feed

Blog ini berisi informasi sekolah tinggi kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan, cerita atau pengalaman pribadi, serta informasi positif dan berguna lainnya

Tes Kesehatan, Kebugaran, dan Wawancara STAN 2012

Tes Kesehatan, Kebugaran, dan wawancara USM STAN 2012 : Pertanyaan yang sering  muncul di Hiburdunia.blogspot.com, diantaranya menyangkut tes kesehatan dan kebugaran serta tes wawancara. Salah satu pertanyaan yang muncul yaitu dari seal_loverz26, pertanyaannya adalah Tes kesehatannya kayak gimana? Apa saja yg di tes? Ksh tau dong, selengkap"nya :D Mksih :).
Benarkah STAN tidak buka pendaftaran tahun ini?

Menyikapi pertanyaan tersebut, pada postingan kali ini saya akan mencoba berbagi jawaban kepada teman-teman semua. Jawaban ini saya buat berdasarkan pengalaman salah satu anak D1 Pajak STAN yang diterima tahun lalu.


Tes Kesehatan STAN 2012

[new] Tes Kesehatan STAN 2013

Beberapa tes menyangkut fisik dan kesehatan yang perlu kita perhatikan diantaranya :
1. Tinggi dan berat Badan
2. Tes paru-paru (lewat hasil rontgen)
3. Tes Urine dari rumah sakit
Ketiga tes ini dipergunakan saat daftar ulang. Hasil dari ketiga tes tersebut menjadi lampiran untuk daftar ulang jika sudah dinyatakan lulus 100% nantinya.


Sedangkan untuk Tahapan Tes Kesehatan. Hal yang diperiksa yaitu :
1. Cek Tekanan Darah
2. Tes Mata
seperti yang kita ketahui, batas minus untuk Jurusan Bea cukai yaitu -3. Cara mengetesnya yaitu dengan melihat atau membaca huruf dari jarak kurang lebih 10 meter. Ukuran huruf yang kita lihat tersebut beda-beda, cara melihatnya juga divariasikan salah satunya dengan menutup salah satu mata.
3. Tes Kesehatan Jantung

Tes Kebugaran STAN 2012

[new] Tes Kebugaran STAN 2013
Setelah peserta dinyatakan lulus tes kesehatan, maka tahapan tes selanjutnya adalah tes kebugaran. Tes ini bertujuan untuk mengecek daya tahan tubuh peserta. Cara mengetesnya yaitu dengan memerintahkan peserta berlari keliling lapangan sepak bola selama 12 Menit.

Agar dinyatakan lulus, usahakan kalian mampu mengelilingi lapangan sebanyak 5 (lima) kali atau lebih dalam kurung waktu tersebut. Jadi untuk persiapan, tidak ada salahnya jika kalian berlatih berlari mulai saat ini. Agar nanti kalian mampu mengitari lapangan sepak bola lebih dari lima kali.



Tes Wawancara STAN 2012

[new] Tes Wawancara STAN 2013
Jika Peserta telah melewati kedua tahapan tes diatas. Tes terakhir yang harus dilalui yaitu tes wawancara. Berdasarkan pengalaman salah satu mahasiswa D1 Pajak STAN 2011. Tes yang diberikan cukup sederhana, peserta dihadapkan langsung dengan penguji lalu diberi pertanyaan secara lisan.

Bentuk pertanyaannya macam-macam, hanya penguji yang tahu detailnya. Tapi untuk teman saya yang D1 tadi, Pertanyaan yang diajukan kepadanya hanya seputar kepribadian dan kegiatan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah.

Cukup Sekian informasi yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman semua. aminn

69 Komentar Pada "Tes Kesehatan, Kebugaran, dan Wawancara STAN 2012"

  1. feni says:

    kalo tes kejiwaan masuknya kemana ya?

    tes kejiwaan ? emang ada ya ? psikotes mungkin :D

    ketat juga seleksinya... dan itu memang harus dilakukan..

    a.i.r says:

    kapan ya tes STAN ini.. ?

    nozami says:

    okok trimakasih infonya

    Sekarang pendidikan di STAN bayar atau masih gratis? Masihkah ikatan dinas?

