yaitu antara 2000 sampai 3000 orang, maka peluang untuk masuk STAN tahun depan akan semakin mengecil. yaitu sekitar 1,58 %. Jumlah tersebut apabila total mahasiswa yang diterima adalah 3000. Jika yang diterima kurang dari 3000, maka peluang untuk masuk STAN akan jauh lebih kecil.

Melihat kondisi tersebut, adik-adik yang akan mendaftar tahun depan harus lebih memantapkan persiapannya. Latihan soal lebih banyak lagi, dan jangan sungkan untuk banyak bertanya kepada mahasiswa atau alumni STAN sekedar berbagi pengalaman.

semoga informasi ini mampu memacu semangat kalian. Tetap semangat yah kawan.

*catatan:
untuk tahun 2011 saya belum dapat data pasti terhadap jumlah tersebut, tapi diperkirakan jumlah pendaftar tahun 2011 hanya sekitar 45.000 orang.
sedangkan untuk tahun 2012, STAN memang tidak membuka pendaftaran.

63 Komentar Pada "Peluang lulus USM STAN 2013/2014"

  1. Persaingannya sangat ketat..
    Kata teman saya tes yang paling susah soal bahasa inggris.

    Anonymous says:

    kira2 1 bangku stan diperebutkan brapa org tuh?

    @Motamatika : iya sob,,, persaingannya memang sangat ketat... bisa dibilang sangat berat untuk masuk ke STAN..

    soal tes yang paling susah,, itu mah relatif sob,, tergantung orangnya masing-masing..
    tetapi saya setuju dengan itu,, menurut saya tes yang paling susah juga tes bahasa inggris.. heehehehe

    @Anonim : diperirakan aja sob,, untuk tahun depan, kemungkinan jumlah pendaftar bisa mencapai 190ribu... dan jika itu memang benar terjadi,, berarti satu kursi akan diperbutkan 60-65 orang...

    saya akan coba tahun ajaran 2013 doain saya para friendster,amin..

    perbanyak do'a dan usaha ..

    @adien situnggang : iya sob,, semoga beruntung yah,, semoga bisa masuk di STAN,, aminn

    @darda-gazebo : itu adalah kunci kesuksesan,, kerusaha dan berdoa untuk meraih yang diinginkan

    mohon doa ,,,,
    pasti kita masuk!

    Zakiyah Rahmiati says:

    Apa tahun 2013/2014 dibuka pendaftaran STAN nya ?

    @asep sitanggang : amin,,, tetep berusaha dan berdoa yah,,, semoga kamu bisa keterima

    @Zakiyah Rahmiat : menteri keuangan telah memastikan akan membuka pendaftaran tahun depan,, untuk infonya kamu bisa baca di link berikut

    http://hiburdunia.blogspot.com/2012/10/menkeu-memastikan-penerimaan-stan-tahun.html

    terima kasih,, semoga infonya bermanfaat

    Anonymous says:

    kapan usm stan 2013? kabari secepatnyaa yaa

    Anonymous says:

    aslkm,, ada y7ang alumni stan gak disini... khususnya bnea cukai.,,,,,, kalo ada mhon adikkmu ini deberi alamat email atau nmer hp untuk bertanya-tanya,,,, trims,,, hehehehe

    Anonymous says:

    aslkm,, ada y7ang alumni stan gak disini... khususnya bnea cukai.,,,,,, kalo ada mhon adikkmu ini deberi alamat email atau nmer hp untuk bertanya-tanya,,,, trims,,, hehehehe

    @Anonim : melihat dari tahun2 sebelumnya,, biasanya info pendaftaran baru akan muncul sekitar bulan agustus..

    Admin Hibur Dunia adalah Alumni STAN, tetapi dari jurusan Pajak, tetapi jika kmu mau bertanya tentang bea cukai, saya akan berusaha untuk memberi jawaban yang pas...

    jika kmu mau bertanya langsung,, kmu bisa pake lewat FB, yaitu dengan ngelike Fanspage kami,,
    kmu bisa tanya langsung disana,, dan secepat mungkin kami akan memberi balasan,,, terima kasih

    corry theresia says:

    benarkan usm stan dibuka tahun depan?
    :)

    @corry theresia:

    Insya Allah dek,, menkeu sudah memastikannya,,, kmu bisa baca di link berikut :

    http://hiburdunia.blogspot.com/2012/10/menkeu-memastikan-penerimaan-stan-tahun.html

    Tisna priyati says:

    Benar gag USM stan tahun 2013 akan d buka,, ? Truz cara daftar ny ge mna ? Apakah melalui sistem online aja ..?

