feed

Blog ini berisi informasi sekolah tinggi kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan, cerita atau pengalaman pribadi, serta informasi positif dan berguna lainnya

Arti dan Manfaat Sebuah Cita-cita

Hibur Dunia : Saya teringat beberapa pesan dari guru SD, beliau berpesan "Gantungkan cita-citamu setinggi langit" dan "Kejarlah cita-citamu sampai ke negeri Cina". Saat itu umur saya masih delapan tahun, saya tidak mengerti apa itu cita-cita, dan untuk apa cita-cita itu dikejar. Kadang saya bertanya, kenapa sih orang-orang dewasa itu selalu menanyakan, "Rief, Nanti kalo udah besar kamu mau jadi apa?".
Saya dengan polos menjawab "Jadi Pilot", Padahal saya tidak tahu apa itu pilot dan seperti apa jadi seorang pilot. Yang saya tahu pilot itu yang menyetir pesawat terbang. 

Tahukah Anda alasan kenapa guru dan orang-orang dewasa selalu membahas tentang cita-cita kepada anaknya?. Sebenarnya dibalik kata cita-cita tersirat makna dan tujuan yang sangat berharga. Mereka bermaksud untuk membangun mental, niat, dan arah/tujuan sang anak. Sekarang saya menyadari bahwa dengan memiliki cita-cita dan keinginan yang kuat, alam bawah sadar kita akan terus menuntun untuk berjalan ke arah cita-cita tersebut dan membantu kita melawan segala hambatan yang menghadang. 

Memang menjadi suatu keharusan orang tua atau guru untuk membangun cita-cita sang anak sejak dini. Jangan lupa, orang tua juga harus mampu menyeseuaikan bakat dan minat anak agar dia senang mengejar cita-citanya. Dan yang terpenting, Anda sebagai orang tua juga harus mampu menjelaskan apa cita-cita itu kepada anak Anda.

Secara garis besar, manfaat mempunyai cita-cita yang kuat sejak dini adalah :

Hidup mempunyai jalan atau arah yang jelas

Hal ini sudah jelas, dengan mempunyai cita-cita, sang anak akan tahu kemana arah hidup yang akan dia jalani, dan dia pun tahu tujuan dia belajar, menuntut ilmu, bersekolah, dan segala macamnya. Tujuannya yaitu mengejar cita-cita dan berusaha sekuat mungkin untuk mengejar cita-cita tersebut. Dan jika suatu saat nanti ada hal yang mengalihkan pikirannya dan bisa membawanya keluar dari jalur cita-cita, disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menuntun anak kembali ke jalur yang seharusnya.

Mental dan niat semakin terasah

Dengan adanya cita-cita yang kuat, mental untuk melawan segala hambatan akan terasah, misalnya melawan rasa malas, kantuk, dan godaan bermain Game akan teratasi. Hal ini biasa melanda anak SMP atau sederajat, tapi ini akan mudah teratasi jika anak sudah tahu bahwa semua itu hanya akan menghambat niatnya mengejar cita-cita.

Terus Belajar dan Berlatih

Cita-cita menjadi sebuah tujuan anak yang harus dia kejar. Seiring dengan adanya cita-cita yang kuat tersebut, anak akan berusaha meningkatkan kemampuannya agar cita-citanya bisa tercapai. Yaitu dengan belajar dan berlatih segala hal yang menunjung cita-cita tersebut. Misalnya anak ingin menjadi seorang dokter, berarti dia harus banyak belajar biologi dan pelajaran IPA lainnya hingga benar-benar menguasai.

Itulah beberapa hal yang bisa saya bagikan, artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman belaka. Saat ini saya menyadari bahwa, dengan mempunyai cita-cita yang kuat, kita akan tahu arah jalan hidup kita dan berusaha menghindari segala godaan yang bisa merusak jalannya. Dan dengan itu, kita akan menjadi orang yang sukses, walau nantinya tidak sesuai dengan cita-cita yang kita idamkan semaca kecil dulu.

Sama halnya dengan saya, semasa kecil saya mengindamkan jadi pilot yang kemudian bercita-cita menjadi dokter, namun akhirnya saya menjadi seorang pengawal keuanganan Negara. Tapi itu tidak buruk, karena meraih pekerjaan seperti itu merupakan sebuah kesuksesan yang luar biasa buat saya. Semoga hal ini juga bermanfaat buat Anda dan kesuksesan anak Anda kelak. Terima kasih.