    @feni : kmu bercanda aja kawan,, tes kejiwaan mah gak ada.. btw terima kasih yah

    @Susan Fitra Rahmanita : iya kamu bener, tes kejiwaan emang gak ada.. hehehe

    @M.sagha Ma : seleksinya memang sangat ketat, ada empat tahapan tes yang harus mereka lalui baru bisa keterima di STAN.. terima kasih yah kawan

    @a.i.r : kemungkinan besar setelah idul fitri baru ada kabar lagi... sampai sekrang belum ada info resmi dari pihak kampus

    @nozami : iya sama2.. terima kasih juga yah

    @Motamatika : pendidikan di STAN gratis, dan masih gratis... STAN juga tetap ikatan dinas, tapi setelah mereka menyelesaikan kuliah baru diangkat jadi SPNS..

    Anonymous says:

    kalo selain pajak dan bea cukai,, apa tetap ada batasan minus mata kak??
    oya kak,, maya pernah baca juga ada tes tenggorokan dan tes telinga,, itu gmna ya,,?

    kalo tes paru-paru itu apa ya patokanya?
    Apakah rokok berpengaruh?

    @Anonim : sy kurang tau soal itu.. soalnya info ini berdasar pada aturan pendaftaran tahun lalu...

    saya belum pernah ikut tes tenggorokan maupun tes telinga.. dan saya juga belum pernah dengar tentang tes seperti itu..
    karena tes semacam itu emang tidak ada

    @brilyanhidayat : kalo untuk tes detail atau uji secara lengkapnya saya kurang tau,, maaf yah..

    Anonymous says:

    tes Stan itu sistem gugur ya kak? berapa lama kira2 pengumumannya keluar untuk bsa ikut tes selanjutnya...?
    terima kasih bnyak kak Arif,,,

    @Anonim : iya, tes di STAN itu sistem gugur... kalo waktu pastinya saya nda ingat, tapi gak lama koq.. rentang waktu tiap tes kalo tidak salah dua minggu dari pengumuman... maaf yah saya lupa jadwalnya

    kalo kita punya minus mata lebih dari 3 bagaimana? apa kita akan lgsung gugur saat tes kesehatan?

    Anonymous says:

    kalo di stan emang tinggi badannya di ukur.
    Minimal berapa kalo yang buat di pajak?
    Tengkyu

    Anonymous says:

    Kaloo ikut bimbel stan bisa gag menjamin lulus usm stan?

    @phudvienna : kalo untuk jurusan bea cukai, jika batas minus lebih dari 3 sudah bisa dipastikan gugur,, tapi untuk jurusan lain belum ada yang membatasi minusnya...

    @anonim : yang dibatasi tinggi badan hanya untuk jurusan bea cukai,, kalo untuk jurusan pajak dan yang lainnya tidak ada batas tinggi badan..

    @anonim :
    sebenarnya bimbel tidak menjamin kelulusan,, tetapi setidaknya saat bimbel,, kamu bisa mendapatkan tips dan trik secara langsung oleh senior2,,, kamu juga bisa mendapatkan informasi lebih dan bisa share langsung jika ada yang kurang dipahami terutama tentang tipe soal STAN.

    untung ga ada tes Renang ............. aku optimis masuk

    @Yuka Lazuard : iya,, tes renang memang tidak ada,,
    amin,, semoga diterima,,

    oh iya,, jangan lupa,
    tanggal 7 udah bisa transfer biaya pendaftaran,,
    dan tanggal 10 registrasi online sudah dimulai,,
    mantapkan persiapanmu,,

    info yang lebih jelas terkait USM STAN 2013-2014 bisa kmu baca di link
    http://hiburdunia.blogspot.com/2013/06/usm-stan-tahun-20132014.html

    kalo jurusan perpajakan dan selain bea cukai membutuhkan persyaratan tidak buta warna apa ngga kak?

    kak, test kebugaran itu lari 12 menit min keliling lapangan 5x itu perempuan sama laki" sama ya segitu apa khusus untuk laki" saja ?