    @Tisna priyati:

    insyaAllah akan buka,,,
    menteri keuangan udah memastikannya..

    kamu bisa baca di link berikut..

    Menkeu Memastikan Pendaftaran STAN tahun 2013/2014

    tata cara pendaftarannya, kemungkinan sama,,
    tetap dengan cara online..

    tapi apapun bisa berubah,,, kita liat saja nanti gimana pengumuman resmi dari kampusnya...

    sebagai modal kamu bisa baca syarat dan prosedur pendaftarannya di

    Syarat dan Prosedur Pendaftaran STAN

    Anonymous says:

    saya ingin tanya apa stan tidak buka penadataran di tahun 2013/2014

    toong jawab y..please

    :(

    Anonymous says:

    saya ingin tanya; apakah setelah lulus stan masih langsung diangkat jadi pns

    @anonim...
    informasi tentang dibuka atau tidaknya sudah saya jawab,, pertanyaan yang sama ada di koment atas,, silahkan dibaca...

    untuk diangkat atau tidaknya, ini jawaban yang bisa saya berikan..
    sebelumnya mohon maaf kalo jawabannya belum pas...
    sy mencoba memberi jawaban berdasarkan pengalaman yang sy...

    Perlu kita ketahui bersama bahwa proses untuk menjadi PNS memakan waktu yang cukup lama....
    prosesnya tidak instan, karena banyak hal yang harus dipenuhi sebelum SK tersebut dikeluarkan...

    Setelah mahasiswa STAN wisuda,,,
    proses selanjutnya adalah Penempatan Instansi...
    selang waktu antara wisuda dan pengumuman itu gak pasti,, kadang 1 bulan, 2 bulan,, bahkan bisa 5 bulan...

    sy wisuda akhir bulan 10 2011,,, penempatan instansi baru keluar bulan februari 2013,,, berarti sekitar 4 bulan...
    tetapi beberapa minggu sebelumnya sy harus ikut psikotes...
    mungkin tujuannya adalh menjadikan hasil psikotes itu sebagai dasar untuk penempatan... kalo yg ini cuma kira2 aja,,,hehehe

    selanjutnya...
    mahasiswa STAN menerima pengumuman,, bisa di BPK, BPKP, atau kementerian keuangan... (kementerian keuangan pun terbagi2, ada di DJP, DJA, DJKN, dll).... dasar penentuan ini saya tidak tau,, mungkin karena HOKI sy mendapat DJP..

    terhitung 5 maret 2012, sy harus OJT (on job training) selama 3 bulan dan kemudian dimagangkan sampai SK keluar..
    waktu magang juga tidak pasti,, tergantung instansi masing...

    kalo saat ini teman2 sy di BPKP sudah penempatan depinitif dan sudah resmi jadi PNS,, begitupun dengan BPK,,,
    tetapi sy yang di DJP belum keluar sama sekali,, saya masih menunggu pengumuman itu datang...

    prosesnya memang lama,, tapi bisa saya jamin bahwa,, semua lulusan STAN pasti diangkat menjadi PNS,,, yang membedakan hanya masalah waktu,, ada yang cepat,, dan ada juga yang lama seperti sy...

    semoga jawaban ini bisa memberimu sedikit pencerahan.. terima kasih

    Anonymous says:

    Asslkm,, Ka pd taun 2011 sy lulus tes TPA dan TBI STAN jurusan pajak (sy perempuan),tapi saya gugur di Tes kesehatan dan kebugaran'y..
    btw hal2 apa saja yg mjd dasar kelulusan tes kesehatan n kebugaran ?? oya trus apakah taun depan saya masih ada kesempatan bisa ikut USM STAN lagi apa gak y?? btw batas usia utk ndaftar STAN brp taun? trims

    @anonim :
    Waalaikum salam...
    untuk tes kesehatan dan kebugaran secara umum kamu bisa baca
    http://hiburdunia.blogspot.com/2012/08/tes-kesehatan-kebugaran-dan-wawancara.html

    semua yang ada di sana bisa saca berubah,, sesuai dengan ketentuan panitia,,, tapi secara umum tahapan tes kesehatan dan kebugaran seperti itu...

    untuk syarat penentuan lulus atau tidak,, sy tidak tahu,, semua itu kebijakan panitia..

    syarat pendaftaran bisa kmu baca
    http://hiburdunia.blogspot.com/2012/10/syarat-dan-prosedur-pendaftaran-stan.html

    disana tertulis kalo umur tidak boleh lebih dari 21 tahun pada tanggal yang ditetapkan panitia..
    tanggalnya juga tidak tetap,,
    bisa jadi 1 september, 1 oktober, atau 1 november...