--------------------------------------------------------

Arti cita-cita menurut KBBI

1. Keinginan (kehendak) yg selalu ada di dl pikiran: ia berusaha mencapai ~ nya untuk menjadi petani yg baik;
2. Tujuan yg sempurna (yg akan dicapai atau dilaksanakan): untuk mewujudkan ~ nasional kita, kepentingan pribadi harus dikesampingkan;

22 Komentar Pada "Arti dan Manfaat Sebuah Cita-cita"

  1. arie5758 says:

    Cita² itu adalah tujuan untuk melangkah. Ibarat kita mau bepergian, jika kita tak punya tujuan yg jelas, maka jalan kita hanya berputar² tak tentu arah. Cita² harus dipasang setinggi mungkin dan ada usaha untuk mencapainya.

    Memang org yg punya cita² bahkan yg tak masuk akal, sering dikatakan terlalu besar mimpi. Tapi justru dari sebuah mimpi, apa yg sebelumnya tak mungkin menjadi mungkin

    Ropink M says:

    cita-cita memang perlu dimiliki setiap insan, agar mempunyai tujuan hidup yang jelas. Tentunya cita" yang positif yang memberikan manfaat

    cinta2 membuat hidup lebih semangat. salam sukses sobat semua

    Pendelz says:

    Cita" suatu hal harus terus dikejar!!

    ANTOS says:

    Ulasan yang sangat membuka wacana pemikiran mas arif, bagaimana pun sebuah cita-cita merupakan satu tujuan mulia, apakah didapat cita itu atau tidak, namun satu cita merupakan keingan untuk menjadi lebih baik dan mewujudkan suatu kebaikan bisa dilakukan berbagai cara, walau cita-cita tak pernah terwujud, namun banyak hal yg bisa kita lakukan untuk mewujudkan satu kebaikan.. seperti saya dulu bercita jadi konsulat atau diplomat.. hehehehe.

    oya link mas arif telah terpasang di blog saya, mohon di back link yah.. salam sahabat.

    Ropink says:

    hadir kembali sobat

    blogwalking again guys, :)

    van says:

    aga kareba... salam sulsel...

    oya... saya lagi mengikuti perlombaan blog... koment baliknya ea. :)

    Semangat! ^^ hehe salam blogger indonesia :)

    van says:

    mari berkarya dan meraih cita2...

    semangat kawan... gapai terus cita2 mu....

    @Pendelz
    Ropink
    Area Dangdut Koplo
    van
    Rulita.park
    zhey five | ehwansah jailani :

    teria kasih sudah memberi komentar, sukses buat kalian

    @Ropink M
    Area Dangdut Koplo : saya sangat sependapat dengan kalian, semoga anda juga punya cita-cita.. dan bisa meraihnya.. makasih ya kawan

    @arie5758 : tanggapan yang sangat sempurna, bijaksana banget kmu kang. makasih yah udah berbagi pikiran. sukes buat akang

    @ANTOS : terima kasih bang tanggapan kmu juga sangat baik, skali lagi maksih yah kang udah beri support dan komentar

    Nurfani says:

    Juga dengan niat yang sempurna kita akan bisa menempatkan cita cita pada posisi kita :)
    Info yang bagus bos.

    @Nurfani : benar sekali, niat juga sangat membantu menggapai asa dan cita kita.. thanks yah

    dengan cita cita,, pastinya hidup kita akan lebih terarah.. salam sukses sob..

    @Saling Sharing : benner sob, cita-cita akan buat hidup kita akan lebih terarah dan punya tujuan

    blogu nix says:

    cita-cita adalah sbuah pengharapan agar tujuan yang ingin di capai dapat terwujud :)

    Anjieya says:

    "Orang seperti kita tanpa cita-cita akan mati!", kata Arai dalam tetralogi Laskar pelangi.
    "Tanpa cita-cita berarti nggak punya alasan hidup!", kataku.
    "There is a will, there is a way and never give up."
    Inspiratif banget. Gambarnya bagus ka,ijin sedot ya...

    selamat malam, maaf cuma mau sedikit berkonsultasi :-)
    jadi kesimpulannya agar setiap orang mempunyai tujuan yang jelas di masa depan. tetapi jika kita sulit menemukan yang kita inginkan dari hati dan terhalang oleh suatu keadaan apakah cita-cita itu masih bisa muncul di benak kita? ya mungkin ini hanya alasan, tapi saya lihat berdasarkan realita saya. maaf kalau saya pesimis. terima kasih :-)
    salam sukses untuk anda.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

FOLLOWER

IKLAN

Admin Muhammad Arif Ahsan | Bulukumba | powered by Blogger