    Anonymous says:

    apa pada saat di pengumpulan BPO nanti tinggi badan di ukur ulang oleh panitia?

    @Fajar Maulana:
    jurusan selain bea cukai,,
    gak apa2 koq kalo buta warna..

    yang syarat buta warna itu hanya untuk jurusan bea cukai saja..


    @Anggi Pramiswari:
    semuanya dek,,
    tapi biasanya penilai itu ada toleransinya untuk perempuan..


    @Anonim:
    untuk yang milih jurusan bea cukai,, kemungkinan besar akan diukur ulang oleh panitia...

    Anonymous says:

    jadi biar milih jurusan bea cukai tapi ditempatkan di prioritas ke 7 tetap di ukur ulang oleh panitia di pengumpulan berkas BPO?

    Anonymous says:

    Kak, lapangan bola itu kan macam-macam ukuran, nah yang diujikan itu yang berapa meter? Apa seukuran lapangan bola di gelanggang olah raga atau enggak?

    @Anonim :
    iya,, kurang lebih seperti itu,,
    dan kemungkinan memang akan seperti itu..

    yang memilih bea cukai harus diukur tinggi badannya..

    tetapi saat saya mendaftar dulu,,
    meskipun tidak memilih bea cukai,,
    tinggi saya tetap diukur,,
    mungkin agar perlakuannya sama dan panitia tidak bingung kali yah..
    saya juga kurang paham soal itu..



    @ANonim :
    iya,, seukuran lapangan sepak bola pada umumnya..
    seluas lapangan bola GBK lah...

    aq juga gak tau pasti berapa ukurannya,,
    tapi berdasarkan wawancara dengan adik kelas yang pernah mengikuti tes tersebut,,
    jawabannya kurang lebih seperti itu..

    Anonymous says:

    Seluas lapangan Bola GBK minimal 5 kali dalam 12 menit? Ini tes sekolah pegawai keuangan apa tes pegawai keamanan ya kak? Katanya ada juga lari membentuk angka 8, itu bener kak?

    @Anonim:
    saya juga kurang tahu pasti soal itu,,
    tapi gak mungkin segede itu juga lah..

    kalian gak usah hawatirkan soal luas lapangannya,,
    kalia berusaha aja dengan maksimal,,

    asal tubuh kalian bugar dan sehat,,
    atau tidak mempunyai penyakit yang parah,,

    saya yakin kalian bisa lewati tes tersebut,,,

    saya percaya kalo pengujinya paham standar2 uji kesehatan,,
    dan tidak mungkin diluar kewajaran...

    iya,, ada yang bilang, selain tes lari,, tes angka 8 juga ada..

    Anonymous says:

    Kak yang dimaksud bugar saat tes itu yang bagaimana ya? Apa saat tes gak boleh sakit misalnya batuk gitu?

    @Anonim :
    kurang lebih seperti itu,,,
    makanya, sebelum mengikuti tes,, kamu harus jaga kondisi badan,, pastikan kamu 100% fit..

    mulai sekarang,, sering2lah berolahraga,,,

    Anonymous says:

    saya blum punya ijasah hanya punya SKHU. slain SKHU yg sya lampirkan, apa hrus sya lampirkan juga SKLnya?

    Anonymous says:

    kak, sya sdah dftar n sdah kunci,, trus sya ukur ulang tinggi sya dan ternyata tinggi sya tdk sesuai dngan yg sya isi, bgmana donk kak???