    kalo pada tanggal tersebut umur kamu belum 21 tahun.. sy rasa kamu masih bisa daftar..

    semoga jawabannya bisa membantu,,
    terima kasih

    Anonymous says:

    assalamualaikum, saya ingin bertanya syarat lelulusan TPA dan TBI itu dengan jumlah berapa? terima kasih

    Anonymous says:

    Terima kasih kak penjelasannya, sangat detil.
    Ijin bookmark situs kakak dulu,
    untuk pantau perkembangan berikutnya :D

    Saya juga mau tanya sedikit kak,
    soal soal latihan USM STAN yang tersebar di internet
    terlalu banyak dan campur aduk, kalau boleh tahu
    ada nggak kak kumpulan latihan soal usm stan yg lengkap,
    terarah, dan bagus untuk dipelajari.
    Terima kasih.

    @Anonim :
    Syarat kelulusan TPA dan TBI..

    pada kedua tes tersebut terdapat nilai mati,,
    nilai mati dalam hal ini apabila jumlah benar yang anda jawab dibawah 40% dari total soal yang ada...

    jika soal TPA terdiri dari 120 nomor, itu artinya anda harus menjawab 48 nomor dengan benar,,
    jika dibawah itu,, otomatis anda mendapat nilai mati dan bisa dipastikan anda tidak lulus,,

    tetapi untuk bisa diterima di STAN, anda harus bisa menjawab sebanyak mungkin soal dengan benar,, karena persaingan untuk masuk ke sana sangat ketat,, jika bermodal lulus dari nilai mati saja,, itu belum cukup,,

    banyak latihan dan tetep semangat yah,,



    Soal Latihan STAN,,,
    untuk soal latihan STAN,,
    saya juga mempunyai contoh soal USM STAN yang cukup lengkap,,

    kamu bisa menjadikannya referensi untuk belajar..
    disana juga ada pembahasannya yang cukup jelas,

    di bagian kanan blog ini ada tulisan SOAL-SOAL STAN, kamu bisa klik dan download jika kmu butuhkan..

    semoga informasinya bisa bermanfaat..
    terima kasih

    Anonymous says:

    Ka, mau tanya.. apakah penerimaan STAN thn 2013 khusu untuk jalur IPS saja ?

    @anonim : kmu bisa searching syarat pendaftaran STAN di blog ini,,, disana tertulis bahwa yang boleh mendaftar STAN adalah lulusan SMA/sederajat,, tidak ada yang membatasi tentang jurusannya apa,,
    jadi tidak masalah, jurusan kamu IPS, IPA, atau bahasa...

    Anonymous says:

    ka mo tanya pendaftaran stan 2013/2014 sudah di buka gk ka'

    @Anonim : belum dek,, biasanya pendaftaran baru buka sekitar pertengahan agustus,,, sbar menunggu yah dek

    olla ayu says:

    kak.. kalau pendaftaran STAN di bulan Agustus, berarti (kurang lebih) dia paling akhir dong?

    @Olla ayu :
    iya,, kurang lebih seperti itu,, hehehe

    sebagian besar bahkan hampir seluruhnya, mahasiswa STAN sudah pernah kuliah di kampus lain..
    penyebabnya karena pengumuman kelulusannya paling akhir,, biasanya akhir september.. atau awal oktober..

    Anonymous says:

    semoga tuhan tahu dan berkehendak apa yang ada dalam benak saya yaitu masuk stan......

    #amin#

    jack leader's says:

    masuk stan suatu kebanggaan buat saya dan orang tua. tuhan selalu memberkati.

    ka apa aja yang harus dipelajari untuk bisa lolos usm stan?

    @Anonim
    jack leader's :

    semoga Tuhan mewujudan harapan kalian,, amin

    @muhammad galang :
    kmu download aja soal2 yg ada di blog ini,,, banyak latihan dan banyak berdoa,,,
    semoga kmu bisa keterima,,,
    amin

    Anonymous says:

    min. saya ini masih kelas 3 sma. rencana mau mencoba peruntungan di USM STAN tahun ini. apakah pendaftaran USM nya sudah di buka ?
    makasih

    @Anonim : pendaftaran baru buka sekitar bulan agustus,, masih lama koq,, jadi sekrang kmu bisa fokus ke UAN aja dulu...

    Anonymous says:

    Mau tanya nih kak.
    katanya kalo mahasiswa jurusan pajak itu penempatannya lebih enak ( masih di pulau jawa ) dan lebih pasti ya kak?

    @Anonim,,,
    justru kebalikannya dek...
    Kalo Anak Pajak yang masuk DJP biasanya disebar ke pelosok negeri,,
    soalnya kantor pajak yang ada di indonesia sangat banyak,, bahkan di sebarang pulau pun ada kantor pajak,,
    jadi semua harus siap dimana saja..