    @Anonim: kamu pake SKHU tersebut,,,
    kalo sudah ada SKHU, tidak perlu lagi melampirkan SKL,,



    @Anonim:
    kamu daftar Bea cukai?
    selisihnya banyak gak?
    kalo gak terlalu banyak dan gak daftar bea cukai, gak apa2lah,,

    lebih aman lagi jika tinggimu memang udah di atas 165

    Anonymous says:

    kak klo tggi cuma 152- 153cm bsa daftar STAN tidak??

    Anonymous says:

    selisihnya 3 cm kak? iya sya daftar bea cukai tpi pilahan trkhir

    @Anonim : boleh aja,,
    asal tidak memilih jurusan bea cukai...
    jurusan selain bea cukai tidak memperhitungkan tinggi badan..
    jadi kamu bisa mendaftar..


    @Anonim:
    dikitlah kalo cuma 3cm aja.
    emangnya tinggimu berapa?

    Anonymous says:

    153 cm, tpi sya tulis 156 cm itu yg 156 cma perkiraan ternyata slah perkiraan,,, trus sya sdah terlanjur pilh bea cukai dipilhn terkahir krna ktnya dak boleh ada yg kosong dalm pngisiannya...
    gmna ni ka..??

    Anonymous says:

    kak sya kan sudah daftar sejak tgl 12 juni lalu n saya sdah cetak BPO.nya tpi knpa ada krm email kpada sya...
    ini isi emailnya
    judulnya: CETAK ulang BPO stan
    Salam,

    Pendaftar USM STAN 2013 yang berbahagia,

    Berdasarkan data yang telah kami terima, Anda sudah melakukan registrasi awal tetapi sampai dengan saat ini belum melakukan aktivasi. Segera periksa Inbox atau Spam Email anda untuk melakukan Aktivasi dan melanjutkan proses registrasi USM STAN 2013 sebelum tanggal 20 Mei 2013.

    Berikut adalah link aktivasi anda: http://usm.stan.ac.id/aktivasi?regID=MDAwMDgxMzU5Mzkw

    Jika masih ada masalah silahkan menghubungi kami melalui email: usm@stan.ac.id

    Terima Kasih,

    Divisi Pendaftaran dan Pelaksanaan Ujian
    USM STAN 2013,

    mksudnya apa itu kak?

    @Anonim :
    itu gak apa2,, gak usah dihawatirin,,
    kamu tenang aja yah...



    @Anonim :
    mungkin itu belum kamu aktivasi,,
    kmu klik aja link tersebut..
    terus ikuti petunjuknya..

    kalo udah,, kabari saya yah...

    Anonymous says:

    tpi malsahnya kak dlu sya sudah aktivasi dan sudah isi data bahkan sdah sya kunci dan print BPO nya..
    trus klo sya buka usmstan data pendaftaran saya sudah ada dan sdah terkunci..
    memangsih pertma buka blum dftar tpi klo di cek 2 smpai 3 kli data BPO yg sdah sya kunci muncul
    jdi bgman ni kak,,,?

    @Anonim:
    itu tidak akan jadi masalah,,

    lagipula,, registrasi online belum menentukan kamu diterima jadi peserta atau tidak,,
    karena nanti kamu akan diverifikasi berkas,,

    kalo udah lolos verifikas dan terima BPU,, barulah resmi jadi peserta,,


    jadi tidak usah terlalu hawatir soal registrasi online.

    ini sama halnya mengisi kertas formulir pendaftaran..
    kalo ada yang salah,, tinggal ambil formulir baru terus isi ulang,,
    heheh

    semoga bisa dipahami

    Anonymous says:

    oh, jadi sya tdak perlu isi ulang datanya kak?

    @Anonim:
    kalo menurut sy, kamu gak usah isi ulang datanya,,..
    memangnya sekrang masih bisa diakses?