    Soal lebih pasti,,
    saya rasa juga tidak dek..
    Anak Pajak itu belum tentu di DJP,,
    Bisa saja masuk BPK, atau BPKP,, dan tidak sedikit juga yang masuk Setjen...

    Masalah pasti ditempatkan atau diangkat jadi PNS,,
    Saya bisa pastikan,, mahasiswa STAN jurusan apa saja pasti diangkat koq,, Jadi tidak usah hawatir soal STAN

    Anonymous says:

    min. pendaftaran USM STAN itu S1, D4, D3, apa D1 min ?

    @Anonim:
    STAN membuka dua program pendidikan untuk lulusan SMA (mahasiswa reguler) yaitu progrom D3 dan D1

    selain itu STAN juga membuka program bagi lulusan STAN yang mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi yaitu Program D4 dan Program D3 Khusus..

    Anonymous says:

    Assalamualaikum ka
    selain TPA & b inggris ujiannya apa aja?

    @Anonim : Waalaikum salam...
    kalo untuk tes tertulis,, ujiannya cuma itu saja,, TPA dan bahasa inggris,, tetapi TPA kan terdiri dari matematika,, bahasa indonesia,, dan pengetahuan umum lainnya...

    selain itu tes untuk masuk STAN juga ada tes kesehatan & kebugaran,, serta tes wawancara

    Sevenfoldism says:

    numpang tanya nih ka.......
    Pendaftaran STAN untuk 2013/1014 kapan dibuka????

    @Sevenfoldism: saya tidak tahu pasti kapan waktunya,, tapi biasanya pendaftaran STAN buka sekitar bulan agustus sampai september...

    Anonymous says:

    saya dulu di STAN angkatan ..tapi sekarang pindah ke FEUI
    Jelek itu kampus,selain lingkungan yang kaku dan sekretariat yang arogan
    mahasiswa disana juga oportunis,mau serba gampang
    ujian minta kisi-kisi,tamat pengen langusng kerja,kulaitas gak ada
    materi kuliah cuma stensilan powerpoint
    buku pinbjaman yang sudah usang,standar lama
    buku akuntansi reeve feesnya gak update dgn ifrs..buku tahun 200-an awal
    buku administrasinya banyak yang tahun 1980-an
    nilai yang ujian didongkrak-dongkrak (tidak murni)
    akitivitas ekstra mahasiswa yang cupu

    yah,ijazah cuma d3 penempatan di tempat terpencil yang gak bisa ekstensi...
    kalau ekstensi butuh izin dari bos dan harus kuliah malam

    Kalau cuma ngejar jadi pegawai kemenkeu dgn gaji remunerasi
    mending saya S1 aja sekalian langsung lompat ke golongan 3a dgn ilmu akuntansi komprehensif daripada tamat d3 dgn ilmu powerpoint stensilan di golongan 2c

    @Anonim :
    kmu angkatan berapa? udah jadi alumni, atau mengungurkan diri?, berapa tahun Anda mengenal STAN?
    mahasiswa di STAN dididik untuk menjadi pegawai yang siap kerja, dengan disiplin dan integritas yang tinggi, sehingga sistem pendidikan dan keseharian mahasiswa di STAN memang berbeda dengan kampus yang lain,,

    saya rasa, Anda salah paham, sekretariat di STAN tidak arogan, mereka mensupport semua kegiatan mahasiswa, dan selalu terbuka untuk mahasiswa,,Wajah kampus STAN saat ini sudah jauh berbeda termasuk kegiatan mahasiswanya..

    Memang benar apa yang Anda katakan,,,
    lulusan STAN hanya D3 dengan pangkat 2c,,, tapi mereka punya kualitas yang sangat bagus,, buktinya mereka selalu juara lomba AKuntansi maupun lomba pajak tingkat Nasional,,, dan Lulusannya juga banyak jadi petinggi Kementerian Keuangan...
    Dan tentunya mereka punya Spesialisasi masing2 yang dibutuhkan Kementerian Keuangan..

    meskipun hanya d3, tapi kuliahnya gratis dan masa depan mereka terjamin (pasti punya NIP),, berbeda dengan lulusan S1 yang harus kuliah 4 tahun, terus bayar, kalo mau kampus yang bagus pasti mahal,, terus setelah lulus harus antri daftar PNS,, ngurus berkas sana-sini,, terus ikut ujian bersaing dengan ribuan orang,,, dan belum pasti keterima,,, yang daftar 5000 orang,, terus yang diterima cuma 500,,,
    menurut sy memilih kuliah S1 juga bagus, karena bisa memilih mau kerja dimana, tapi tentunya harus daftar dulu dan bersaing dengan yang lain..