    Anonymous says:

    Kuota per jurusan brp ya kak? Mis. untuk D3 bea cukai

    @Anonim:
    Itu rahasia panitia,,
    saya tidak tau apapun tentang hal itu,
    maaf yah

    tapi kemungkinan besar, yang banyak diterima itu pajak dan bea cukai

    Anonymous says:

    kak, biasanya berapa lama wktu mngerjakan soal stan, ?
    kak respon yahh ,,

    @Anonim:
    jumlah soalnya 180 nomor,,
    waktu pengerjaan 150 menit...

    Anonymous says:

    kak yang penerimaan tahun ini kok semua jurusan ada tes kebugaran dan wawancaranya?

    kak untuk tes kebugaran dan kesehatan apa saja yang diperiksa

    @anonim :
    iya,, sejak tahun 2011, semua jurusan ada tes kesahatan.. tahun ini juga demikian

    @elizabeth novitasari :
    untuk tes tahun ini bisa kamu baca disini

    kalo waktu tes buta warna saya menggunakan kacamata minus boleh tidak?

    @rima ericha:
    iya, boleh,,
    itu gak masalah koq,,

    kalau terlalu kurus gitu kira-kira lolos tes kesehatan ngga ya ??
    tinggi 170 berat cuma 55, hehe

    Kriteria lulus tes kesehatan itu apa ya ka?

    @Albab Alpachino:
    gak masalah koq...
    STAN itu gak kyak STIP, STPI, IPDN yg mnuntut bdan yg ideal..

    STAN tidak mnuntut itu..
    sy dulu waktu kuliah tinggi 172 berat cuma 51..

    Klo tubuh kmu sehat dan bugar.. kmu pasti lulus..

    @fikry:
    kriteria pastinya sy kurang paham.

    tp yg sy pahami sejauh ini adalah peserta lulus jika badan normal. Tknan darah, jntung, paru2 sehat.. selain itu peserta tidak mengidap penyakit yg bisa mengganggu atau menghambat selama pendidikan dan saat kerja nanti... seperti penyakit jantung yg kronis atau parah, dll

    Waktu tes kebugaran yg dibawa apa aja kak?

    http://hiburdunia.blogspot.com/2013/08/pengumuman-peserta-yang-lulus-tpa-dan.html

    coba baca di link itu...
    dsana lengkap..

    Anonymous says:

    kak saya mau tanya tolong direspon ya :) menurut kabar yg beredar katanya kalau gigi kita ada yg bolong atau kurang jumlahnya bisa gugur ya?jurusan non bea cukai boleh pake kacamata kan kak?

    kamu dapat kabar darimana?
    sejauh yang saya ketahui, gigi bolong gak masalah koq...
    Kamu gak usah terlalu hawatirin itu, lagipula selama ini sy belum pernah dapat laporan teman2 gugur tes kesehatan STAN karena alasan seperti itu...

    itu hanya rumor yang belum tentu benar... kamu harus tetap maju, dan yakinlah kamu akan lulus tahapan ini..

    iya, jurusan non bea cukai boleh pake kacamata.

    Anonymous says:

    Kak tmn saya ada yg anemia dia pengen masuk stan nah di takut tes lari bisa pingsan dia. Teru gimana? Saranny dong

    Anemia ya...
    Sy belum tahu dan belum bisa mastikan, kalo penderita anemia bisa lulus dari tes kesehatan...

    tapi klo tes kebugaran, biasanya penguji maklum koq..
    dia jg menilai sesuai kemampuan maksimal peserta..

    kak, saya mau tanya kalo mau ambil perpajakan apa yang harus disiapkan mulai dari sekarang ya?
    untuk pendaftaran usm stan pajak 2014 kapan dan apa saja yg di tes kan ya ?

    Anonymous says:

    Maaf ka, kata kaka ada soal2 tes buat belajar? Itu ada dimana y, kak? Udah ngubek2 blog tapi belum ketemu..
    Trimakasih

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Admin Muhammad Arif Ahsan | Bulukumba | powered by Blogger