    Ini soal pilihan,,, setiap orang berhak memilih jalannya masing2,,, dan rejeki orang memang berbeda2,,
    tapi sy yakin,, apapun jalan yang kalian pilih,,
    InsyaAllah kalian semua pasti sukses,, asal terus berdoa dan berusaha,,, kalo memang nanti Anda ditakdirkan masuk Kementerian keuangan,, SYukur Alhamdulillah,, itulah rejeki anda,, dan pasti pangkat anda jauh diatas lulusan d3 STAN..

    terima kasih,,
    BAGUS ITU RELATIF,
    BUAT SAYA SEMUA KAMPUS BAGUS,
    TERMASUK FEUI TEMPAT KAMU MENGGALI ILMU

    doain saya masuk STAN tahun ini y

    prodi yang paling sedikit pendaftarnya apa ?

    @Nur Rochman Alfath : amin,,,, semoga kamu diterima..

    sistem penerimaan di STAN tidak perjurusan, berbeda dengan kampus lain.

    jadi, sebenarnya kamu tidak bersaing per prodip/spesialisasi,,,
    tetapi bersaing dengan seluruh pendaftar...

    kamu harus kalahkan dulu semua pendaftar untuk masuk 6000 besar,,
    karena rencananya tahun ini STAN akan menerima 5000 atau 6000an mahasiswa,,

    nah,, setelah 6000 itu ditentukan,,
    panitia baru akan menentukan jrusan mahasiswa sesuai pilihan dan sesuai dengan kuota tiap jrusan tentunya..

    jadi,, intinya, saingan kamu adalah seluruh pendaftar STAN, yang saya prediksi bisa mencapai 150ribu bahkan bisa 200rb orang...

    semoga bisa dimengerti

    thank min. saya uda daftar tahun ini. mohon doanya. semaga saya bisa bergabung di keluarga besar STAN. amin

    nes says:

    trima kasih atas infonya.. semoga saja bisa masuk STAN

    o iya ini admin juga nulis buku ttg sekolah kedinasan ya? sdh tak baca bukunya

    @nes:
    iya sama2,,
    amin, yang penting banyak latihan soal..

    iya,, sy memang buat buku tentang sekolah kedinasan,,
    terima kasih karena sudah membeli,,

    salam sukses

    Anonymous says:

    Siang kak,mau tanya ni,maaf sebelumnya,kalo lulusan STAN tu kan magang dulu nih,nah waktu kita magang itu gaji berapa ya.dan apakah gaji PNS lulusan STAN sama dengan PNS2 yang bukan dr STAN lainya?seperti guru PNS gtu? Dan apakah ada tunjangannya?dan berapa tunjanganya?terimakasih..

    @Anonim:
    iya,, mereka magang dulu dan diberi uang saku bulanan,,
    nominalnya cukuplah buat hidup sebulan,

    Gaji PNS lulusan STAN memang beda denga gaji PNS guru,
    kalo gaji pokok sama,
    tapi yang membedakan lulusan STAN yang masuk DJP misalnya,,
    mereka mendapat Tunjangan Khusus dan Tunjangan Khusus Tambahan,,
    nominalnya cukuplah untuk menghidupi anak istris sebulan tanpa harus mengutang,,
    terima kasih

    Anonymous says:

    Maaf kak,bisa d sebutkan nominalnya gak kak?terimakasih..

    @ANonim:
    nominalnya agak sensitif untuk disebutkan,,
    jadi mohon maaf yah,,
    kamu hitung sendiri aja,,
    mungkin 2 sampai 3 kali dari gaji PNS guru

    Anonymous says:

    PNS yg golongan berapa ya mas?maaf y kak tanya2 terus..hehe..

    @Anonim:
    dengan golongan yang sama..

    jadi,, golongan 2c PNS lulusan STAN..
    gajinya itu 2 kali sampai tiga kali gaji PNS guru dengan golongan 2c juga,,,

    Anonymous says:

    sedih belum lolos stan tahun ini

    Kesuksesan/keberhasilan itu jarang datang pada prcobaan prtama... biasanya datang pada prcobaan kedua, ktiga, keempt, dst..jd jgan berhenti untuk mncoba.. Tetap smangt ya kawan

    smoga tahun dpan kmu bisa dtrima.. blajarlah dri pngalaman tahun ini

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

FOLLOW VIA EMAIL

FOLLOWER

Admin Muhammad Arif Ahsan | Bulukumba | powered by Blogger